INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Jangan Asal Melamar Kerja! Inilah Ciri-Ciri Perusahaan Abal-Abal Yang Kurang Bagus Untuk Masa Depan Anda

Bagi adik-adik yang baru lulus kuliah atau lulus SMA dan sederajat tentunya saat ini banyak yang sibuk mencari pekerjaan. Banyak sekali lowongan pekerjaan mulai dari bidang jasa, retail, industri dan lain-lain. Memang tidak semua pekerjaan itu menjanjikan masa depan yang cerah tapi berhati-hatilah ternyata ada juga perusahaaan yang kurang manusiawi mempekerjaan karyawannya. Mulai dari gaji, jam kerja, tunjangan atau penilaian kerja. Jangan asal melamar kerja! Inilah ciri-ciri perusahaan abal-abal yang kurang bagus untuk masa depan anda. Perusahaan seperti ini hanya baik sebagai batu loncatan dan cari pengalaman kerja saja. Bukan untuk mengejar karir apalagi kesejahteraan.

Jangan Asal Melamar Kerja! Inilah Ciri-Ciri Perusahaan Abal-Abal  Yang Kurang Bagus Untuk Masa Depan Anda

Sebelum bicara ciri dan tanda perusahaan abal-abal penulis prospekbisnis.com akan memberikan ciri-ciri perusahaan yang baik untuk masa depan anda. Misalnya saja seperti berikut :

Contoh Perusahaan Dan Pekerjaan Yang baik untuk Anda tekuni :
  1.  Pilihan Utama adalah menjadi PNS atau pegawai negeri sipil dan pegawai BUMN. Bila anda diterima bekerja di instansi atau di perusahaan BUMN maka kamu akan mendapatkan jenjang karir dan kenaikan pangkat golongan yang jelas dan terstruktur. Selain itu nilai gaji, tunjangan dan kesejahteraan lainnya juga ikut diperhitungkan sesuai jabatan dan instansi yang bersangkutan. Bersyukurlah bila kamu diterima di instansi atau perusahaan seperti ini.
  2. Pilihan kedua adalah bekerja di perusahaan swasta baik skala kecil, menengah atau atas. Perusahaan swasta yang baik biasanya memiliki badan hukum yang jelas. Biasanya berbentuk CV atau PT. Selain dari itu memiliki struktur kerja dan fungsional yang jelas dan ada bagian yang mengurus karyawan atau dikenal dengan Personalia atau HRD (Human Resource Development). Memiliki sistem kerja dan sistem evaluasi kerja berkala terhadap karyawan secara objektif sesuai kontribusinya masing-masing. Selain itu ada jenjang gaji misalnya saja sesuai jabatan, lama kerja ataupun prestasi kerja. Terakhir ada penghargaan atas achievement. Memiliki tunjangan kesehatan, komunikasi dan transportasi (minimal satu atau dua tunjangan).
Wah itu sih kebagusan! Itu kalau ada rezekinya bisa keterima di perusahaan seperti itu! Betul sekali. Jawaban anda benar. Tapi esensinya adalah sekecil apapun perusahaan tempat anda bekerja atau seminim apapun gaji yang anda terima haruslah tetap layak dan manusiawi. Misalnya saja Gaji UMR atau mendekati UMR lah, jam kerja normal, kerja lembur dibayar dan terakhir ada HRD. Nah! Dari sini sudah mulai terbayang kan seperti apa perusahaan abal-abal yang kurang baik untuk masa depan anda? Oke mari kita lanjutkan..
Baca Juga : Inilah 5 Faktor Pembunuh Motivasi Kerja Karyawan
Ciri-Ciri Perusahaan Abal-abal Yang Kurang Baik Untuk Masa Depan Karyawan

