INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Cara Ternak Burung Kenari Dan Harga Jual Terbaru Kenari 2017

Punya hobby piara burung? Kenapa tidak dijadikan bisnis sajadaripada sekedar hobby tapi juga bisa menghasilkan uang tambahan bagi anda. Bahkan bisnis budi daya burung bisa diseriuskan bisa menjadi matapencaharian yang menjanjikan keuntungan besar. Misalnya saja prospek budi daya kenari dari tahun ke tahun selalu stabil dan selalu menguntungkan. Nah bagi anda yang berminat pada peluang usaha yang satu ini silahkan menyimak cara ternak burung kenari dan harga jual terbaru kenari 2017. Jangan bingung bila budi daya anda berhasil maka sudah bisa di jual, iklankan saja di surat kabar atau media sosial, menjual burung kenari tidaklah sulit bahkan bila kualitasnya bagus maka akan diburu dan dibeli dengan harga tinggi oleh kolektor burung kenari. Soal harga? Harga burung kenari jarang sekali anjlok. Jadi bisnis budi daya burung kenari memang tidak ada matinya.

Cara Ternak Burung Kenari Dan Harga Jual Terbaru Kenari 2017

Proses Pemilihan awal Burung Kenari
Bagi anda yang serius ingin berbisnis burung kenari bisa memulai nya minimal dari 2 penjantan dan 3 betina. Bila ingin ada dua kualitas bisa membeli 2-3 pasang burung kenari siap kawin mulai pasangan kenari lokal dan kenari luar seperti jenis Yorkshire dan Goldfinch. Bila ingin sedikit irit biaya bisa membeli anakannya sekalian belajar membudidayakan. Dafatar burung kenari dan harganya ada di paragraf bawah artikel ini.

Usia Kenari Ideal Untuk Diternak
Mengetahui usia jenis burung sangatlah pentin sehingga kita mengetahui kapan saat tepat membudidayakannya. Usia adalah salah satu poin penting yang wajib diketahui jika kita ingin berhasil beternak kenari. Bila akan dikawinkan tepatnya jangan terlalu muda ataupun terlalu tua biar masa produktifnya bisa kita dapatkan. Burung kenari siap ternak biasanya berumur paling tidak 6 bulan untuk kenari betina dan usia 8 bulan bagi kenari jantan. Namun untuk kenari yang bertubuh besar seperti Kenari Yorkshire, usia minimal adalah 1 tahun. Karena Yorkshire lebih lama masa menuju masa `dewasanya’.

Mampu Membedakan Kenari Betina dan Jantan
Sebagai breeder/peternak kenari sudah pasti wajib mengetahui dan paham cara membedakan kenari jantan dan betina. Tidak sulit membedakan kelamin kenari bagi peternak senior. Mereka tentunya sudah hapal setelah sejenak melihat postur tubuh kenari. Bagi anda pemula yang ingin tahu caranya, simak ulasan perbedaannya di bawah ini.

Ciri Perbedaan Kenari Jantan Dan Kenari Betina (Lengkap)

1. Usia 7 hari
Ketika memasuki usia 7 hari, burung Kenari juga memberikan pertanda apakah ia jantan atau betina. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari posisi mata, jika sejajar dengan paruh maka itu adalah burung Kenari jantan. Burung Kenari betina akan memiliki mata yang tampak lebih tinggi dari paruh.

2. Bentuk kepala
Burung Kenari jantan memiliki kepala yang berbentuk ramping, sementara burung Kenari betina memiliki bentuk kepala yang lebih bulat.

3. Usia 2-3 minggu
Memasuki usia 2 sampai 3 minggu, burung Kenari akan mulai aktif melompat-lompat. Jika diperhatikan, burung Kenari jantan akan memiliki lompatan yang lebih jauh dibandingkan burung Kenari betina.

4. Postur tubuh
Burung Kenari memiliki postur tubuh yang lebih panjang dan juga lebih besar. Sedangkan burung Kenari betina memiliki postur tubuh yang tidak terlalu besar dan juga cenderung bulat.

