INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Cara Efektif Menambal Sendiri Tangki Motor Bocor

Cara Mudah Menambal Tangki Motor Bocor - Wahai pemilik motor rada besar yang suka pake motor kopling semacam New Vixion,  new mega pro, Tiger atau motor lama seperti Honda  GL Pro, Binter, RX King tentunya pernah mengalami masalah dengan motornya. Salahsatunya adalah masalah Tangki Motor setelah sekian lama ada beberapa kasus yang menjadi bocor. Kenapa demikian? Karena biasanya tangki yang langsung berhubungan dengan luar membuatnya lebih rentan rusak dibandingkan motor dengan tangki berada di bawah jok. Ada cara efektif menambal sendiri tangki motor bocor dengan cara yang murah dan mudah. Andapun bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan mekanik profesional.

Cara menambal sendiri Tangki motor becar dengan mudah

Service Tangki Motor Bocor
Umumnaya bila tangki motor bocor cara menambal tangki motor bocor yang paling cepat dan mudah adalah langsung membawanya ke tukang ketok magic ataupun las. Cara menambalnya mereka akan mengatasi lubang pada tangki juga akan mengecat ulang sehingga jadi seperti baru lagi. Dan eng ing eng.. motor jadi kinclong lagi tapi tentunya dengan biaya yang tidak sedikit.

Cara Menambal Tangki Motor Bocor
Tahukah anda bahwa kebocoran pada tangki motor bisa diatasi dengan trik alternatif dengan bahan dan alat yang sederhana pula. Meskipun begitu hasilnya tidak mengecewakan, cukup tahan lama sambil menunggu dapat duit buat beli tangki baru.

Bahan utama yang digunakan sebagai penambal adalah lem super. Agar lebih bisa kuat bisa ditambahkan bahan seperti bedak halus ataupun tanah kering. Perpaduan kedua bahan ini menciptakan tambalan yang melekat kuat pada tangki.

Alat dan Bahan Penambal:
  • Lem super
  • Bedak
  • Kertas
  • Amplas
  • Kain lap
  • Isolasi

Cara Menambal Tangki Motor yang Bocor:

Pertama pisahkan tangki motor dari bodi. Cari letak dimana terdapat bensin yang rembes, tandai dengan isolasi. Biasanya kebocoran tidak hanya terjadi pada satu titik saja, cari semua lubang bocor.
Keluarkan semua bensin yang masih ada di dalam tangki motor. Tujuannya agar nanti lem bisa masuk ke dalam bagian yang rembes, tidak terhalangi bensin.

Bersihkan sekitar tangki yang telah ditandai tadi, gunakan lap kering. Kalau ada kotoran membandel bisa memakai amplas..


Gunakan lem super tepat pada bagian yang berlubang, taburkan bedak di atasnya. Ratakan dengan sobekan kertas agar kedua bahan menyatu. Diamkan semenit biar lebih kering.

Tambahkan lagi lem super dan bedak untuk memastikan lubang sudah tertutup.
Setelah kering pastinya tambalan terlihat timbul, untuk mengatasinya bisa diamplas hingga halus.
Bersihkan dengan kain lap lalu tinggal dicat kembali dengan warna sesuai tangki.


Bahan lain yang bisa digunakan adalah cairan resin dan hardener, total biaya yang dikeluarkan sedikit lebih mahal daripada cara di atas. Hasilnya juga sedikit lebih baik karena tidak merusak tambalan tangki luar.

Caranya cukup kuras bensin lalu masukkan campuran cairan resin + harderner ke dalam tangki. Goyang-goyangkan tangki agar resin melapisi semua bagian tangki. Tinggal dijemur di bawah sinar matahari langsung hingga kering.

Cara menambal tangki motor di atas hanya bisa dilakukan jika bocornya cuma rembes dengan lubang kecil saja. Untuk tangki yang bolong besar maka mau tidak mau harus ditambal dengan las. Jika terlalu parah maka mau tidak mau ganti dengan yang baru.

Agar tangki motor tidak rentan bocor, kita pahami dulu kenapa bisa muncul lubang pada tangki. Kebocoran tersebut muncul karena bagian dalam tangki yang berkarat. Karat biasa disebabkan oleh bahan bakar yang bercampur air ataupun air hujan yang rembes ke dalam tangki. Terkadang tangki yang jarang diisi full pun bisa menyebabkan karat pada ruang yang jarang terpakai.

Begitulah Tips singkatl tentang Cara efektif Menambal sendiri Tangki Motor Bocor dengan mudah dan murah. Nila diniarkan tangki bocor ini akan membuat boros bensin karena airnya rembes atau menguap. Selain itu juga berbahaya bisa menimbulkan kebakaran jika terkena percikan api rokok misalnya. Bisa-bisa anda kebakaran. Jadi berhati-hatilah



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Efektif Menambal Sendiri Tangki Motor Bocor