Bagi anda kaum hawa yang terpaksa resign karena tuntunan menjadi Ibu Rumah tangga jangan dulu khawatir dan bimbang. Kata siapa Ibu Rumah tangga tidak bisa punya penghasilan sendiri? Banyak sekali ibu rumah tangga yang sukses menjadi pengusaha dan mampu mengurus suami dan anak di rumah. Ini Fakta! Ibu Rumah Tangga Bisa Jadi Pengusaha! Coba Bisnis Sampingan Saja! Ga percaya mari kita bahas hasil liputan yang dilansir dari sebuah website UKM ternama di negeri ini. Mari kita simak saja ulasannya mengenai Ibu Rumah tangga yang sukses dengan bisnis smpingannya ini.

Ini Fakta! Ibu Rumah Tangga Bisa Jadi Pengusaha! Coba Bisnis Sampingan Saja!

Memutuskan resign dari tempat kerja dan beralih profesi menjadi seorang ibu rumah tangga, awalnya memang cukup berat bagi sebagian besar wanita. Tapi nyatanya sekarang kondisi ini tak menjadi penghalang bagi seorang wanita untuk bisa terus berkarya. Apalagi seiring dengan perkembangan teknologi, ada berbagai macam peluang usaha sampingan yang bisa dijalankan kalangan ibu rumah tangga di sela-sela kesibukannya mengurus keluarga.

Pengalaman inilah yang dialami oleh Indah Sulistiyorini (26), seorang ibu rumah tangga yang kini sukses membangun bisnis toko online tanpa harus meninggalkan tugas utamanya sebagai ibu rumah tangga. Simak hasil interview tim liputan BisnisUKM.com dengan Indah Sulistiyorini owner indahgrosir.com.

Bagaimana awal perjalanan bisnis Anda, mulai dari awal mula memilih ide usaha?

“Dulu saya hanya ibu rumah tangga, awal mula melihat produk dari gambar profil di BBM dari HP suami dan coba order beberapa produk mulai dari frozen food, makanan ringan, tas dan lain-lain. Dari situ saya mulai berjualan keliling ke saudara, tetangga, jualan online dengan facebook, sampai buka lapak di keramaian seperti di Taman Bungkul walaupun saat itu saya hamil tua. Mungkin saya ngidam berjualan jadi tetap semangat,” jawab Indah sembari tertawa.

Apa bisnis tersebut hingga saat ini berjalan lancar?

“Ternyata passion saya sepertinya lebih ke produk fashion seperti tas dan dompet etnik. Dan kebetulan juga produk tersebut bisa saya temui di acara gathering komunitas TDA Surabaya. Dari sini saya tiba-tiba dapat ilham untuk fokus di tas dompet handmade etnik dan mulai berjualan online dengan membangun website indahgrosir.com. Dengan nama itu saya punya visi misi besar bahwa nanti akan menjadi webstore yang menjual aneka macam produk grosir berkualitas dengan berpedoman pada kejujuran, amanah dan profesional. Prinsip saya, walaupun bisnis toko online, tetap bisa memberikan produk terbaik dengan pelayanan berdasarkan pada konsep bisnis yang ada di dalam agama Islam. Dan alhamdulillah hingga saat ini, baru jalan dua tahun sudah di percaya beberapa pabrikan ternama untuk menjadi jalur distribusi pemasarannya,” terang pengusaha yang akrab dipanggil Indah ini.

Apa dan siapa yang menginspirasi Anda untuk mendirikan bisnis ini?

“Ingin mengumrohkan orang tua saya dan ingin menunjukkan bahwa walaupun hanya lulus SMK juga bisa menjadi pengusaha mandiri sukses barokah,” tandasnya.

Selama menjalankan bisnis ini, kendala bisnis apa saja yang Anda hadapi? Bagaimana cara Anda mengatasinya?

“Untuk saat ini kendala pada permodalan dan tempat, namun kami memahami proses bisnis dan tidak mau untuk hutang bank karena takut riba sehingga kami berusaha margin yang diperoleh sebisa mungkin diputar kembali,” ujar Indah.

Apakah “kemenangan terbesar” yang Anda rasakan saat ini terkait dengan bisnis yang sedang dijalankan?

“Alhamdulillah Bisa sodakoh untuk keperluan sabilillah seperti yatim piatu, masjid dan lain-lain. Selain itu kami juga bisa memberikan lapangan pekerjaan dan membantu saudara untuk bisa mandiri menjadi pengusaha terutama untuk kaum wanita,” ucapnya dengan penuh rasa syukur.

Bagi ibu rumah tangga yang ingin mengikuti jejak Anda, mohon berikan kunci sukses versi Anda!

“Yang terpenting cobalah cari dimana kesenangan atau passion Anda, jangan malu-malu untuk mencobanya, tidak perlu takut gagal karena Allah pasti memberikan jalan bagi siapapun yang berusaha dan berdoa dengan sungguh-sungguh. Yang kedua, mulyakanlah kedua orang tuamu, senanglah menolong terhadap semua makhluk, banyaklah bersodakoh dan berdoa seperti pepatah “Kerjo Mempeng Tirakat Banter”. Dan yang terakhir yang perlu diingat, Jadilah pebisnis yang mendapatkan Ridho Allah karena hidup hanya sebentar, niati semua untuk ibadah karena-Nya karena kebahagiaan sejati adalah di surga bukan harta kekayaan di duniawi,” pungkasnya.
Baca Juga : Prospek Bisnis Toko Kelontong Dan Sembako Di Rumah
Bagaimana? Betul kan? Seorang Ibu rumah tangga bisa sukses juga sebagai pengusaha dan berawal dari bisnis sampingan di rumah. Jadi bagi ibu-ibu di rumah jangan khawatir dan mulailah memikirkan bisnis apa yang cocok untuk bisa dimulai. Semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca.
Sumber Referensi : BisnisUKM.com