INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Fenomena Benua Afrika Mulai Terbelah Dua Sejak 2005

Fenomena Benua Afrika Terbelah - Banyak sekali perubahan yang sedang terjadi di bumi ini. Ada yang kita ketahui dan ada yang tidak kita sadari. Salahsatunya adalah Tahukah kawan tentang Fenomena Benua Afrika mulai terbelah dua sejak 2005? Benua Afrika sedikit demi sedikit terbelah dan mulai terisi air lautan dan akhirnya nanti akan menjadi samudera baru. Bagaimana dengan Indonesia? Akankah terbelah ataukah makin banyak pulau yang menyusut terendam lautan? Mari kita simak berita yang admin dapatkan dari BBC ini.

Misteri Benua Afrika Terbelah dua

Fenomena Benua Afrika terbelah dua ini terlihat dari adanya Celah sepanjang 55 kilometer di gurun Ethiopia. Celah ini diperkirakan akan berkembang menjadi samudra baru. Celah selebar 6 meter di beberapa titik tersebut mulai terbuka tahun 2005, dan sejumlah ahli geologi yakin itu akan menjadi cikal bakal samudra baru. Celah Benua Baru ini setiap tahun semakin bertambah panjang dan lebar untuk semakin membelah Benua Afrika.

Proses Benua Afrika Terbelah dua
Dalam sebuah penelitian yang melibatkan tim peneliti internasional dan dilaporkan dalam jurnal Geophysical Research Letters, terungkap bahwa proses terbentuknya celah itu serupa dengan yang terjadi di dasar samudra. Aktivitas yang sama saat ini juga terjadi di Laut Merah.

Menggunakan kumpulan data seismik dari 2005, para peneliti mencoba merekonstruksi peristiwa itu untuk menunjukkan bahwa celah itu terbuka sepanjang 55 kilometer hanya dalam waktu beberapa hari. Mulanya, Dabbahu, yang merupakan gunung berapi di ujung utara celah, meletus, lalu aliran magma mendorong melalui tengah-tengah celah dan mulai membuka retakan di kedua arah.


"Kita tahu bahwa pegunungan dasar laut muncul akibat desakan magma seperti ini, tapi kita tak pernah tahu bahwa desakan magma bisa membuatnya terpecah seperti ini," kata Cindy Ebinger, Profesor Ilmu Bumi dan Lingkungan Hidup di Universitas Rochester.

Hal itu menunjukkan bahwa gunung berapi aktif di sepanjang tepi lempeng tektonik samudra bisa tiba-tiba pecah dalam bagian yang luas, dan bukan dalam bagian kecil-kecil seperti yang diyakini selama ini. Peristiwa retakan yang datang tiba-tiba di daratan akan lebih berbahaya bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya,” ucap Ebinger.


Celah Benua Afrika Terbelah dua mulai terisi air lautan

Lempengan Afrika dan Arab yang bertemu di padang terpencil Afar Ethiopia Utara kini mulai merekah akibat proses itu dengan laju kurang dari 1 inci per tahun selama 30 juta tahun terakhir. Celah ini membentuk depresi Afar sepanjang 300 km hingga Laut Merah. Melalui jalur itu, Laut Merah diperkirakan akan mengalir ke rekahan Ethiopia dan membentuk laut baru sekitar sejuta tahun mendatang. Laut baru itu akan menghubungkan Laut Merah dan Teluk Aden, serta Laut Arab antara Yaman di Jazirah Arab dan Somalia di Afrika Timur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Fenomena Benua Afrika Mulai Terbelah Dua Sejak 2005