5. Kaki
Perbedaan Kenari jantan dan betina juga dapat dilihat dari kakinya. Burung Kenari jantan memiliki kaki yang panjang dengan jari-jari yang renggang. Sedangkan burung Kenari betina memiliki kaki yang lebih pendek dan juga jari yang lebih rapat dibandingkan burung Kenari jantan.

Ciri perbedaan kenari jantan dan betina tulang belakang

6. Tulang belakang
Jika Anda perhatikan pada tulang belakang burung Kenari, Anda dapat melihat warnanya. Jika warnanya tampak gelap dan pekat maka itu adalah burung Kenari jantan. Sedangkan jika warnanya lebih terang atau tidak pekat maka itu merupakan burung Kenari betina.

7. Bentuk dubur
Ciri lain dari burung Kenari jantan yaitu memiliki dubur yang lebih menonjol atau memiliki benjolan. Sementara untuk burung Kenari betina biasanya tidak memiliki benjolan atau lebih datar jika dibandingkan burung Kenari jantan.

Sarana Dan Tempat Beternak Kenari


Cara ternak burung kenari terlengkap dan harga kenari 2017

Khusus untuk peluang usaha dan bisnis budi daya kenari jangan sepelekan masalah sangkar dan tempat ternak burungnya. Ini point penting. Kesuksesan bisnis ini tergantung dari hal-hal kecil ini. Contoh hal sepele adalah posisi kandang ternak kenari. Kenapa lingkungan kandang ternak dan sarana itu penting? Karena jika kita salah dalam menaruh kandang kenari, maka banyak sekali binatang predator yang akan memangsa kenari kita, contohny adalah Tikus yang sangat hobby makan telur burung kenari. Penempatan kandang yang baik yaitu sangkar atau kandang kenari menempel di dinding, samping kiri dan kanan sangkar ditutup. Dan tempatkan sangkar di tempat yang bebas dari gangguan serangga atau binatang lainnya seperti tikus, cicak dan predator lainnya.

Ternak Burung Kenari
Beberapa cara untuk mengatasi gangguan dari serangan seperti semut dan kecoa, kita bisa pakai kapur serangga (kapur ajaib) di sekeliling sangkar. Jika ukuran kandang ternak besar, kita bisa mengoleskan oli pada kaki kaki kandangnya. Sedangkan untuk mengatasi gangguan tikus dengan menempatkan sangkar di dinding. Dengan begitu dapat meminimalisir serangan tikus. Namun kadang tikus juga melewati celah yang kita lalaikan. Kandang terbaik adalah kandang aluminium yang rapat dan kokoh. Kendari tikus hanya mengambil pakan kenari, jika kita lengah maka tikus juga dapat memangsa kenari kita.

Proses Menjodohkan Burung Kenari
Misalnya saja anda sudah mempunyai sepasang kenari berkualitas yang cukup umur dan siap diternak, maka kita sudah bisa memasukkan kenari tersebut ke tahap penjodohan. Proses menjodohkan kenari yaitu kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda. Namun kedua sangkar tersebut harus ditaruh pada posisi yang berdekatan.

Proses Menjodohkan Burung Kenari

Perhatian! Salah satu kesalahan ternak kenari yang sering terjadi yaitu para peternak pemula buru - buru memasukkan kenari jantan dan betina ke dalam satu wadah. Burung kenari layaknya manusisa juga butuh proses saling melihat, mengenali dari waktu ke waktu. Jika terburu-buru akan menyebabkan penyebab utama kegagalan penjodohan burung kenari. Karena kenari dan betina belum pasti cocok satu sama lain. Dengan adanya proses penjodohan (menaruh kandang kenari secara berdampingan), maka kita dapat mengetahui kesiapan kenari untuk dikawinkan. Jika kedua kenari tidak cocok kita masukkan dalam satu sangkar, maka bukannya pacaran malah kedua kenari tersebut akan berantem. Apabila terjadi perkelahian diantara kedua kenari berlangsung lama dan salah satu kenari kalah, maka kita akan kesulitan dalam menjodohkan kedua kenari tersebut kedepannya. Apalagi jika kenari yang kalah adalah kenari jantan, maka si jantan akan trauma dan tidak berani mendekat pada betina. Bisa dibilang kalau terjadi hal seperti itu, maka penjodohan kenari kita gagal 70% untuk kedepannya. Ini fakta sebenarnya ya.

