INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Belajar Menjadi Developer Android Pemula Yang Handal

Peluang bisnis online dewasa ini memang beragam dan bervariasi. Salahsatunya yang paling gress dan banyak dilirik para pebisnis online adalah menjadi developer android. Memang tidak bisa disalahkan. Potensi aplikasi android memang memiliki keuntungan yang menggiurkan dari segi penghasilan. Bagaimana belajar menjadi developer android pemula yang handal? Tentunya hal ini memerlukan kesiapan dan pembelajaran untuk memulainya.

Belajar Menjadi Developer Android Pemula Yang Handal
gambar dari abdusatri.com
Pada artikel sebelumnya yaitu pada artikel trend prospek bisnis online 2017 paling menguntungkan sempat di bahas sekilas. Bagaimana sebuah aplikasi android bisa menghasilkan keuntungan yang besar bagi pembuatnya. Selanjutnya perlu diketahui bahwa ada 4 hal yang wajib diketahui dan dipelajari sebelum menjadi seorang developer android yang handal.

Baca Juga : Belum tau Pencipta Android??

4 Hal dan Keahlian yang WAJIB diketahui Sebelum Jadi Developer Android

1. Download Software Development Kit (SDK)
Software Development Kit (SDK) wajib dimiliki yang fungsinya untuk Pemrograman Aplikasi. Pada tahapan awal ini anda harus menentukan software mana yang ingin dipergunakan nantinya. Jadi tentukan SDK mana yang sesuai dengan kenyamanan anda. Berdasarkan pengalaman saya sarankan untuk memilih aplikasi antara Android Studio atau Eclipse bila ingin membuat suatu aplikasi. Tapi jika anda ingin membuat game android maka disarankan untuk mencoba Unity3D.

ILLUSTRASI PERANAN SDK PADA APLIKASI ANDROID

Rekomendasi ketiga software diatas bisa di-download gratis di situsnya:
2. Mempelajari Bahasa Pemrograman
Selanjutnya adalah anda harus menguasai bahasa pemograman jika ingin pengembangan aplikasi android. Dasar bahasa pemrograman di Android adalah Java dan XML. Bagaimana? Jangan keder duluan. Jangan khawatir jika anda tidak mengetahui sama sekali terkait bahasa pemrograman Android, karena keunggulan Android adalah Open Source, dimana source code banyak tersedia dan bebas untuk dipergunakan.
JAVA DAN  XML PROGRAM UNTUK APLIKASI ANDROID

Ada rekan admin prospekbisnis.com yang mencobanya dan tidak terlalu mahir untuk bahasa pemrograman. namun dia menyiasatinya dengan menggunakan Library. Library itu diibaratkan sebagai pecahan perintah-perintah yang nantinya bisa anda pergunakan di SDK-mu. Tempat men-download Library adalah di situs Android-Arsenal.

3. Kuasai Desain Grafis
Hal ketiga yang wajib dikuasai untuk menjadi developer android adalah menguasai desain grafis. Seorang Developer wajib mengetahui bahwa aplikasi yang akan dibuat memerlukan keahlian sebagai UI (User Interface) dan UX (User Experience) yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi. Misalnya saja ada sebuah aplikasi yang memiliki fitur unggulan tapi tampilannya kurang meyakinka maka banyak pengguna aplikasi tidak berminat untuk menggunakannya meskipun ada yang mengunduhnya tapi mungkin tak berapa lama kemudian akan melakukan uninstall.

Jadi kemampuan dan keahlian desain grafis juga merupakan sebuah keharusan bagi pengembang aplikasi untuk menguasainya. Seperti halnya ikon, splash screen, wallpaper/background dan yang lainnya harus diperhatikan dengan seksama. Hal ini juga menghindari kita dari suspend Google jika aplikasi kita menggunakan gambar-gambar yang asal comot atau tidak punya hak milik yang sah.

4. Publikasi dan Monetasi
Oke katakanlah anda berhasil membuat aplikasi android lalu selanjutnya apa? Bagaimana mendapatkan keuntungan dari aplikasi android yang anda buat? Sebenarnya jika anda sudah bisa membuat aplikasi Android, maka dapat dikatakan anda sudah bisa mengambil keuntungan. Contohnya saja anda bisa menawarkan jasa pembuatan aplikasi. Tapi jika anda menginginkan keuntungan jangka panjang maka anda harus mempunyai aplikasi yang menjadi unggulanmu dan dimonetasikan. Cara monetize aplikasi android buatan sendiri adalah salah satunya dengan menggunakan Admob, Admob adalah unit periklanan dari Google yang memili revenue yang menjanjikan dan memberikan keuntungan bagi developer.

Publikasi dan Monetasi aplikasi android _Admob Google

Cara Publikasi dan Monetasi Aplikasi Android Anda

Misalnya saja memilih Admob,selanjutnya aplikasi android anda harus dipasarkan secara luas. Salah satunya adalah publish di toko aplikasi misalnya saja seperti Google Play Store, Amazon AppStore, dan lain-lain. Biaya untuk mempublikasikan aplikasimu di Play Store, anda perlu modal USD 25. Nanti aplikasimu akan bersaing dengan jutaan aplikasi yang ada di sana. Untuk meningkatkan kualitas aplikasimu, anda perlu belajar ASO (App Store Optimization), semacam SEO-nya Play Store biar muncul di halaman utama layaknya search engine.

Baca Juga : 6 Jenis Aplikasi Android Yang Tidak Penting Di Install Di Smartphone

Demikianlah dasar-dasar dan langkah untuk menjadi pembuat aplikasi android alias seorang developer Android jika anda berminat menjadi salah satu diantaranya. Jika anda memang berminat maka pelajari dahulu hal-hal yang memang diperlukan untuk menjadi seorang developer android yang handal. Seperti kalimat di awal paragraf banyak jalan menghasilkan uang dari bisnis online saat ini. Termasuk diantaranya menjadi pebisnis online developer android yang handal dan profesional.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Belajar Menjadi Developer Android Pemula Yang Handal