INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Tertarik Bisnis Waralaba? Ini Strategi Memulai Usahanya

Loading...

Memulai Bisnis Waralaba - Beberapa kali admin bertemu dan diskusi dengan beberapa pebisnis waralaba (biasa juga disebut bisnis franchise) yaitu yang menjalankan usaha waralaba. Ada yang bisnis waralaba ayam goreng, minuman dingin dan juga bisnis lainnya. Dari hasil obrolan tersebut ada beberapa hal yang bisa ditarik kesimpulan bagaimana mereka memulai usahanya dan sukses dalam berbisnis. Tertarik Bisnis Waralaba? Ini strategi memulai usahanya. Seperti biasa ada langkah-langkah dan pemikiran dan pertimbangan yang harus dilakuka diawal pemilihan usaha. Segala sesuatu harus direncanakan dan dihitung secara matang bukan?

Strategi memulai bisnis waralaba

Survey Dan Evaluasi Bisnis Waralabanya
Usahakan mencari informasi sebanyak banyaknya tentang waralaba yang akan anda pilih, anda bisa memilih bisnis waralaba yang sesuai dengan minat anda, misalnya minat anda di seputaran makanan, maka usahakan memilih waralaba makanan, kenali juga sejarah dari waralaba yang akan anda pilih, apakah gerainya sudah banyak dan tersebar di berbagai daerah, usahakan cari waralaba yang usianya sudah lebih dari 4 tahun, dengan begitu anda sudah tahu bahwa waralaba tersebut sudah teruji waktu. Dan anda bisa menanyakan biaya dari joint sebagai mitra bisnis mereka , jika terjangkau oleh budget anda maka anda bisa meneruskan ke langkah selanjutnya.


Cara Mengatur Usaha Waralabanya
Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam memulai prospek bisnis tahun 2016 adalah bagaimana cara anda mengatur manajemennya, meskipun dari pihak pemilik waralaba sudah ada standar operatingnya ( S.O.P) anda juga harus memperhatikan hal lain seperti sdm nya, jika anda yang akan menjaga gerai tersebut sendiri maka tidak ada masalah dengan SDM nya, anda tinggal pintar pintarnya mengatur menajemen penjualan dan manejemen keuangannya, tetapi jika anda mencari orang lain untuk mengelola gerai anda , anda harus menanamkan sikap jujur kepada karyawan anda tersebut, dan sikap sabar dalam melayani para pembeli adalah service terbaik dari karyawan anda kepada para pelanggan.

Pemilihan Lokasi Usaha Yang Tepat
Dari segi penjualan, yang perlu di perhatikan adalah pemilihan lokasi atau tempat anda berjualan, usahakan memilih lokasi penjualan di tempat keramaian, misalnya di depan pusat perbelanjaan, halaman Indomaret atau Alfamart, dengan pemiliha lokasi yang tepat maka potensi penjualannya juga akan semakin besar, dari segi promosi pada awal awal pembukaan anda bisa menyebarkan brosur tentang jualan anda kepada setiap orang yang lewat, dan anda bisa memberikan promosi diawal pembukaan dengan potongan harga pada jam jam tertentu selama seminggu sampai sebulan, untuk menarik banyak pengunjung, setelah lewat masa promosi lakukan promosi inovatif lainnya, seperti beli 2 gratis 1 dan promosi inovatif lainnya, dengan begitu penjualan anda akan selalu stabil dan cenderung meningkat. Pemilihan lokasi yang tepat dari bisnis waralaba alias bisnis franchise ini tentunya akan mendapat keuntungan yang maksimal.


Pengembangan Usaha Waralabanya
Setelah di satu tempat anda bisa sukses mengelola sebuah waralaba maka anda bisa menduplikasikannya untuk gerai kedua, gerai ketiga dan gerai gerai selanjutnya. Didalam pengembangan waralaba yang lain anda bisa membuka gerai dengan waralaba yang sama atau anda bisa mencari peluang dari waralaba yang lain, tetapi dengan system manajemen yang sama dengan waralaba yang sebelumnya anda jalankan dan sukses, dengan menerapkan duplikasi yang sama maka anda akan menjadi seorang pengusaha yang sukses dengan bisnis waralaba.

Demikian trik dan strategi memulai usaha waralaba bagi anda yang ingin memulai usaha waralaba. Butuh tahapan  dari pemula sampai menjadi ahlinya di bidang bisnis waralaba, semoga bisa menjadikan ide bisnis kreatif di dalam benak anda dan bisa menjadi motivasi dan inspirasi dalam dunia bisnis sesungguhnya. Salam Sukses.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tertarik Bisnis Waralaba? Ini Strategi Memulai Usahanya