Karang Hias Indonesia Banyak Diminati Luar Negeri Terbanyak Diekspor ke AS

Kekayaan alam Indonesia baik daratan maupun lautan banyak diincar oleh pihak luar negeri. Selain Migas dan hasil buminya ternyata hasil lautnya juga banyak diminati pangsa luar negeri. Salah satunya adalah Karang hias di lautan Indonesia yang terkenal cantik dan indah. Berdasarkan informasi yang didapat ternyata karang hias Indonesia banyak diminati luar negeri dan terbanyak di ekspor ke Amerika, Inggris dan negara besar lainnya. Jika tidak dibatasi dan dilindungi maka ekosistem dan kelestarian karang laut kita akan terancam.

Karang Hias Indonesia Banyak Diminati Luar Negeri Terbanyak Diekspor ke AS

Koral atau karang hias Indonesia diminati banyak negara. Negara yang paling banyak mengimpor karang dari Indonesia ialah Amerika Serikat (AS).

Kepala Bidang Operasi Karantina dan Keamanan Hayati, Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP, Totong Nurjaman menerangkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), AS berada di urutan teratas negara penerima karang Indonesia.

"Paling tinggi AS," kata dia kepada detikFinance di kantornya, Selasa (16/10/2018).

Dia menerangkan, pada tahun 2016 karang yang dikirimkan ke AS sebanyak 329.673 kg. Nilai ekspornya mencapai US$ 2,86 juta.

Inggris berada di posisi kedua sebanyak 99.715 kg dengan nilai ekspor US$ 505,13 ribu. Ketiga, Jerman dengan 109.375 kg dengan nilai US$ 472,76 ribu.

Posisi keempat diisi oleh Belanda dengan nilai US$ 288,48 ribu dan kelima Jepang US$ 177,40 ribu.

Dari data tersebut, total ekspor di tahun 2016 sebanyak 914,63 ton. Nilai ekspor tahun 2016 mencapai US$ 5,54 juta.

Di banding tahun 2015, baik volume dan nilai ekspor mengalami kenaikan. Pada tahun 2015 volume ekspor karang sebesar 839,52 ton dengan nilai US$ 4,29 juta.

Karang Hias Indonesia Terbaik di Dunia, Ini Kata AKKII

Asosiasi Koral Kerang dan Ikan Hias Indonesia (AKKII) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke-IX di Kuta, Bali. Ada beberapa hal yang dihasilkan dari forum tertinggi di lembaga AKKII tersebut.

Saat ini, AKKII mengintensifkan riset dan survei dalan kerangka pengembangan budi daya karang hias. Selain itu, salah satu bentuk perlindungan karang hias juga dilakukan dengan cara mendorong kesadaran publik tentang karang hias yang bersifat pengetahuan dan pendidikan.

Di sisi lain, Direktur Eksekutif AKKII Indra Wijaya menjelaskan, sebagai negara kepulauan Indonesia memiliki kekayaan dan keanekaragaman hayati yang bernilai ekonomis tinggi. Bahkan, ia melanjutkan, karang hias di Indonesia merupakan salah satu jenis yang terbaik di dunia. Semua jenis karang hias, termasuk Appendix II CITES.

"Bersama pemerintah kami juga berkoordinasi untuk bersama-sama menjaga perdagangan koral agar tetap lestari," ujarnya. Di sela Munas, AKKII mengatensi kunjungan spesifik Komisi IV DPR RI dan KLHK kepada salah satu anggota AKKII di Bali, PT Dinar Darum Lestari yang dilanjutkan dengan kunjungan tempat koral transplantasi PT Aneka Tirta Surya.
Baca Juga : Beningnya Pantai Sulamadaha Di Ternate, Maluku
Demikianlah informasi singkat mengenai karang hias Indonesia yang saat ini banyak diminati pangsa pasar luar negeri terutama Amerika. Memang sepantasnya perlu adanya pengawasan dan pembatasan ekspor karang hias Indonesia untuk menjaga kelestarian alam dan ekosistem laut. Ekspor karang hias bisa dilakukan tiap hari tapi apakah karang hias bisa terbentuk setiap hari? Jangan sampai karena ketamakan kekayaan alam kita habis dalam waktu yang singkat.

Bagi anda yang ingin menikmati indahnya karang laut yang indah tanpa perlu mengambil atau merusaknya bisa melakukan wisata Pantai Bunaken Menado di Sulawesi Utara yang terkenal keindahan pantai dan karang lautnya.

Sumber: finance.detik.com, www.liputan6.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel