INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Cara Memperbaiki Rantai Motor Berdasarkan Suaranya Kretek-kretek Atau Gredek-gredek

Cara Memperbaiki Rantai Motor Berdasarkan Suaranya - Bagi sobat pembaca yang memiliki motor bertipe gear rantai besi (non matic) tentunya sering mengalami masalah ini. Sering kali pada saat kita sedang memakai motor tersedengar suara rantai yang cukup mengganggu telinga dan bila dibiarkan biasanya akan timbul masalah di kemudian hari atau bahkan saat itu juga. Bagi sobat yang sedang memerlukan tips cara memperbaiki rantai motor berdasarkan suaranya kretek-kretek atau gredek-gredek bisa memperbaikinya sendiri sampai beres. Kenapa berdasarkan bunyinya? Ya karena tiap bunyi menunjukan masalah yang berbeda pada rantai motor tersebut.

Tips membaiki rantai motor yang berbunyi

Suara rantai yang bermasalah tersebut baik motor kita sendiri ataupun motor orang lain bisa terdengar jelas bila sedang kita pakai di jalanan. Suaranya biasanya cukup berisik dan membuat kurang nyaman pengendaranya. Alangkah malunya bila suaranya kletek kletek tersebut bisa terdengar oleh pengendara lain, hal ini membuat kesan bahwa kita adalah tipe orang yang tidak mau merawat motor sendiri alias jorok.

Bukannya berlebihan bahwa ada anggapan masalah rantai motor bunyi ini Cuma masalah sepele saja namun sebaiknya secepatnya kita mereparasi rantai motor yang bunyi. Rantai adalah salah satu bagian penting untuk menggerakkan motor, jika kerusakan terjadi maka tidak hanya membahayakan si pengendara tapi juga orang di sekitarnya.

Cara Memperbaiki Rantai Motor Yang Berbunyi
Pertama-tama cobalah cari tahu dulu penyebab dari permasalahan ini. Pendeteksian kerusakan bisa dilakukan dengan mendengar bunyi yang muncul. Deteksi dini perlu dilakukan agar kerusakan tidak menyebar sehingga menimbulkan kerugian yang lebih besar.

Suara Besi Beradu, Kretek Kretek
Hal yang paling sering terjadi adalah suara besi yang beradu, penyebabnya adalah rantai motor yang kering. Segeralah memberikan pelumas rantai atau sekedar oli/ minyak biasa, pasalnya jika dibiarkan kering begitu saja maka dapat mempersingkat umur pemakaian dari rantai dan gear

Suara Kratak-kratak, Kadang Laju Tersendat-sendat
Terkadang laju motor akan tersendat-sendat apalagi ketika berganti gear, hal ini dapat disebabkan rantai yang mulai kendor. Cara memperbaikinya cukup dikencangkan saja, jika sudah aus maka segera diganti saja dengan yang baru.

Baca juga artikel sebelumnya : Modifikasi Sepeda motor Berbahan bakar Elpiji

Suara Gredek-Gredek Terutama Saat Melaju Pelan
Mungkin laju motor bisa terasa tersendat dan terdengar suara gredek-gredek yang tidak teratur. Hal ini diakibatkan rantai yang kadang kencang tapi kadang juga kendor. Penyebab utamanya adalah gear yang oleng ataupun abrasi yang tidak sama. Sebaiknya segera dibawa ke bengkel untuk disetel ulang

Jika memang rantai dan gear sudah aus maka disarankan untuk menganti keduanya dalam waktu bersamaan. Karena dengan memakai satu set langsung pasti rantai bisa pas sekali dengan gear sehingga membuat motor melaju lebih lancar. Harganya memang lebih mahal apalagi jika membeli merk orisinil.

Demikianlah artikel sederhana tentang Cara Memperbaiki Rantai Motor berdasarkan bunyinya Kletek Kletek atau gredek-gredek. Judulnya panjang dan tapi cukup mewakili isi artikel ini. Oya Jagalah kondisi motor anda, karena rantai yang sudah aus atau kurang pas pengaturannya bisa membuat masalah saat di perjalanan. Copot atau  putus di tengah jalan. 



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memperbaiki Rantai Motor Berdasarkan Suaranya Kretek-kretek Atau Gredek-gredek