INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Belajar Dari Yunani Negara Yang Bangkrut Karena 1,5 miliar Euro Dari IMF

Yunani Bangkrut Hutang 1,5 miliar Euro - Sebuah Negara Maju ataupub negara besar ternyata bisa bangkrut juga. Baik dan buruknya suatu negara ditentukan baik dan buruk pemerintahannya. Sebuah negara bisa bangkrut gara-gara hutang luar negeri yang terlalu besar. Ada baiknya Indonesia Belajar dari Yunani negara yang bangkrut karena  1,5 miliar Euro Dari IMF (sekitar Rp. 22,5 Triliun). Untung ya Indonesia sudah lunas hutangnya pada IMF?. Hutang Indonesia pada IMF memang sudah Lunas di era SBY tapi jangan salah, Menurut catatan Bank Indonesia (BI) Utang Luar Negeri Indonesia sampai dengan November 2015 menembus angka US$304,6 miliar atau berkisar Rp4.234 triliun! Sebaiknya kita belajar dari kasus Bangkrutnya Yunani di Tahun 2015.

Yunani bangkrut karena Para Koruptor di Negerinya sendiri

Bangkrutnya Yunani Karena Hutang IMF

30 juni 2015 merupakan hari paling bersejarah bagi yunani. Negara berpenduduk 11 juta jiwa ini sudah memastikan tidak mampu membayar hutang senilai 1,5 miliar Euro atau sekitar Rp 22,5 Triliun terhadap IMF. Hal ini tentu mengejutkan dunia karena negara yunani termasuk negara maju. Dalam keanggotaan Uni Eropa yunani sebenarnya memiliki potensi yang menarik bagi investor. Namun krisis yang melanda eropa telah menjadikan ketidakpercayaan para investor terhadap keuangan dieropa khususnya di yunani.

Penyebab Yunani Pailit dan Bangkrut

Akibat pemerintah mengambil inisiatif menurunkan gaji pegawai, menaikan pajak, menunda dana pensiun dan memangkas anggaran militer demi meningkatkan cadangan devisa ternyata tidak membuat yunani bangkit dari keterpurukan. Namun ternyata yang membuat yunani bangkut adalah karena tingginya tingkat korupsi di negara ini di berbagai macam aspek. Sektor yang paling banyak dikorupsi yakni disektor pajak. Bagaimana tidak sektor ini terjadi kerugian sekita 30% sehingga mengakibatkan 30% dari pendapatan pajak hilang masuk ke kantong-kantong koruptor. Korupsi ada di mana-mana sehingga membuat negara itu sulit memeranginya.


Nah! Sekarang tahu kan betapa berbahayanya budaya Korupsi? Bahkan sebuah negara besar dengan penghasilan devisa yang seharusnya besarpun bisa jatuh terguling, bangkrut dan pailit dan dipandang rendah negara lain gara-gara kebiasaan Korupsi masyarakatnya. Kebiasaan korupsi ini sudah benar-benar mengakar dan mendarah daging, siapapun calon investor yang akan menginvestasikan modalnya akan berpikir sepuluh kali lipat untuk berinvestasi di negara seperti Yunani. Semoga Indonesia tidak akan mengalami nasib yang sama seperti Yunani.  



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Belajar Dari Yunani Negara Yang Bangkrut Karena 1,5 miliar Euro Dari IMF