INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Tips Menjawab Wawancara Kerja Dengan Benar Dan Pantas

Tips Wawancara Kerja – Sebenarnya ada beberapa gaya wawancara dalam suatu proses rekrutmen pekerjaan. Tapi disini admin menampilkan 13 pertanyaan dasar yang diungkapkan waktu wawancara kerja terjadi. Pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa menjawab dan bersikap dengan benar pada waktu wawancara. Di bawah ini ada Tips menjawab wawancara kerja dengan benar dan pantas dan mampu meningkatkan peluang untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut. Ingat proses wawancara 75% adalah penilaian subjektif. Bila anda menjawab sesuai harapan pewawancara maka interview ada bisa sukses dan diterima bekerja. Mari Kita bahas Cara menjawab wawancara kerja satu per satu.

Cara menjawab pertanyaan wawancara kerja baik dan benar

1. “OK, Terima kasih untuk kehadirannya. Saya sudah baca resume (CV) anda. Anda bisa ceritakan sedikit tentang diri anda?”

Menjawab pertanyaan seperti ini, anda harus siapkan jawaban yg tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang, maksimal 2 (dua) menit. Dimana ceritakanlah latar belakang pekerjaan sebelumnya beserta prestasi yg pernah diraih. Admin biasanya juga cerita sedikit latar belakang dan prestasi juga cerita tentang hobby (yang positif), juga sedikit tentang latar belakang pendidikan dan prestasi selama kuliah. Itu saja, Hal-hal yang tidak penting tidak perlu disebutkan.

2. “Kenapa anda ingin bergabung dengan kami?”

Jawablah pertanyaan ini dengan jujur, Misalnya “Setahu saya perusahaan merupakan perusahaan yg paling diminati karena suasana kerja yang kondusif” atau misalnya “Saya ingin menjadi bagian dari tim penjualan terbaik” atau “Saya ingin menjadi bagian dari perusahaan yg menjual produk terbaik” atau “Saya membutuhkan tantangan baru” dan lain sebagainya. Hindari jawaban yg seperti menjelekkan perusahaan sebelumnya seperti “Saya tidak cocok dengan bos saya”, “Saya tidak suka suasana kerja dikantor saya”. Tapi satu hal jurus rahasia saya, katakan “Karena saya benar-benar butuh pekerjaan untuk mencari nafkah “ Ini jawaban terbaik dan jujur yang biasa saya lontarkan.

3. “Kenapa anda mencari tantangan baru, apakah perusahaan anda yg sekarang membosankan buat anda?”

Pertanyaan seperti ini biasanya jebakan, jadi agan jangan terjebak untuk menjawab “Ya”, walaupun misalnya emang aslinya bosen. Jawaban yg tepat seperti, “Suasana di kantor saya sekarang cukup menyenangkan, akan tetapi saya ingin belajar lebih lanjut, meningkatkan kemampuan saya  di perusahaan ini dan mencapai prestasi yang lebih baik”

4. “Kenapa anda resign dari perusahaan sebelumnya? Apa motivasi anda untuk pindah kerja?”

Pertanyaan ini juga sama, anda harus menjawab dengan jujur tapitidak perlu terlalu vulgar mengungkapkan masalah pribadi seperti, “Gaji yg sedikit”. Jawablah dengan jawaban seperti yg saya tulis di poin no 2 atau 3.

5. “Anda punya banyak prestasi. Kalau menurut anda sendiri apa kelebihan dan kekurangan anda?”

Pertanyaan ini hampir selalu ditanyakan ketika interview. Pointnya adalah bagaimana cara anda menilai diri sendiri. Tiap orang punya prestasi tapi tiap orang punya kekurangan. Cara menjawabnya, cukup jawab dengan jujur yg bersifat perilaku positif misalnya saya pekerja keras, orangnya positif dan bisa bekerja sama dalam tim dengan baik.


Sebaliknya anda  juga harus bisa menilai kekurangan diri sendiri. Cukup sebutkan 3 kekurangan anda dengan jujur dan katakan juga anda sendiri sudah berusaha memperbaiki selama beberapa waktu terakhir. Tapi ingat, Jujur dalam artian tidak bikin ilfil. Biasanya admin jawab dengan, “Saya orangnya sangat excited dengan pekerjaan saya. Terkadang saya ingin pekerjaan saya selesai dulu sebelum saya pulang, jadinya ketika bekerja dalam tim saya berharap tim saya juga merasakan hal yg sama. Padalah orang lain punya prioritas yang berbeda”. Anda jangan jawab,”Saya orangnya malas.” Jawaban begitu artinya “Bye bye” anda tidak bakal diproses lebih lanjut.

6. “Apa yg bisa kamu berikan orang lain tidak bisa beri?”

Maksud pertanyaan ini apakah anda punya kelebihan yg unik yang tidak dimiliki karyawan pada umumnya. Jawab dengan jujur juga, karena biasanya Pewawancara bisa menilai sifat dari cara anda menjawab ketika interview. Admin sih biasanya jawab dengan,”Saya punya jiwa kepemimpinan dan dapat diandalkan. Banyak jawaban untuk pertanyaan ini yang penting bisa menjelaskan lebih detil seperti apa contohnya karena pasti akan ditanya lebih detil lagi.

