INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

6 MODUS PEMBELI BIAR DAPAT HARGA BARANG TERMURAH

Bagi sahabat pembaca yang memiliki bisnis retail baik yang jualan kelontongan, toko buku, pakaian dll pasti akan sering bertemu banyak ragam pembeli atau konsumen. Nah serunya tuh disitu! Tingkah laku dan sikap konsumen kadang-kadang suka bikin senewen penjual. Bagimana tidak? Ada pembeli yang rewel, bawel, komplen, tukang nawar dll. Kalau dikelompokan ada 6 modus pembeli biar dapat harga barang termurah dari penjual. Bahkan dengan militannya mereka akan melakukan modus-modus menjatuhkan harga barang demi mendapatkan harga termurah atau mendapat keuntungan dari barang yang dia beli. Nah! Bagi anda yang posisinya penjual hal ini penting untuk diketahui dan diantisipasi dari awal. Gelagat dan tanda-tandanya gampang diketahui koq! Jangan takut jangan kuatir inibagian dari seni bergadagang dan berjualan. Hal ini pasti akan dialami sahabat-sahabat penjual atau pedagang.

6 MODUS PEMBELI BIAR DAPAT HARGA BARANG TERMURAH

Sebelumnya admin prospekbisnis.com ingin ngasi tau dikit clue-nya. Biasanya sebagian besar konsumen yang militan menawar barang adalah kaum wanita dan sebagian kecilnya ada yang dari kaum pria. Wiihh.. jangan tanya kegigihan mereka dalam menawar barang atau menjatuhkan nilai barang biar dapat harga murah. Contohnya bisa anda lihat bila berkunjung ke warung-warung tradisional atau toko kelontong rumahan yang menyediakan kebutuhan sembako dan kenutuhan sehari-hari. Dengan gigihnya para ibu-ibu menawar barang sekian lama untuk mendapat penurunan harga dari si penjual. Banyak kejadian nyeleneh dan unik yang biasanya dilakuin pembeli ke penjual tradisional, istilahnya nge-modusin dulu biar dapet barang murah.

Kelakuan pembeli emang suka sayah-sayah. Berdasarkan curhatan temen saya yang biasa jaga toko kelontong sebelah rumah banyak memberikan ide untuk saya angkat di tulisan saya kali ini.
Modus Pembeli Minta Bon Kosong

Modus Minta Bon
Dimulai dari cerita temen saya, ada pembeli yang suka minta bon kosong. Awalnya sih saya gagal paham, kok minta bon yang kosong, ternyata bon kosong biar nanti harga yang ditulis bakal di markup si pembeli tadi, alias nyatut ongkos jalan tanpa sepengetahuan atasannya. Biasanya dilakukan oleh karyawan atau opis boy yang nggak jujur. Pembeli korup, nih sob, Ups!

Modus Pembeli Beli Kemarin

Modus Beli Kemarin
Pembeli kedua , seolah-olah emang udah sering beli dan ngaku-ngaku bilang waktu dia beli kemarin harganya nggak segitu, alias waktu beli kemarinan lebih murah. Rada sayah sih kalo saya bilang, padahal stok barangkan selalu baru, kadang belanjaan baru harga juga menyesuaikan, dan yang lebih parah ada pembeli yang ngaku sering beli padahal kata temen saya dia belom pernah datang, ngaku kemarin udah pernah beli tapi harganya nggak segitu. Lucunya lagi kalo pas ditanya, "Belinya emang kapan?" dijawab si pembeli "Yah, udah lama siih!" Pembeli ngeyel nih .

Modus Pembeli Minta Bonus

Modus Minta Bonus
Ini kelakuan pembeli yang mirip-mirip diatas, rada maksa. Segala ini itu di tanya, gaya-nya perlente, perhiasan kw mejeng di leher dan gelang, eh pas belinya sedikit dan minta bonus pula! Padahal dalam hukum jual beli namanya bonus adalah kebijakkan penjual kalau mau ngasih, bukan malah pembeli yang maksa minta bonus. Ada-ada saja. Pembeli ngemis namanya.

Modus pembeli bilang barang jelek

Modus Barang Jelek
Pembeli kek gini biasanya terbilang tega dan nyakitin hati penjual. "Masa, daster begini aja mahal banget sih, tuh lihat jahitannya aja nggak rapih gini!" itu salah satu contoh emak-emak ngejelekkin barang penjual biar dapet harga murah. Temen saya biasanya cuma bisa ngelus dada dan bilang "Saya jual pakaian mah selalu baru dan jahitan konveksi sendiri, bu". wah nyelekit nih pembeli kaya gini beli kaga ngehina iya. mendingan kita jualan di toko online aja bisa saklek-saklekan.

Baca Juga : Strategi Harga Murah Untuk Jualan Toko Online

Modus pembeli bantu promosiin

Modus Promosiin
Ini kelakuan pembeli biar dapet murah juga. Dengan alasan nanti bakalan dipromosiin ketemen-temennya, ujung-ujungnya pembeli minta dimurahin harga. Kata temen saya sih pembeli model kek gini udah kebal rasanya. Trik basi, katanya. Pembeli tipu nih.

Modus pembeli tuker recehan

Modus Recehan
Nah, yang terakhir ini biasanya kelakuan pembeli azas manfaat. Bayar pakai uang lembaran gede dengan harapan dapet tukaran recehan biasanya suka ditemuin pembeli model kek gini. "Bayangin aja, sob, beli minuman gelas seribuan, duitnya pake seratus ribuan". Sebenernya sih gak masalah, yang jadi masalah sekarang tuh jamannya susah cari uang pecahan. Pembeli azas manfaat , nih sob. Kalo jualan online model di twitter jamannya Om Reza Keripik Maicih mungkin ga bakalan ada dimodusin beli butuh recehan gini kali ya.

Baca Juga : Tips Meningkatkan Pembeli Di Twitter

Nah bagaimana kira-kiranya teman-teman, sahabat pembaca bro and sis, dari 6 modus pembeli ke penjual untuk mendapatkan barang dengan harga murah yang kira-kiranya pernah dipraktekan? Hehe.. manusiawi koq namanya juga pembeli ingin harga murah. Nawar sih boleh saja tapi ingat jangan sampai menjatuhkan dan merendahkan penjual. Ingatlah penjual yang sudah dengan sabar melayani sepenuh hati tapi mendapat pembeli yang menyinggung perasaan. Jualan itu adalah mata pencahariannya dan dia melakukannya dengan terhormat bukan dengan cara mengemis, mencuri dsb. Hormatilah mereka dengan tidak memkasakan melakukan 6 modus pembeli biar dapat harga barang termurah. Menawarlah dengan wajar. Coba baca artikel Kisah Nenek Penjual Tempe sebelumnya, mungkin ada yang bisa ambil hikmahnya dari penjual sederhana tersebut.
sumber referensi : iskrim kaskus



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 MODUS PEMBELI BIAR DAPAT HARGA BARANG TERMURAH