INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Cara Membersihkan Karat Knalpot Motor Yang Membandel

Cara Membersihkan Karat Knalpot Motor - Sudah menjadi hukum alam bahwa besi yang terkena hujan dan panas lama kelamaan akan karatan. Biasanya dengan cara mengecat besi akan memperlambat karat pada besi tapi itu juga tidak akan bertahan lama. Bagaimana dengan karat yang  terjadi pada knalpot motor? Pasti kesal kan? Di cuci dan dilap tidak menjamin karat akan bersih. Bagaimana cara membersihkan karat knalpot motor yang membandel tersebut/ Bagi anda yang ingin tuntas menghilangkan karat knalpot motor sampai bersih di bawah ini ada tipsnya. Tips mengatasi knalpot karatan dan membersihkannya sampai kinclong kembali. Tunggu apa lagi cepat kita bersihkan karat ini jangan sampai knalpot kita terkikis karat dan jadi bolong. Repot kan?


Bagaimana Knalpot bisa jadi Karatan?

Knalpot motor biasanya part bagian motor yang paling sering dan mudah kotor. Biasanya dari air hujan, lumpur dan debu yang menempel. Karena lama tidak di cuci maka kotoran tersebut lama kelamaan menjadi karat di besi knalpot tersebut. Pada tahap awal mungkin masih bisa kita bersihkan itu juga bila kita rutin dan tidak telat mencuci motor kita. Jadi untuk pencegahan knalpot motor tidak karatan adalah kia harus rutin mencuci motor kita minimal seminggu 2 kali apalagi di musin hujan.

Cara Membersihkan Karat Pada Knalpot

Ada dasar alasan kenapa kita harus segera membersihkan karat pada knalpot adalah sifat karat yang auto katalis. Dimana satu titik karat yang terbentuk pada suatu batang logam akan membantu mempercepat munculnya karat berikutnya. Titik karat awal akan menyebar dan mmbesar menjadi noda karat yang permanen.

Sama halnya karat pada besi lainnya, jika pengaratan sudah parah maka tidak mungkin membuat knalpot tampil kinclong seperti sedia kala. Pasti ada bekas yang membuat penampilan motor jadi kurang sempurna. Inilah asalan kenapa kita harus membersihkan karat secepatnya.

Pertama kita siapkan bahan berupa cairan untuk menghilangkan karat, bahan yang digunakan bisa dibilang alternatif karena bukan cairan khusus karat,
  • Oli Bekas
  • Cairan Porselen (pembersih kloset)
Cairan pembersih toilet ini cukup keras, bisa memudarkan cat bodi motor. Oleh karena itu anda harus sangat berhati-hati ketika memakainya. Cairan lain yang konon bisa membersihkan karat pada knalpot motor adalah campuran antara pertamax plus dan minyak tanah dengan perbandingan 2 : 1.

Selanjutnya kita memerlukan alat untuk mengikis karat secara langsung,
  • Kuas
  • Pisau tumpul
  • Amplas
  • Sikat gigi bekas
Cara menghilangkan karat knalpot
  1. Nyalakan motor lalu panaskan mesin selama 15 dengan tujuan agar suhu knalpot sedikit panas sehingga lebih mudah eksekusi
  2. Masih dalam keadaan motor menyala, oleskan oli bekas secara merata pada bagian berkarat menggunakan kuas. Fokuskan perhatian pada bagian leher knalpot dan baut dimana paling sering berkarat.
  3. Diamkan beberapa menit dan biarkan oli bekas tersebut menguap, selanjutnya lakukan pengolesan ini 3 sampai 4 x. Setelah itu matikan mesin motor.
  4. Gunakan pisau atau besi untuk mengikis bagian berkarat
  5. Saat karat terlihat mulai mengelupas, oleskan cairan pembersih kloset dan diamkan sekitar 30 menit. Cairan ini akan mengikis dan mengikat karat.
  6. Basuh dengan air hingga knalpot bersih
  7. Selanjutnya gosok titik titik karat yang tersisa dengan amplas, lakukan gosokan kecil agar tidak meninggalkan terlalu banyak baret baret halus.
  8. Bersihkan dengan sikat gigi bekas dan siram dengan air sekali lagi.
  9. Lap dengan kain kering dan lihatlah hasilnya! Tidak ada salahnya menggunakan pengkilap motor biar lebih kinclong.
Baca juga: Peluang Usaha Jual Beli Motor Bekas

Pada dasarnya karat yang ada di knalpot tidak akan muncul begitu saja, pemicu utama kemunculannya adalah cuaca, debu dan kotoran. Motor yang notabene setiap hari terkena hujan ataupun panas akan aus juga. Lapisan anti karat pada knalpot pasti akan terkelupas dan selanjutnya terjadi reaksi antara kimia besi dan air hujan yang selanjutnya memunculkan karat.

Agar tidak terjadi karat ada baiknya knalpot dan bodi motor dilap jika mulai terlihat kotor. Bolehlah diberi lapisan pengkilap motor dengan silicon untuk melindungi dari debu dan panasnya matahari. Terakhir yang perlu dilakukan adalah segera cuci motor jika kehujanan di jalan. Air hujan inilah yang memunculkan karat pada besi motor.


Demikianlah Cara Membersihkan Karat Knalpot Motor Membandel sampai tuntas. Seandainya karat tersebut sudah terlalu parah, setelah bersih alangkah baiknya anda mengecat kembali atau cat krom lagi besi knalpot tersebut sehingga knalpot motor menjadi terlindungi lagi dari karat baru.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membersihkan Karat Knalpot Motor Yang Membandel