INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Trend Prospek Bisnis Online 2017 Paling Menguntungkan

Kalangan bisnis dan wirausaha tentunya sudah hafal dengan dua jenis bisnis saat ini. Pilihan antara Bisnis Offline dan bisnis online memiliki sisi keuntungan dan kelebihan masing-masing. Bahkan dewasa ini bagi entrepreneur yang jeli mampu memanfaatkan bisnis offline dengan dukungan bisnis online sehingga peluang bisnisnya semakin berkembang pesat. Berdasarkan perkembangan bisnis online sejauh ini ternyata mengalami banyak perubahan seiring jaman terbukti dengan makin banyaknya trend prospek bisnis 2017 paling menguntungkan dan paling menjanjikan bagi calon pebisnis di Indonesia atau bahkan untuk kalangan internasional.

Prospek Bisnis Online 2017 Paling Menguntungkan

Perkembangan Awal Bisnis Online Di Awal Tahun 2000

Pada awal perkembangan bisnis online merebak sebelum Tahun 2000 dan di awal tahun 2000 bisnis online yang dikenal masyarakat mengenal beberapa jenis bisnis online yang dimasanya sangat populer dan dianggap menguntungkan.

Bisnis Online PPC (Paid Per Click)
Bisnis PPC adalah penghasilan yang didapatkan oleh seorang publisher apabila ada unit iklan (Ad unit) tertentu yang di klik oleh pengunjung situs milik sang publisher. Pada bisnis PPC ada istilah CPC yaitu Cost Per Click atau nilai yang di dapat dari tiap klik yang di dapat. Nilai dari CPC masing-masing Ad unit itu berbeda-beda ditentukan oleh berbagai faktor. Misalnya saja dari performance dan kualitas website milik publisher, jenis iklan yang di klik dan juga asal dari pengunjung tersebut. Sebagai informasi saja bisnis CPC ini masih berkibar sampai kini meskipun tidak seramai dulu lagi. Secara singkatnya situs PPC akan membayar kalau ada iklan yang di klik orang lain di blog milik publisher.
Contoh Bisnis PPC tahun 2017 : Google Adsense, Chitika, Propeller Ads, Adnow Native dll

Bisnis Online PTC (Paid To Click)
Bisnis PTC adalah bisnis yang berdasarkan Paid To Click. PTC artinya situs PTC akan membayar kalau ada iklan yang kita klik sendiri tentu dengan aturan main dari pemilik situs tersebut. Biasanya kita diarahkan untuk mengklik iklan yang diinstruksikan oleh situs PTC dan kita akan mendapatkan bayarannya. Bermain bisnis online PTC ini penulis rasakan sangat menguras waktu dan tenaga dengan hasil yang sedikit.
Contoh Bisnis PTC tahun 2017 : Clixsense, Neobux, GPTPlanet, Twickerz dll

Bisnis Affiliate
Bisnis Online Affiliate atau affiliasi ini disebut sebagai associate program atau reseller program. Bisnis Online Affiliate ini memberikan bayaran pada membernya karena memberikan klien pada perusahaan pemilik affiliate program tersebut. Bingung seperti apa Cara kerjanya? Begini sedikit illustrasi bisnisnya.

Illustrasi Bisnis Online Affiliate

Jika anda bergabung dalam program affiliate marketing dari salah satu website tertentu maka anda akan mendapatkan ID member dan juga link/URL khusus untuk anda. Bila anda meletakan link tersebut pada website anda, atau promosi di media sosial misalnya, maka tiap ada pengunjung melakukan klik pada link tersebut akan diarahkan pada website pemilik affiliate. Seandainya pengunjung tersebut membeli produk yang ditawarkan di situs tersebut atau bahkan ikut bergabung menjadi member maka anda akan mendapatkan bayaran dari pemilik affiliate.
Contoh Bisnis Affiliate tahun 2017 : Amazon, Ratakan, Clickbank, JVZOO, Lazada dll

Kemajuan Bisnis Online Awal Dekade Tahun 2000

Selanjutnya prospek bisnis online semakin berkembang dengan pesat seiring semakin antusiasnya masyarakat pada dunia internet. Di tahun 2000 sampai dengan 2010 adalah masa keemasaan para blogger. Banyak kalangan yang suka mempunyai blog dan website sendiri. Blog tersebut ada yang bertemakan blog pribadi, blog tutorial dan bahkan ada juga yang menekuni blog untuk monetize.


