INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Kisah Sukses Zainuddin Nafarin Penemu Antivirus Smadav

Kisah Sukses Zainuddin Nafarin - Masih suka nemuin virus lokal yang bandel sob? Admin dulu masih inget jamannya komputer sering banget kena virus worm, trojan dan juga virus-virus yang menghajar USB flashdisk. Setelah banyak nyoba antivirus yang gaya-gaya dan tidak mempan akhirnya mencoba antivirus smadav. Eh manjur juga. Smadav ini antivirusnya ringan dan tidak bikin komputer macem-macem selain itu gratis dan buatan lokal. Admin jadi penasaran sih penemunya? Akhirnya setelah cari referensi sana-sini ketemulah dengan profil Zainuddin Nafarin. Penasaran ingin tau profil dan kisahnya? Ikuti saja Kisah Sukses Zainuddin Nafarin Penemu Antivirus Smadav di bawah ini.

Profil Zainuddin Nafarin Penemu Antivirus Smadav

Smadav - Referensi Dari Wikipedia
Bagi para pengguna perangkat komputer tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi anti-virus Smadav (http://id.wikipedia.org/wiki/Smadav). Meski pun bukan menjadi pilihan utama, anti-virus dengan lambang berwarna hijau tersebut hampir selalu ada di setiap perangkat komputer atau pun laptop saat ini. Selain kegunaan nya yang cukup mumpuni untuk membasmi virus lokal yang menyerang perangkat komputer, salah satu alasan lain adalah karena AV yang satu ini merupakan aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh anak bangsa. Pemuda tersebut adalah Zainuddin Nafarin (http://id.wikipedia.org/wiki/Zainuddin_Nafarin).

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai sosok pemuda yang telah mengembangkan aplikasi Smadav saat masih berseragam putih abu-abu ini, berikut biografi singkat tentang Zainuddin Nafarin, penemu dan pengembang aplikasi AV Smadav.

Profil Zainuddin Nafarin Dan Kehidupan Sehari-harinya

Penemu Smadav, Zainuddin Nafarin lahir di kota Amuntai Kalimantan Selatan pada September 1990. Ia adalah seorang pemuda biasa dengan ketertarikan di bidang teknologi yang sangat tinggi. Yang menarik adalah ia mengembangkan Smadav pada usia yang bisa dibilang masih belia. Saat mulai mengembangkan anti virus Smadav, ia masih berstatus sebagai salah satu murid di SMAN 2 Pahandut Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Dalam pergaulannya sehari-hari di lingkungan sekolah dan dunia maya, Zainuddin Nafarin memiliki beberapa panggilan akrab selain Nafarin, nama panggilan tersebut diantaranya STC dan Zai. Dan nama tersebutlah yang ikut juga mengiringi masa-masa saat dirinya mengembangkan anti virus buatannya Smadav.

Ia adalah sosok yang tergolong cukup sederhana namun dikenal baik dalam pergaulan. Salah satu hal yang terlihat menonjol dari dirinya adalah kemampuan nya yang menonjol dalam bidang akademik khususnya mata pelajaran matematika.
Dengan kelebihannya tersebut tak jarang dirinya dijadikan tempat bertanya dan “guru dadakan” oleh teman-teman di sekolahnya. Salah satu prestasi yang pernah diraih alumnus Universitas Gajah Mada Yogyakarta ini adalah dirinya pernah mengikuti olimpiade matematika. Tidak tanggung-tanggung, Nafarin sempat lolos hingga ke tingkat nasional Olimpiade Matematika.

Namun perkenalannya dengan dunia komputer di masa SMA ternyata membawa manfaat yang sangat besar bahkan hingga dirinya mampu membuat anti virus yang kini populer yaitu Smadav.

Zainuddin Nafarin dan Smadav

Awal mula kisah Nafarin dalam mengembangkan AV Smadav dimulai pada saat dirinya mengetahui tentang sebuah program yang ada di laboratorium komputer di sekolahnya SMA 2 Pahandut Palangka Raya. Program tersebut adalah program Visual Basic. Program yang digunakan untuk tujuan pengembangan aplikasi tersebut ada di salah satu komputer laboratorium dan secara tidak sengaja menarik perhatiannya.

Setelah bertanya pada guru dan rekan yang lebih tahu mengenai program tersebut, nyatanya Nafarin semakin tertarik untuk mendalami program tersebut. Dan ketertarikannya berbarengan dengan kebiasaan ia yang sering dimintai tolong oleh teman temannya membersihkan virus yang ada di komputer.

Pada waktu itu ia memang dikenal sebagai salah satu siswa yang sangat mengerti tentang dunia komputer, namun ia merasa kesulitan saat ia diminta teman-teman nya untuk datang ke rumah dan membersihkan virus yang ada di komputer teman-temannya tersebut. Sehingga sebuah ide untuk mengembangkan aplikasi antivirus tertangkap di benaknya. Ia berharap aplikasi tersebut bisa mempermudah teman-temannya membersihkan virus secara mandiri. Padahal sebenarnya dia bisa memilih sebagai peuang usaha atau ide bisnis yang menjanjikan tapi dia memilih untuk beramal dengan ilmunya.


Jadilah ia mulai mempelajari tentang pembuatan aplikasi antivirus serta virus-virus lokal yang sering menyerang komputer. Hasilnya pada tahun 2006 ia berhasil membuat versi awal dari aplikasi Smadav. Dan setelah dicoba, aplikasi buatannya tersebut mampu bekerja dengan cukup baik. Sejak itu ia terus mengembangkan Smadav hingga saat dirinya menjadi mahasiswa di UGM.

Saat ini Smadav yang telah memasuki versi Ref 10.4 dikembangkan dan berpusat di Yogyakarta. Meskipun masih mempertahankan fitur gratis dan membuka kesempatan donasi, pengembangan aplikasi Smadav tidak pernah berhenti. Nafarin dan beberapa sukarelawan yang ahli di bidang IT hingga kini terus mengembangkan antivirus buatan anak bangsa tersebut. Dirinya berharap bahwa Smadav bisa berkembang ke level yang lebih tinggi dan dapat menjadi antivirus kebanggaan Indonesia suatu saat nanti.

Biografi Singkat Zainuddin Nafarin

Nama Lengkap : Zainuddin Nafarin
Nama Panggilan : Nafarin / STC / Zai
TTL : Amuntai, September 1990
Pendidikan : Jurusan Matematika, Universitas Gajah Mada Yogyakarta
Website : http://www.smadav.net/, http://www.nafarin.com/ 
Social Media : https://www.facebook.com/smadav

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kisah Sukses Zainuddin Nafarin Penemu Antivirus Smadav