INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Penyebab Rem Motor Berdecit Nyaring Saat Diinjak

Penyebab Rem Motor Berdecit - Bagi anda pengguna sepeda motor pasti sering mengalami kejadian rem motor yang berbunyi nyaring. Suara rem motor berdecit dan membuat pemakainya merasa tidak nyaman. Kira-kira apa penyebab rem motor berdecit nyaring saat diinjak ketika kita mengerem mendadak ataupun mengurangi kecepatan sepeda motor kita? Berbahayakah bila hal ini kita diamkan? Tentu kita harus tahu penyebabnya dan cara mengatasi bunyi rem motor ini berdecit ketika digunakan. Selain menjadi suatu kekhawatiran juga jujur saja hal ini membuat malu pemakai sepeda motor tersebut. Koq berisik amat nih motor.

Cara mengatasi Rem Motor Berbunyi Nyaring Saat Diinjak


Beberapa orang kemungkinan acuh dengan masalah suara rem ini, alasannya sederhana saja karena mereka mungkin kurang mengerti mesin dan berpikir biasanya suara decitan tersebut nantinya akan hilang dengan sendirinya setelah dipakai beberapa lama. Hal ini jelas pemikiran yang salah. Lebih baik kita coba untuk memperbaikinya setelah kita  pelajari dulu beberapa penyebab rem berbunyi saat diinjak. Selain itu kita juga harus mengetahui cara mengatasi rem motor berbunyi ini.

Apa Fungsi Rem Motor?
Rem adalah part atau bagian yang bertugas untuk mengatur dan menahan kecepatan berkendara sekaligus juga berperan menjaga kenyamanan dan keamanan pengendaranya, karena kita harus berusaha agar rem motor selalu berada dalam kondisi terbaik.

Jenis Rem Motor
Masalah rem berisik saat digunakan bisa terjadi baik itu pada sepeda motor, matic, mobil bahkan sepeda gunung. Ada dua jenis rem yaitu tromol dan cakram, rem berdecit bisa muncul di keduanya dan biasanya sumber permasalahnnya sama.

Kotoran yang Masuk Pada Rem Motor
Penyebab yang paling sering terjadi dan mudah untuk di atasi. Ketika seseorang berkendara saat hujan, di jalanan yang becek atau berdebu bisa saja ada kotoran yang masuk dan menempel pada piringan cakram/ kampas tromol. Selain itu bisa kotoran juga dari serbuk serbuk halus yang muncul setelah berkali kali terjadi gesekan selama pengeraman.


Cara Memperbaiki Bunyi Berdecit Pada Rem 
Cara menghilangkan bunyi berdecit pada rem dapat dilakukan dengan membuka rem lalu membersihkannya. Jika kotoran belum menempel kuat cukup disemprot dengan udara tekanan tinggi, jika belum teratasi bisa mengunakan amplas.

Kampas Rem Tipis
Kampas tromol yang sudah mulai habis/ tipis juga bisa menimbulkan suara berdecit tersebut. Jika ini penyebabnya mau tidak mau harus menggantinya dengan yang baru, sebaiknya pilih produk yang berkualitas agar lebih awet.

Disc Brake Aus
Disc brake/ piringan rem lebih cepat aus (tidak rata/ tipis) jika anda menunda-nunda untuk menganti kampas yang sudah tipis. Piringan yang sudah tidak rata bisa juga menimbulkan suara berdecit meskipun kampasnya baru.

Untuk menghilangkan bunyi saat rem diinjak maka anda harus menganti Disc Brake yang sudah aus dengan yang baru, tentunya harga cukup mahal apalagi kalau membeli yang origisinil. Namun jika piringan masih tebal bisa dilakukan pembubutan saja agar rata kembali. Oya bagi yang tangki motornya bocor dapat mengatasi sesuai yang yertulis di artikel Cara efektif menangkal sendiri tangki motor bocor

Demikianlah  Penyebab rem motor Berdecit nyaring saat Diinjak, Bila anda bingung cara mengatasinya harus bagaimana maka lebih baik anda bisa langsung membawanya ke bengkel terdekat. Khususnya Bengkel resmi Merk Motor tersebut. Jangan pernah menganggap sepele masalah rem karena hal ini terkait erat dengan keselamatan pengendaranya.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Rem Motor Berdecit Nyaring Saat Diinjak