Selain bisnis berbasis PTC dan PPC diatas maka muncullah bisnis-bisnis online lainnya yang menawarkan keuntungan yang lumayan, misalkan saja :

Paid To Review
Pebisnis Online mulai banyak yang melirik bisnis yang cukup mengasyikan ini. Paid To Review adalah bisnis online yang mendapatkan bayaran jika kita memberikan review atau ulasan tentang blog/website orang lain/perusahaan dalam blog/situs yang kita miliki dan kita akan di bayar dengan dollar. Tentunya blog kita harus memiliki rangking yang baik di mata search engine. Misalnya saja pada Google Pagerank (dulu masih ada dan berpengaruh), nilai Alexa dll.
Contoh Bisnis Paid To Review Tahun 2017 : SponsoredReviews, Bloggerwave, PayPerPost, Reviewmu (indonesia), AdReviewCamp (Indonesia),

Pay Per Post
Bisnis Online memiliki sistem kerja dimana kita akan dibayar setiap kita menerbitkan/posting artikel. Artikel yang kita akan dinilai oleh provider bisnis tersebut dan jika makin banyak artikel dan bobot yang semakin berkualitas maka bayaran kita akan semakin besar.

Paid To Surfer
Bisnis online Paid To Surfer ini adalah bisnis online paling mudah bahkan bagi orang yang awam sekalipun. Singkatnya saja begini kita akan dibayar dengan hanya berlama-lama di internet dengan hanya browsing dan membuka-buka popup mereka saat browsing. Makin lama maka main besar bayarannya. Tapi bisnis ini kerasa banget jadi buruhnya. Hehe..
Contoh Paid To Surfer Tahun 2017 : Swagbucks, Opinion Outpost, User Testing, SmartPanel dll

Toko Online
Para pebisnis internet mulai melirik untuk memiliki toko online sendiri seperti layaknya toko di dunia nyata. Hanya dengan modal situs dengan domain .com maka banyak sekali di saat itu yang berlomba-lomba membuat toko online komersial secara individual. Pada masanya Toko online individual ini mampu mendapatkan keuntungan yang besar sampai akhirnya muncul Toko Online komersial milik Corporate yang kini terbukti makin mendominasi dan sedikit demi sedikit menggeser Toko Online Individual. Sebagai referensi coba baca Bagaimana menemukan ide bisnis toko online.

Bagaimana Prospek Bisnis Online Di Tahun 2017?

Menurut pendapat penulis prospek bisnis online 2017 mengalami beberapa pergeseran yang cukup signifikan. Di sini kita bisa lihat banyak faktor yang berpengaruh terhadap pergeseran trend bisnis online dewasa ini dan memiliki perubahan besar pada peta bisnis online di dunia dan di Indonesia pada khususnya.

Hal-hal apa saja yang kira-kiranya berpengaruh pada perkembangan bisnis online di tahun 2017 ini?

Toko Online Komersial Berbasis Corporate
Banyak fakta di lapangan yang dirasakan pebisnis online yang memiliki toko online di dunia maya. Keberadaan mereka semakin lama-semakin tergeser dengan adanya pemain-pemain besar di dunia Toko online komersial. Misalnya saja kita sebut saja : Tokopedia, Bukalapak, OLX, Lazada, Shopee dll belum lagi pemain internasional semacam Amazon (ini sih dari dlu mbahnya), Alibaba, eBay dll.

Trend Toko Online Individual banyak yang memodifikasi cara kerjanya dengan memanfaatkan nama besar toko online corporate tersebut misalnya saja dengan mengiklan produk-produknya di situs mereka dan selanjutnya bila terjadi negosiasi atau bahkan deal pembelian tapi juga secara traffic akan di arahkan pada toko online individual milik mereka sendiri dengan memberikan info situs yang mereka miliki.

Bisnis Online Berbasis Android
Seiring semakin berkembangnya teknologi yang dikembangkan oleh Android yang dimiliki Perusahaan raksasa Google maka hal ini juga memberikan perubahan besar pada peta bisnis online di tahun 2017 ini. Bisa dikatakan siapa sih saat ini yang tidak memiliki HP android? Khususnya masyarakat perkotaan.