Berikut sedikit tips meningkatkan Gairah kenari :
Burung kenari kita perbanyak makanannya dengan pakan kenari yang bergizi tinggi, misal telor puyuh, multivitamin dan lain lain. Kita jemur burung kenari kita setiap pagi hari, karena matahari pagi sangat baik untuk kesehatan dan menurunkan tingkat stress burung. Pada saat menjemur, kita usahakan.
kita dekatkan terus dua kenari yang sedang dijodohkan. Jika kita mempunyai kenari jantan yang lain, sekali sekali boleh kita jemur bersama dengan jantan lainnya, tujuannya agar gairah kenari betina dapat meningkat.

Proses Ternak Burung Kenari

Sarang Burung Kenari
Proses terakhir dan paling menarik adalah proses ternak kenari. Caranya yaitu dengan menyatukan kedua kenari (jantan dan betina) ke dalam satu sangkar. Namun, dalam akhir proses budidaya kenari ini tetap ada resiko kegagalan meskipun prosentase nya rendah. Ada beberapa hal yang perlu kita cermati. Diantaranya ciri kenari yang siap ternak.

Ciri - ciri kenari siap ternak sukses berjodoh :
Saat kenari jantan didekatkan dengan kenari betina, maka jantan akan terlihat mengejar/menabrak kandang ternak kenari dengan bunyi yang keras, sedangkan kenari betina akan menggelepar-geleparkan sayap, itu adalah pertanda bahwa si betina siap dan minta dikawinkan. Kemudian pada sore hari menjelang tidur, kedua kenari tersebut akan tidur berdekatan. Kadang - kadang kenari betina dan jantan akan terlihat saling meloloh makanan. Jika didalam sangkar kenari betina kita beri sarang beserta isinya, maka kenari betina akan rajin merapikan sarang. Jika isi sarang sudah disusun itu berarti si kenari betina siap ternak.

Sebenarnya tidak ada aturan baku untuk beternak kenari. Boleh saja menyatukan kedua kenari kapan saja asal sudah memenuhi persyaratan diatas. Namun para peternak kenari yang sudah suksesibiasanya menyatukan kedua kenari pada sore hari agar hasil lebih optimal. Maksud untuk menyatukan kenari pada sore hari adalah supaya pada malam hari kedua kenari tersebut sudah tenang dan rukun, sehingga pagi hari sudah berjodoh. Karena setelah kenari itu berjodoh maka akan meminimalisir resiko kenari yang bertarung dan saling melukai. Meski begitu pemantauan secara berkala tetap perlu dilakukan, karena kenari dapat bertarung kapan saja tergantung kecocokan.

Cara Ternak Burung Kenari Dan Harga Jual Terbaru Kenari 2017

Bagian terakhir yang menarik adalah setelah kedua kenari tersebut terlihat rukun, kita harus memperhatikan isi sarang si betina. Simpanlah sangkar biasanya ada yang jual dari bilah bambu dan bersihkan kandangnya. Simpanlah beberapa rumput kering atau jerami sebagian di dalam sangkar dan sebagian di bawah sangkar, karena biasanya isi sarang yang ada di dasar sangkar akan dipindah kembali ke dalam sarang. Satu lagi kebiasaan kenari betina adalah untuk merapikan sarang agar terlihat elok, biasanya kenari betina suka mencabuti bulu halus kenari jantan atau bulu halus dari kenari betina sendiri. Jika di dalam sarang sudah ada bulu-bulu halus, maka pertanda tidak lama lagi induk betina akan bertelor. Lebih baik siapkan beberapa helai kapas halus yang sudai sedikit diuraikan sehingga hal ini bisa menjadi pengganti bulu halus dan mengurangi resiko luka karena bulu halus dicabuti dan mempercepat proses bertelurnya.