Langsung saja dan ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis bahwa perusahaan abal-abal yang kurang baik untuk masa depan anda bila dirangkum dan disimpulakan memiliki tanda sebagai berikut :
  1. Perusahaan Abal-abal tidak memiliki badan hukum yang jelas alias terselubung. Banyak sekali perusahaan yang tempatnya tersembunyi misalnya dibelakang pasar, di pelosok kebun atau di perkampungan kumuh dan tidak memiliki papan nama. Biasanya legalitasnya juga tidak jelas misalnya hanya sekedar ada misalnya ijinnya hanya PD alias perusahaan dagang (sekelas kelontong/warung) padahal aslinya sebuah perusahaan distributor mainan import. Tujuannya jelas pemilik perusahaan menghindari nilai pajak penghasilan yang besar.
  2. Perusahaan abal-abal tidak memiliki struktur organisasi yang jelas dan tidak adanya Bagian Personalia/HRD. Berhati-hatilah bila anda diterima bekerja di perusahaan seperti ini, bisa dipastikan kamu akan bekerja tanpa job desk yang jelas dan bekerja multi tasking alias serabutan sesuai instruksi seenak udel sang owner.
  3. Status Karyawan biasanya kontrak bulanan atau tahunan dan bagi karyawan lama biasanya tidak jelas statusnya tetap atau tidak meskipun sudah tidak diberikan kontrak kerja lanjutan dan tetap bekerja. Jangan ngomong soal pesangon bagi yang di PHK dijamin tidak akan ada.
  4. Ciri ketiga, Pengaturan jam kerja memang ada tapi tidak ada batasan jam kerja dimana karyawan sering dipaksa kerja over time atau lembur dengan bayaran yang minim. Bila tidak nurut dianggap membangkang dan tidak loyal. Satu hal yang pasti perusahaan seperti ini tidak ada jatah cuti tahunan lah jam kerja harian aja belum cukup wajib lembur hampir tiap hari.
  5. Ciri yang paling menonjol adalah bila perusahaan tersebut sangat sering bahkan hampiar tiap saat, tiap bulan dan minggu selalu membuka lowongan pekerjaan. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan tersebut Turn Over karyawannya sangat tinggi alias sangat sering karyawan yang mengundurkan diri. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan tersebut hanya ingin memperalat tenaga dan pikiran karyawan semata tanpa mempertimbangkan kesejahteraan atau bahkan aturan ketenagakerjaan yang layak. 
  6. Penilaian kerja cenderung subyektif dan tidak obyektif dimana para penjilat pantat Boss Owner akan tumbuh subur di lingkungan kerja seperti ini.
 Inilah Ciri-Ciri Perusahaan Abal-Abal  Yang Kurang Bagus Untuk Masa Depan Anda

Nah begitulah tanda-tanda atau ciri-ciri perusahaan yang kurang sehat bagi masa depan karyawannya di masa depan. Perusahaan seperti ini ada di Indonesia bukan ada tapi bahkan banyak sekali! Biasanya anda baru mengetahuinya saat mulai bekerja.
Baca Juga : 7 Kesalahan Besar Boss Yang Membuat Karyawan Resign
Bagaimana Cara Kita Menyikapinya?

Selamat bagi anda yang saat ini bekerja dalam perusahaan yang sehat dan terjamin tapi bagi anda yang kurang beruntung dan bekerja pada perusaan abal-abal atau kurang sehat saran penulis tetaplah bersyukur pada rezeki yang didapatkan tapi tidak terlena oleh keadaan. Sambil bekerja mulailah mencari-cari dan melamar pekerjaan lain yang lebih baik dan terjamin. Anggaplah pekerjaan saat ini sebagai pengalaman kerja semata untuk belajar, mengasah kemampuan dan keahlian. Bila kesempatan itu datang ambillah kesempatan yang lebih baik dan jangan terjebak oleh perasaan sentimentil di tempat kerja yang lama. Bila memungkinkan ada baiknya anda mempelajari profil perusahaan yang akan anda lamar apakah menjanjikan atau tidak.

Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jangan Asal Melamar Kerja! Inilah Ciri-Ciri Perusahaan Abal-Abal Yang Kurang Bagus Untuk Masa Depan Anda