INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Paradoks Indiana Jones dan Pinokio – Paradoks Unik Dan Aneh

Loading...

Logika Paradoks - Logika memiliki jebakannya sendiri-sendiri. Misalnya saja karena cara berpikir kita biasa runut pada sebab akibat dan matematis. Banyak sekali ungkapan-ungkapan teori yang menghasilkan suatu pernyataan paradoks. Misalnya saja 2 contoh berikut ini. Paradoks Indiana Jones dan Pinokio – Paradoks unik dan aneh yang membuat kita bingung bagaimana kesimpulan dari hasil akhirnya. Lah ngomong-ngomong tentang paradoks pada ngerti ga ya apa paradoks itu. Oke mari kita bahas plus paparan Paradoks Pinokio dan Paradoks Indiana Jones di bawah ini.

Penjelasan Teori Paradoks

Penjelasan Teori Paradoks
Paradoks adalah suatu situasi yang timbul dari sejumlah premis (apa yang dianggap benar sebagai landasan kesimpulan kemudian dasar pemikiran alasan, asumsi, kalimat atau proposisi yg dijadikan dasar penarikan kesimpulan di dl logika), yang diakui kebenarannya yang bertolak dari suatu pernyataan dan akan tiba pada suatu konflik atau kontradiksi.

Sebuah 'paradoks' adalah sebuah pernyataan yang betul atau sekelompok pernyataan yang menuju ke sebuah kontradiksi atau ke sebuah situasi yang berlawanan dengan intuisi. Biasanya, baik pernyataan dalam pertanyaan tidak termasuk kontradiksi, hasil yang membingungkan bukan sebuah kontradiksi, atau "premis"nya tidak sepenuhnya betul (atau, tidak dapat semuanya betul). Perkiraan yang tak diutarakan di paradoks yang dikenal sering kali menuju ke peningkatan dalam sains, filsafat, dan matematika. Makin bingung kan .. Oke langsung aja pada contoh kisah berikut ini.


Kisah Paradoks Pinokio
Sudah tahu cerita Pinokio kan? boneka kayu yang hidungnya panjang, setiap kali berbohong hidungnya makin panjang dan hidungnya makin terus panjang bila terus berbohong. Kisah anak-anak yang cukup legendaris.
Nah… menurut anda apa yang akan terjadi jika Pinokio berkata.:

Hidung saya akan memanjang!

Jika sobat berpendapat hidungnya tidak akan memanjang berarti si Pinokio berbohong. Lho Kok bisa, hidungnya tidak memanjang padahal ia berkata bohong??
Paradoks kisah hidung pinokio

Sebaliknya jika anda berpendapat hidung Pinokio akan memanjang berarti ia berkata jujur. Nah lho kok ia berkata jujur tapi malah hidungnya memanjang??


Kisah Paradoks Indiana Jones
Indiana Jones tertangkap oleh suku kanibal di pedalaman Papua, Sang Kepala Suku menyuruh dia untuk mengucapkan suatu kalimat/statement. Jika kalimat itu bernilai benar maka dia akan dipenggal, dan kalau bernilai salah maka dia akan digantung.

Paradoks Kisah Indiana Jones

Apa yang harus diucapkan Indiana Jones supaya bebas?

Ini serius lho, bukan becanda, yang menentukan nilai kebenarannya adalah Sang kepala suku.
Gimana udah ketemu jawabannya ?  kalau belum silahkan pikirkan bila jawabannya seperti ini :

Kalian akan menggantung saya!

Jika menurut Sang kepala suku apa yang diucapkannya bernilai benar maka dia akan dipenggal dengan sendirinya ucapannya menjadi salah, tetapi jika sang kepala suku menilai ucapannya salah, maka dia akan akan digantung itu berarti ucapannya bernilai benar.

Apapun nilai kebenaran dari ucapan Indiana jones akan terjadi kontradiksi
Jadi Sang kepala suku tidak bisa memutuskan apakah Indiana Jones dipenggal atau di gantung,

bingung kan ?

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Paradoks Indiana Jones dan Pinokio – Paradoks Unik Dan Aneh