Daftar Harga Burung Kenari Lokal Dan Import 2017

JENIS KENARIHARGA
Kenari Yorkshire Jantan Lokal/Impor Rp. 10.000.000,- s/d Rp. 4.500.000,-
Kenari Lanchasire Jantan Lokal/ImporRp. 8.000.000,- s/d Rp. 5.000.000,-
Kenari Lanchasire Betina Lokal/ImporRp. 8.000.000,- s/d Rp. 5.500.000,-
Kenari Yorkshire Betina Lokal/ImporRp. 6.500.000,- s/d Rp. 4.500.000,-
Kenari Giant CrestedRp. 5.000.000,- s/d Rp. 1.500.000,-
Kenari NorwichRp. 3.000.000,- s/d Rp. 1.500.000,-
Kenari F2 Yorkshire AnakanRp. 2.500.000,- s/d Rp. 3.000.000,-
Kenari Spanish TimbardoRp. 2.000.000,- s/d Rp. 500.000,-
Kenari GoldfinchRp. 2.000.000,- s/d Rp. 1.000.000,-
Kenari F1 Yorkshire AnakanRp. 1.500.000,-
Kenari Border Dewasa (Jantan/Betina)Rp. 1.600.000,-
Kenari Red Intensif JantanxRp. 1.600.000,-
Kenari FancyRp. 1.500.000,- s/d Rp. 500.000,-
Kenari Gloster Rp. 1.500.000,- s/d Rp. 500.000,-
Kenari AgateRp. 1.500.000,- s/d Rp. 450.000,-
Kenari MozaicRp. 1.300.000,- s/d Rp. 500.000,-
Kenari FrillRp. 1.550.000,-
Kenari Red Intensif BetinaRp. 1.000.000,-
Kenari Lizard DewasaRp. 1.000.000,-
Kenari Border AnakanRp. 900.000,-
Kenari PhaeoRp. 900.000,- s/d Rp. 700.000,-
Kenari Taiwan JantanRp. 800.000,-
Kenari Red FrostRp. 750.000,- s/d Rp. 450.000,-
Kenari Lizard AnakanRp. 650.000,-
Kenari Taiwan BetinaRp. 550.000,-
Kenari Holland MixRp. 650.000,- s/d Rp. 350.000,-
Kenari Gloster Anakan/BakalanRp. 550.000,-
Kenari AF Yorkshire Anakan/BakalanRp. 500.000,- s/d Rp. 300.000,-
Kenari Lokal Orange Anakan/BakalanRp. 400.000,- s/d Rp. 300.000,-
Kenari Lokal Putih Anakan/BakalanRp. 300.000,-
Kenari Lokal Hijau Anakan/BakalanRp. 200.000,-
Kenari Lokal Bond Anakan/BakalanRp. 200.000,-
Kenari Lokal Kuning Anakan/BakalanRp. 200.000,-
Baca Juga : Peluang Bisnis Budi Daya Kenari Semakin Menjanjikan
Demikianlah informasi ringkas dan padat mengenai cara budi daya ternak burung kenari dan juga daftar harga jual burung kenari lokal dan import terbaru ditahun 2017. Data harga tersebut kami ambil dan sortir dari survey berbagai media online dan media sosial seputar burung kenari. Semoga peluang usaha budi daya kenari dan daftar harga tersebut bisa menjadi referensi dan acuan bagi anda yang sedang memperlajarinya. Harga diatas bisa saja sewaktu-waktu berubah dan kadang juga harganya bisa berbeda tergantung daerahnya. Tapi biasanya harga jual kenari relatif stabil dan selisih harganya tidaklah terlalu jauh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Ternak Burung Kenari Dan Harga Jual Terbaru Kenari 2017