INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

PROSPEK BISNIS WARUNG KOPI DAN CARA BISNIS KEDAI KOPI

Loading...

Prospek bisnis warung kopi - Sudah tidak bisa terbantahkan bahwa kopi dan rutinitas harian sudah tidak dapat dipisahkan lagi. Hampir setiap hari masyarakat kita mengkonsumsi kopi dalam kesehariannya. Sepulang kerja, di saat istirahat dan bahkan di acara forum-forum resmi. Cita rasa kopi yang khas membuatnya sebagai minuman yang tak tertandingi. Hal ini membuat banyak kalangan memikirkan sebagai salah satu peluang usaha baru sebuah prospek bisnis baru. Akhirnya prospek bisnis warung kopi dan cara bisnis kedai kopi mulai dipelajari orang dan memunculkan banyak gerai-gerai warung kopi yang cukup sukses dan trendy. Warung kopi sangat identik dengan tempat nongkrong dan merupakan suatu aktifitas yang banyak disukai orang.

Cara bisnis warung kopi modern

Prospek Bisnis Warung Kopi Saat Ini
Kebiasaan anak muda dan para pekerja di selang rutinitasnya adalah nongkrong sambil ngopi bareng teman dan orang terdekat, belakangan ini berkembang menjadi suatu trend baru dan meningkat disukai oleh kalangan mennengah ke atas. Dulu warung kopi identik untuk kalangan mengah ke bawah di warung-warung kopi sederhana di pinggir jalan tapi kini muncul di kafe-kafe dan gerai khusus warung kopi yang lebih modern. Bisnis warung kopi ini juga menjamur di ibu kota dan juga mulai menular ke daerah lain dan pertumbuhan bisnis warung kopi di nusantara tak kalah bersaing dengan kedai kopi di kancah dunia. Bisnis ini merupakan bisnis yang menjanjikan seperti yang di jelaskan di Warung kopi, bisnis menjanjikan sepanjang masa.

Potensi Bisnis Warung Kopi
Sudah dapat di duga dengan tumbuhnya bisnis baru warung koopi ini memiliki potensi bisnis yang cukup besar. Didukung dengan potensi kopi lokal yang memiliki citarasa yang diakui pasar internasional membuat lahan bisnis warung kopi di Indonesia masih sangat menjanjikan. Peluang usaha ini terbukti berhasil diwujudkan oleh pelaku bisnis di Indonesia, buktinya banyak orang berebut pasar untuk mencoba lahan bisnis warung kopi.

Nah,bagi sahabat pembaca yang ingin mencoba mencoba bisnis warung kopi sebagai patokan dan arah permulaan bisnis ini bisa mencoba dengan 7 Cara Membuka Bisnis Kedai Kopi di bawah ini :

1. Bekalilah dirimu dengan dasar-dasar pengetahuan tentang kopi dan ciri khas setiap jenis kopi selain itu juga memahami cara dasar membuat secangkir kopi yang enak diminum. Ingat membuka usaha warung kopi tidak semudah menyeduh kopi dan gula dalam gelas seperti warung kopi pinggir jalan. Bisa saja anda mempekerjakan barista profesional jika modalmu besar tapi setidaknya anda punya ilmu dasar tentang seluk beluk kopi.

2. Ketahuilah siapa pesaingmu dan cara mereka berpromosi dan merebut perhatian konsumen dan masyarakat. Jangan terlalu sibuk dalam membuat kopi. Agendakan waktumu secara rutin mengunjungi coffeeshop paling trend di kotamu, cari tahu menu kopi andalan yang disajikan, harga yang ditawarkan dan cara pelayanan mereka pada setiap konsumennya. Menambah pengetahuan tentang pesaing bisnis kopi adalah hal yang wajib anda ketahui.

3. Tambah wawasan dirimu tentang bisnis kopi secara online. Mencari inspirasi dengan browsing konsep coffeeshop yang lagi trend dan hits di luar negeri lewat bantuan Google, Yahoo dll. Banyak faktor yang membuat keberhasilan kedai dan warung kopi selain secangkir kopi, tempat yang nyaman dan tampilan warung kopi yang unik juga bisa menjadi salah satu daya tarik.

4. Gali pengetahuan dan wawasan mengenai Kopi lokal Indonesia. Indonesia memiliki banyak citarasa kopi, kopi aceh, kopi luwak, kopi gayo, kopi lampung, dan masih banyak jenis kopi lainnya. Cari tahu tentang kekayaan kopi di negerimu. Wawasan dan pengetahuan tentang kopi wajin anda ketahui sebelum memulai usaha warung kopi dan mengenal seluk beluk tentang biji kopi itu sendiri. Ingat setiap jenis kopi memiliki cara penyeduhan yang berbeda.

5. Sebelum Memulai pastikan anda memiliki target pasar yang jelas sebelum mengeluarkan modal habis-habisan untuk mewujudkan konsep kedai kopi impianmu. Ingat, Tidak semua orang akan menyukai konsep kedai kopimu. Selanjutnya selaraskan konsep warung kopi tersebut dengan target pasar yang kamu bidik.

6. Cari cara untuk promosi kedai kopi yang paling tepat. Setelah penentuan segmen pasar, konsep bisnis sudah matang, selanjutnya cari cara mendatangkan banyak konsumen. Bisa saja anda memulainya dengan membuat event-event seru untuk launching warung kopi, memanfaatkan juga social media untuk mempublikasikan event serumu. Misalnya saja dengan menggunakan instagram untuk mengabarkan tempat nongkrong baru yang seru.

7. Terakhir, buatlah pengunjung pertamamu menjadi ketagihan untuk kembali ke warung kopimu dan secara tidak langsung menjadi pihak promosi berjalanmu ke orang-orang lain. Tentu hal ini terkait kualitas rasa kopi yang nikmat, penyajiannya, kenyamanannya, pelayanan pada pelanggan dan lain sebagainya. Contohnya adalah warung kopi Purnama, Warung kopi legendaris di Bandung sejak 1930.

Demikian ulasan mengenai prospek bisnis warung kopi dan cara bisnis kedai kopi masa kini yang sedang digemari masyarakat. Bisnis ini bukan sekedar warung kopi biasa dan tidak semudah membuat secangkir kopi. Persiapkan hal-hal kecil secara matang karena bisnis kedai kopi bukan sekedar menjual kopi tapi juga menjual suasana pendukung minum kopi.
Salam sukses.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PROSPEK BISNIS WARUNG KOPI DAN CARA BISNIS KEDAI KOPI