Trend Bisnis Online 2017 Paling Menjanjikan

Bisnis Layanan Android
Berdasarkan hasil Google analytic baik blog yang penulis miliki atau yang di riset orang lain maka akan diketahui bahwa unique visitor pengunjung blog itu berasal dari pengguna gadget atau smartphone khususnya pengguna android. Di urutan kedua baru pengguna PC atau personal Computer seperti komputer PC atau laptop. Berdasarkan hasil kenyataan di lapangan maka hal ini menimbulkan ide-ide bisnis unik dan kreatif di kalangan pebisnis online. Maka lahirlah bisnis-bisnis online berbasis Aplikasi Android.

Bisnis Online Layanan Transportasi
Bisnis Transportasi secara online semakin merebak dan diminati masyarakat sebagai pengguna. Meskipun banyak hal kontroversial dan penolakan di kalangan pengusaha transportasi konvensional dengan munculnya demo penolakan ojek online, taxi online dll tapi yang namnaya kemajuan teknologi dan modernisasi tidak akan pernah bisa ditolak atau dibendung. Dulu jaman dokar tergeser oleh angkutan umum alias angkot, becak tergeser oleh ojek dan kini saatnya mereka akan tergeser oleh ojek online dan taxi online. Ini sudah menjadi hukum alam dalam dunia bisnis.

Contoh Bisnis Transportasi Online 2017 : Go-jek, Go Box, Grab, dll.

Bisnis Waralaba / Franchise
Di Tahun 2017 ini animo masyarakat untuk wirausaha maupun mencari peluang usaha baru sangatlah tinggi. Meskipun sudah memiliki pekerjaan yang tetap tapi banyak orang yang terdorong untuk memiliki bisnis sampingan ataupun bisnis rumahan sebagai tambahan penghasilan keluarga. Salah satu bisnis online yang paling diminati di tahun 2017 ini adalah bisnis waralaba atau dikenal dengan istilah franchise.

Bisnis waralaba ini sangat diminati oleh para pemula dalam dunia bisnis karena banyak keuntungan dan kemudahan yang di dapat. Model bisnis ini memiliki keuntungan bagi para pemula karena mereka akan dibantu mulai dari pengadaan roda jualan, training pelatihan dan pengadaan bahan bakunya. Kenapa ini disebut sebagai prospek bisnis online 2017 paling menjanjikan? Karena jika anda seorang produsen dan pemilik brand sendiri (telah teruji, terkenal dimata konsumen) dapat mendapatkan keuntungan yang luar biasa besarnya bila memasarkannya secara online dan membuat bisnis yang anda rintis sebagai bisnis waralaba bagi orang lain yang ingin mengikuti jejak anda.

Contoh Bisnis Waralaba : KFC, Delicious chicken,Kebab Turki, Nyoklat, Alfamart dll

Bisnis Aplikasi Android
Bisnis aplikasi mobile yang satu ini saat ini sedang berkembang dengan pesat. Bisnis online ini merupakan pasar yang sangat besar. Menurut info yang penulis dapat katanya Google membayar lebih dari US$7 miliar untuk para developer aplikasi mobile. Bayangkan itu sebanding dengan Rp.93 trilliun!!. Info tersebut berdasarkan naarasumber Kunal Soni, Head of Business Development Google Play dalam acara Google For Mobile (31/3). Contoh aplikasi asal Indonesia yang masuk Top 1.000 aplikasi android di seluruh dunia, adalah Go-Jek.

Bisnis aplikasi Android ini mendorong para pebisnis online menggeluti profesi sebagai developer aplikasi android. Aplikasi bisa game, tools dll. Cara mendapatkan uangnya seorang developer biasanya dengan 4 cara, yaitu lewat iklan, In-App purchase, subscription atau memasang harga pada aplikasinya (sebagai pengguna atau saat download aplikasi tersebut).

Cara Mudah Pembayaran Aplikasi Android
Google semakin mempermudah sistem pembayaran pada aplikasi android milik para developer, yaitu dengan pilihan membayar lewat kartu kredit, Google play gift, Paypal, bahkan pemotongan pulsa telepon anda sendiri. Bagaimana keren kan?


Demikianlah ulasan mengenai trend prospek bisnis online 2017 paling menguntungkan dan menjanjikan yang coba penulis sajikan. Meskipun bisnis online seperti PPC dan PTC masih ada sampai saat ini tapi perkembangan bisnis online dewasa ini semakin beragam, unik dan interaktif. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi rekan pebisnis baik untuk menambah wawasan bisnis ataupun sebagai inspirasi untuk menemukan ide-ide bisnis baru dan menciptakan peluang usaha baru di Indonesia.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Trend Prospek Bisnis Online 2017 Paling Menguntungkan