INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Cara Memperbaiki Jas Hujan Robek Dengan Cara Menambal Dan Menjahit Dengan Mudah Dan Kuat

Cara Menambal Jas Hujan - Anda pengguna sepeda motor? Baik sebagai pelajar, mahasiswa atau pegawai kantoran pasti akan mengalami penderitaan yang sama di saat musim hujan. Berangkat atau pulang sekolah atau kerja pasti akan berjibaku dengan hujan. Sudah tentu peran jas hujan sangat besar disini. Cuma sayangnya jas hujan bila sering dipakai mudah sekali rusak dan sobek terutama di bagian celana. Sebenarnya ada cara memperbaiki jas hujan robek dengan cara menambal dan menjahit dengan mudah dan kuat seperti sedia kala kembali? Tertarik? Daripada beli yang baru mungkin trik ini bisa dicoba dulu kawan.

Cara Memperbaiki Jas Hujan Robek Dengan Cara Menambal Dan Menjahit

mantel hujan atau orang biasa sebut jas hujan sudah pasti memiliki resiko robek dan biasanya robek di bagian sambungannya saja. Meskipun kadang-kadang ada yang robek gara-gara terkait benda tajam. Enaknya sih jika jas hujan anda rusak ya tinggal buang saja dan beli yang baru tapi mengingat harga jas hujan di pasaran saat ini cukup tinggi setidak-tidaknya trik ini bisa memberikan jangka waktu untuk tidak terlalu sering beli jas hujan dalam kurun waktu satu tahun. Jika robeknya tidak terlalu parah cobalah dengan cara menambal dan menjahit jas hujan anda dulu.

Cara Menambal Dan Menjahit Jas Hujan yang Robek
Persiapan:

  • Jarum, yang paling kecil.
  • Gunting
  • Benang
  • Plastik yang mirip dengan jas hujan, lebih baik jika mengambil dari jas hujan bekas yang sudah rusak. Cara lainnya adalah dengan memakai plastik tebal bekas tas supermarket dan lainnya.

Catatan :
Jika tidak ada yang sewarna lebih bagus mengambil warna bening.
Lem Karet, bisa membeli di toko bangunan.

Langkah Memperbaiki Jas Hujan:

  • Bersihkan daerah sekitar bagian jas hujan yang sobek.
  • Sambunglah sisi kiri dan kanan sobekan dengan menggunakan benang dan jarum. Jarak jahitannya agak lebar tidak apa apa, yang penting kedua sisi tersambung.
  • Letakkan mantel di meja atau permukaan rata lainnya. Pastikan tidak ada lipatan terutama di bagian yang telah dijahit tadi.
  • Taruh plastik di atas jahitan untuk mengukur lebar yang diperlukan. Gunting plastik sedikit lebih lebar dari robekan di mantel. Dibuat berbentuk segi empat saja biar terlihat lebih rapi.
  • Plastik nantinya digunakan untuk menutupi jahitan, karena dalam setiap jahitan tersebut ada bolong kecil kecil sebesar jarum.
  • Ambil lem karet yang telah dipersiapkan lalu oleskan ke permukaan plastik yang telah digunting, lalu tempelkan pada jahitan tadi. Tekan tekan sedikit agar makin erat.

Catatan: Untuk menutupi bekas robek dan jahitan, lebih baik menutup bagian luar jas hujan tapi jika warna plastik berbeda lebih baik menempelkannya di bagian dalam.

Untuk cara lengkap menggunakan lem silahkan baca petunjuk pemakaian di kemasan.
Pastikan plastik tambalan menempel sempurna dengan mantel dan biarkan sebentar sampai mengering.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Motor Brebet Saat Di gas Dan Memperbaikinya

Oke selesai sudah. Jas hujan anda sudah dapat dipergunakan kembali dan anda tidak perlu malu meskipun jas hujan anda ada tambalannya. Orang lain atidak akan memperhatikannya. Cara reparasi jas hujan ini terbukti kuat dan tahan lama.

Cara Memperbaiki Sobek Sambungan Jas Hujan

Cara Menambal dan menjahit Jas Hujan Robek Dengan mudah

Seperti ulasan sebelumnya jas hujan biasanya rusak atau sobek di bagian sambungannya. Biasanya sobek pada bagian ketiak atau di bagian selangkangan karena gesekan dengan jok motor saat dikendarai. Bila dilihat lebih lanjut sambungan pada jas hujan dibuat dengan metode press sehingga kalau kita coba dengan cara menjahitnya maka hasilnya akan kurang baik. Solusi terbaiknya adlah dengan menggunakan lem karet pada sambungan yang sobek atau lepas tadi. Dan masalah sobek sambungan jas hujan bisa diselesaikan dengan baik. Jika jas hujan anda bocor atau bolong-bolong kecil mudah saja anda tinggal menambalnya dengan lem karet atau bila tidak ada bisa menggunakan aquaproof yang biasa untuk menambal genteng.

Baca Juga :
Cara Mengatasi Mesin Motor Overheat Atau Cepat Panas
Cara Efektif Menambal Sendiri Tangki Motor Bocor

Demikian ulasan mengenai cara memperbaiki jas hujan dengan cara menjahit dan menambal dengan hasil yang kuat. Cara ini mudah untuk dikerjakan dengan hasil lumayan kuat dan cukup bertahan lama tapi bila nantinya sobek lagi ada baiknya anda ganti dengan membeli yang baru.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memperbaiki Jas Hujan Robek Dengan Cara Menambal Dan Menjahit Dengan Mudah Dan Kuat