INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Analisa Usaha Ternak Ayam Kampung Untung Besar

Peluang usaha di bidang peternakan termasuk pada bidang usaha produksi. Dimana kita akan beternak hewan sampai hewan itu bisa menghasilkan atau bisa kita jual pada umur tertentu. Silahkan sobat survey pada masyarakat mana yang lebih enak ayam kampung atau ayam negeri? Hasilnya pasti ayam kampung lebih enak rasanya. Jadi jangan heran kalau tak sedikit masyarakat yang gemar mengkonsumsi daging ayam kampung. Hal ini mendorong banyak peternak ayam kampung yang tertarik untuk tetap produksi dan mengembangkannya. Dibawah ini ada analisa usaha ternak ayam kampung untung besar yang bisa anda coba. Beternak ayam kampung tujuannya untuk dijual sebagai ayam pedaging. Kelebihannya adalah ayam kampung relatif lebih tahan terhadap penyakit.dan mudah pemeliharaannya. Selain itu harga jualnya mantap masbro!



PELUANG USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG UNTUNG BESAR

Konsumen Ayam Kampung
Konsumen untuk daging ayam kampung adalah masyarakat luas, bahkan ada orang-orang yang fanatik hanya ingin makan ayam kampung dibanding ayam broiler. Jangan kuatir untuk pemasarannyakarena banyak sekali konsumen yang suka daging ayam kampunglihat saja banyak sekali rumah makan dan restoran yang menggunakan ayam kampung sebagai menu andalan mereka. Jadi selain bisa kita jual langsung pada konsumen, para peternak ayam juga bisa menjualnya pada pengusaha rumah makan yang membutuhkan ayam kampung dan menjalin kerja sama jangka panjang dengan mereka.

Memulai Bisnis Ayam Kampung
Sebelumnya alangkah baiknya anda memulai dengan banyak membaca literatur, buku-buku tentang ayam kampung untuk menguasai ilmu dasar dari bisnis yang anda akan geluti dan selanjutnyaanda bisa melanjutkan dengan ikut pelatihan beternak ayam kampung. Mari kita coba bahas langkah-langkah memulai usaha bisnis ternak ayam kampung dengan langkah sebagai berikut :
  1. Pertama coba tentukan tempat usahanya terlebih dahulu. Syaratnya tempat peternakan ayam kampung adalah yang jaraknya tidak terlalu dekat dengan rumah tetangga sehingga bau kotoran ayam tidak mengganggu tetangga sekitar.
  2. Kedua, Buatlah kandang ayam kampung yang praktis dan sesuai dengan kebutuhan. Kandang ayam bisa dibuat dengan model kandang postal yaitu model kandang yang tidak mempunyai halaman pengumbaran. Jadi setiap harinya ayam kampung berada di dalam kandang ayam yang beralaskan sekam padi atau bisa juga serutan kayu.
Keuntungan Bisnis Ternak Ayam Kampung
Peluang bisnis ternak ayam kampung mempunyai prospek bisnis yang lebih baik jika dibandingkan dengan beternak ayam broiler ataupun jenis unggas lainnya. Beternak ayam kampung memiliki beberapa kelebihan diantaranya.
  1. Ayam kampung memiliki cita rasa daging yang lebih enak dan gurih dibandingkan dengan ayam pedaging. Sehingga, tidak aneh jika daging ayam kampung memiliki banyak penggemar dan selalu ada konsumen yang membutuhkannya meskipun harga ayam pedaging harganya juga lebih murah.
  2. Ayam kampung mempunyai harga jual yang lebih tinggi dibandingkan ayam broiler. Hal itu dikarenakan ayam kampung memiliki masa panen yang lebih lama selain itu rasa dagingnya yang lebih gurih membuat ayam kampung memiliki harga yang stabil dan lebih tinggi dibanding ayam broiler.
  3. Ayam kampung lebih tahan terhadap penyakit sehingga peluang kematian lebih berkurang dan menjadi faktor keuntungan yang besar karena bisa memanen ayam kampung dengan hasil yang lebih besar.
  4. Kesehatan Ayam kampung lebih baik dibandingkan dengan ayam broiler sehingga tidak menyulitkan peternak untuk memelihara dan mengembangkannya. Selain itu kandungan gizi dalam ayam kampung lebih baik dan kadar lemaknya lebih rendah sehingga aman untuk dikonsumsi.
Hambatan Bisnis Ternak Ayam Kampung
Kendala atau hambatan yang pasti dihadapi peternak manapun adalah serangan penyakit. Jika Ayam Kampung sudah terkena penyakit pastinya kerugian akan menjadi ancaman besar dan kerugian besar akan menjadi resiko bagi peternak ayam kampung. Karena ayam yang mati karena penyakit tidak bisa dijual kan? Ayam tersebut harus dimusnahkan dan dikubur. Selain itu, ada kendala lain yang perlu anda perhatikan misalnya saja :