7. “Apakah anda bisa bekerja sama dengan baik dalam satu tim? Bisa ceritakan suatu kondisi dimana anggota tim anda punya latar belakang yg berbeda-beda dimana anda harus beradaptasi ?”

Perusahaan membutuhkan orang yang pintar tapi perusahaan juga membutuhkan orang yang mampu bekerja sama. Biasanya orang yang pinter suka males kerja berkelompok dan rentan konflik. Untuk menjawab pertanyaan ini, anda harus menjawab “Iya”. Siapkan cerita detilnya tentang bagaimana anda mampu kerja dengan baik dalam satu tim yangg berbeda latar belakang.

8. “Apa pendapat anda tentang bos anda?”

Pertanyaan ini kuncinya ingin mengetahui apakah anda ada konflik dan bisa bekerja sama dengan baik dengan atasan anda. Misalnya menjawab dengan,”Atasan saya saat ini sangat baik, beliau mau mengajarkan berbagai hal kepada saya. Selain itu beliau juga cukup responsive ketika saya dan tim banyak bertanya mengenai pekerjaan. Hal yg perlu di improve dari atasan saya saat ini bahwa beliau tidak terlalu kuat analisisnya sehingga saya lebih banyak fokus membantu beliau untuk analisa beberapa hal.” Jawaban seperti ini cukup netral, hindari jawaban-jawaban yg menjelekkan atasan anda sebelumnya seperti, “Atasan saya sebelumnya ga becus”, atau seperti “Saya ga tahan kerja sama atasan saya yg sekarang karena pemarah dan bau ketek.” Hehehe

 9. “Berapa lama waktu yg anda perlukan untuk memberikan kontribusi jika anda anda diterima di perusahaan kami?”

Ini pertanyaan susah-susah gampang karena kita ga akan pernah tahu berapa lama kita bisa kontribusi selain kerja langsung disitu. Tapi biasanya kalau pekerjaannya sendiri pekerjaan yg anda sudah biasa lakukan biasanya dalam 1-3 bulan anda sudah bisa berkontribusi. Lain halnya kalau type pekerjaannya berbeda, anda cukup memberikan janji diatas 3 bulan akan mampu memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

10. “Jika anda di terima, anda memiliki rencana berapa lama anda akan berada di posisi ini?”

Pertanyaan ini sudah pasti mau memastikan apakah ada rencana untuk pindah dalam waktu dekat. Saya sendiri akan menjawab dengan,”Selama saya bisa berkontribusi diperusahaan ini dan terus Belajar saya melihat diri saya bisa dalam waktu yg cukup lama di perusahaan ini.” Jawaban seperti itu adalah jawaban netral dan bisa diterima cukup baik oleh orang yg interview anda. Jangan memberi jawaban,”saya ga berencana lama”, atau “Tergantung, kalau ada perusaahaan lain bayar saya lebih baik saya pasti langsung pindah.” Ini sih namanya siap-siap dirobek CV-nya beres wawancara.

11. “Berapa gaji yg anda harapkan?”

Saran saya dari awal anda kerjain PR ini dengan cari tahu berapa gaji yg diposisi tersebut.  Bisa tanya sama temen-temen anda  yang mungkin ada kenalan di perusahaan itu. Cukup range gaji saja sudah ok. Dan ketika ditanya sewaktu interview sebisa mungkin anda tidak sebut angka duluan. Anda bisa Tanya kembali orang yg interview,”Berapa gaji yg ditawarkan untuk posisi ini?” Biarkan orang yg interview yang jawab duluan mengenai gaji.

12. “Apakah anda melamar perusahaan lain selain disini?”

Untuk menjawab pertanyaan ini saran saya anda harus jujur. Tapi siapa tahu nih anda melamar pekerjaan sampai 20 perusahaan. Anda cukup Kasih tahu misalnya lagi diproses di 1-2 perusahaan lain. Biasanya pertanyaan ini akan ditanyakan diakhir interview. Tujuannya untuk mengetahui seberapa serius anda mencari pekerjaan. Apalagi kalau anda merasa interview anda berjalan lancar, ada kemungkinan orang yg interview anda mau mastiin apa mereka bisa cukup cepat menyelesaikan seluruh proses rekrutmen.

13. “Apakah ada hal yg ingin anda tanyakan?”

Biasanya ini pertanyaan penutup. Orang yg interview mau mastiin anda juga punya persiapan mengenai perusahaan ,posisi ataupun bisnis mereka. Saran saya sih anda harus setidaknya bertanya 1-2 pertanyaan bermutu untuk memberikan kesan anda sudah persiapan sebelumnya. Biasanya saya bertanya mengenai posisi persisnya yg sedang dicari. Atau mengenai kondisi bisnis atau produk dari perusahaan tersebut.

Demikian 13 Basic atau dasar pertanyaan-pertanyaan saat interview atau wawancara kerja. Pertanyaan-pertanyaan diatas bisa berkembang menjadi beberapa point pertanyaan lagi seperti contoh kasus dll. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi pembaca prospekbisnis.com.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Menjawab Wawancara Kerja Dengan Benar Dan Pantas