INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Katak Iblis Beelzebufo Ampinga Predator Para Dinosaurus Yang Hidup 70 Juta Tahun Lalu!!

Loading...

Jika kamu ditanya makhluk apa yang terlintas di pikiran yang paling buas di masa jaman pra sejarah tentunya akn menjawab era dinosaurus. T-Rex akan menjadi pilihan terbanyak kiranya. Tapi bicara monsster masa lalu yang paling menakutkan bagi para dinosaurus justru bukan dari jenis seperti merka tapi dari seekor katak! Jangan Salah ini katak bukan sembarang katak. Inilah Katak Iblis Beelzebufo Ampinga Predator Para Dinosaurus Yang Hidup 70 Juta Tahun Lalu! Seekor katak raksasa yang hidup dimasa lalu dan memangsa predator besar lainnya sekelas Dinosaurus. Saking menyeramkannya katak ini mendapat julukan katak Iblis! Sebuah julukan yang pantas dengan gigitannya yang dahsyat dan mengerikan!

Katak Iblis Beelzebufo Ampinga Predator Para Dinosaurus Yang Hidup 70 Juta Tahun Lalu!!

Fakta Mengenai Katak ’Iblis’ Beelzebufo Ampinga

Fakta ini terkuak dari hasil penelitian tim dari Australia, Amerika Serikat dan Inggris. Dulu, terdapat hewan yang memiliki ukuran lebih besar dan mengerikan daripada dinosaurus.
Ya, hewan itu disebut dengan katak ‘iblis’. Meski ‘iblis’ yang dimaksud bukanlah sesuatu yang mati lantas hidup kembali, tapi kata ini mempunyai kemampuan aneh yang mematikan dinosaurus. Seperti apa sih bentuk dan kemampuan menakutkan hewan ini, yuk simak berikut ini!

Beelzebufo Ampinga

Katak Iblis Beelzebufo Ampinga Predator Para Dinosaurus Yang Hidup 70 Juta Tahun Lalu!!

Disebut Beelzebufo ampinga, nama katak ini diambil dari kata Beelzebub yang berarti setan dalam bahasa Yunani. Sedangkan bufo berarti katak. Ampinga sendiri bermakna perisai yang menunjukkan ciri khas tubuh Belzebufo secara sekilas menyerupai baja. Tidak seperti katak yang umumnya kita lihat, Beelzebufo memiliki ukuran yang besar dengan bentuk mengerikan.

Ciri-Ciri Fisik Beelzebufo Ampinga

Katak Iblis Beelzebufo Ampinga Predator Para Dinosaurus Yang Hidup 70 Juta Tahun Lalu!!

Merupakan spesies katak yang paling besar di bumi, Beelzebufo memiliki panjang tubuh sekitar 40 centimeter dan berat 4,5 kilogram. Meski memiliki berat yang hampir sama dengan Katak Goliath di Afrika Barat yang bobotnya 3,5 kilogram, Beelzebufo nyatanya bukan kerabat katak tersebut. Justru katak yang memiliki bentuk serupa tanduk di kepala ini masih berkerabat dengan Ceratophyrs atau katak Pac Man. Selain bagian tanduk, mulut kedua katak tersebut juga berukuran sangat besar.

Kekuatan Mengerikan Katak Iblis

Di masa hidupnya, Beelzebufo ampinga merupakan katak yang memiliki kekuatan gigitan yang dahsyat. Hal ini diketahui para peneliti dari University of Adelaide, California State Polytechnic University, dan University College London dengan meneliti keturunan Beelzebufo ampinga yang hidup hingga kini yaitu katak bertanduk. Dan hasilnya, kekuatan katak ‘iblis’ bisa menyergap hewan seperti ular, hewan pengerat, bahkan dinosaurus sekalipun.

Katak Iblis Beelzebufo Ampinga Predator Para Dinosaurus Yang Hidup 70 Juta Tahun Lalu!!

Kekuatan ini berasal dari rahang katak yang sangat kuat. Berperan penting dalam mendapatkan mangsa sekaligus menaklukkannya. Studi tersebut menghasilkan katak kecil dengan lebar kepala 4,5 sentimeter ternyata memiliki kekuatan gigitan sekitar 30 N. Jika menilik hal ini, Beelzebufo ampinga yang diperkirakan mempunyai panjang sekitar 41 sentimeter dan bobot 4,5 kilogram memiliki kekuatan gigitan 2200 N atau setara dengan gigitan serigala. Karena itu, tak heran jika Beelzebufo dapat melumpuhkan dinosaurus remaja.

Hidup Sekitar 70 Juta Tahun yang Lalu

Krause, peneliti yang menemukan fosil katak raksasa di bagian barat laut Madagaskar memperkirakan bahwa katak tersebut hidup pada periode Cretaceous 65-70 tahun lalu. Temuan ini dideskripsikan pada makalah yang termuat dalam jurnal Proceedings of the national Academy of Sciences. Hal ini pun mengungkapkan histori baru tentang Madagaskar dan kaitannya dengan makhluk purba di masa lalu.

Katak Iblis Beelzebufo Ampinga Predator Para Dinosaurus Yang Hidup 70 Juta Tahun Lalu!!

Fakta tentang Beelzebufo Ampinga dan keturunannya yang ada hingga kini bisa menjadi pengetahuan bagi kita semua agar bisa lebih berhati-hati. Sebab, katak-katak keturunan Beelzebufo juga memiliki kekuatan yang bahkan bisa menelan hewan yang seukuran dengannya. Kalau hal ini bisa terjadi, tentu keturunan beelzebufo bisa pula melukai manusia.

Referensi :
[1] www.boombastis.com
[2] thedinosirs.files.wordpress.com
[3] archosaurmusings.files.wordpress.com

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Katak Iblis Beelzebufo Ampinga Predator Para Dinosaurus Yang Hidup 70 Juta Tahun Lalu!!