DOC Bibit ayam kampung unggulan - Bisnis ternak ayam kampung

  1. Pertumbuhan ayam kampung yang lambat jika tidak menggunakan Day Old Chick (DOC) atau anak ayam yang unggul.
  2. Tingkat keseragaman pertumbuhan yang berbeda-beda atau tidak seragam juga menjadi kendala dalam usaha tersebut.
  3. Terbatasnya kesediaan DOC unggul.
Strategi Pemasaran Bisnis Ayam Kampung
Strategi pemasaran untuk bisnis ayam kampung bisa dimulai dengan mengabarkannya pada relasi dan kerabat terdekat anda dulu bila skala produksi masih kecil. Selain itu anda juga bisa mendatangi pemilik kios pemotongan ayam dipasar untuk bekerja sama. Selanjutnya bisa mengunjungi rumah makan goreng ayam, restoran yang yang menyediakan menu-menu makanan berbahan dasar ayam kampung. Selain itu anda bisa secara kreatif mengiklankannya di surat kabar, sosial media, internet dan lain-lain. Suatu bisnis pasti akan dikenal orang bila kita rajin promosikan.


Masalah pengadaan bibit ayam kampung yang berkualitas dan unggul anda sebagai pelaku usaha juga bisa menjalin kerjasama dengan dinas peternakan setempat. Perbanyak relasi dan negosiasi dengan pihak-pihak yang memang rutin membutuhkan pasokan dagisng ayam buat usaha mereka.

Kunci Sukses
Kesuksesan dalam menjalankan usaha ternak ayam kampung tentunya dimulai dari anda sebagai pemilinya. Tekad dan niat untuk memulai adalah hal yang utama selanjutnya adalah seberapa jeli pegawai yang merawat dan juga mengurusi segala kebutuhan ayam. Misalnya saja seperti kualitas makanan untuk ayam, pemberian obat dan juga vitamin ketika ayam sakit, pemeliharaan kandang dll. Lakukan lobby-lobby penawaran di awal ternak oleh pelaku usaha kepada para pengusaha seperti tempat pemotongan ayam dan rumah makan atau restoran sebelum masa panen ternak ayam tiba.
  • Pastikan bahwa kebutuhan pakan dan minuman ayam selalu terpenuhi dengan baik.
  • Ramu atau racik pakan ayam sendiri dengan menggunakan limbah pertanian jika pelaku usaha atau peternak ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
  • Pasarkan ayam kampung dalam bentuk karkas atau dalam kondisi bersih sudah dikeluarkan jeroannya sehingga harga ayam kampung lebih tinggi.
Harga Ayam Kampung Update Januari 2017 
Contoh Harga Jual Pada Pedagang Pasar Di Bandung
Harga Ayam Kampung Hidup     Rp. 40.000 /kg
Harga Ayam Kampung Potong    Rp. 50.000 /kg
Bila diasumsikan anda menjual ayam hidup dengan rata-rata berat sebesar 1 kilogram maka analisa bisnisnya sebagai berikut.

Analisa Bisnis Ternak Ayam Kampung
Modal Usaha 
Kandang                                                                   Rp 2.500.000,00
Peralatan Ternak (alat makan, minum, terpal, pemanas) Rp 2.000.000,00+
Total                                                                        Rp 4.500.000,00

Biaya produksi per 2 bulan
DOC 1.000 ekor @ Rp 7.000,00         Rp 7.000.000,00
Pakan dan minum                              Rp 10.000.000,00
Obat dan vitamin                               Rp 1.000.000,00
Tenaga kerja 1 orang Rp 600.000/bln   Rp 1.200.000,00 
Penyusutan dan biaya-biaya                Rp 2.000.000,00+
Total biaya produksi                          Rp 21.200.000,00

Pendapatan dan Keuntungan
Penjualan ayam 950 ekor x Rp 40.000,00 = Rp 38.000.000,00
Keuntungan = Pendapatan – Biaya Produksi 
Rp 38.000.000,00 – Rp 21.200.000,00 = Rp 16.800.000,00 

Demikianlah kurang lebih analisa usaha ternak ayam kampung dengan untung besar yang bisa anda dapatkan. Keuntungan bersihnya bila dirata-ratakan adalah sebesar Rp. 8.400.000 / bulan. Lumayan juga bukan? Keuntungan diatas bisa lebih besar bila harga jualnya lebih tinggi dan bobot ayamnya lebih dari 1 kilogram tentu keuntungannya akan lebih besar lagi yang bisa anda dapatkan. Selain itu anda bisa membaca Profil Sukses Pengusaha bisnis telur ayam sebagai bahan inspirasi bagi anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Analisa Usaha Ternak Ayam Kampung Untung Besar