INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

3 Peristiwa Alam Yang Berpotensi Kiamat Di Bumi

Loading...

Potensi Bencana Sebabkan Kiamat Di Bumi – Sebenarnya pernah tercatat beberapa kali peristiwa alam ataupun bencana alam yang diprediksi bisa menyebabkan kiamat di bumi. Bencana besar bisa disebabkan ulah manusia (perang nuklir misalnya) dan juga bisa karena fenomena alam. Di bawah ini tercatat ada 3 peristiwa alam yang berpotensi kiamat di bumi. Beruntung efeknya tidak kerusakan total ataupun terhindar dari akibat alam tersebut. Tercatat ada letusan gunung tambora di Indonesia, Peristiwa badai matahari dalamperistiwa Carrington dan juga fenomena komet Bonella. Sebenarnya masih banyak bencana atau insiden lainnya yang memungkinkan dunia ini kiamat.

Letusan Dahsyat Gunung Tambora

Bencana alam letusan dahsyat Gunung Tambora

Indonesia kaya akan alam pegunungannya. Selain keindahan juga tersimpan potensi bencana dahsyat. Misalnya saja Bencana besar pernah terjadi di Sumbawa, Indonesia ketika gunung Tambora meletus di tahun 1815 dan menewaskan 88.000 jiwa. Gunung itu mengeluarkan debu dan batu sejauh 175 kilometer kubik dan menyebabkan beragam bencana lain, seperti tornado atau angin putuh sampai tsunami setinggi 4.6 meter. Bekas dari abunya masih dapat ditemukan sampai ke jarak 1300 kilometer.

Erupsi ini juga menyebabkan suhu menjadi lebih rendah di bagian dunia lain. Akibatnya panen gagal dan kelaparan terjadi di Amerika Utara dan adanya wabah di seluruh daratan Eropa.

Peristiwa Carrington

Peristiwa Badai matahari Carrington

Semburan matahari (ledakan besar di atmosfer matahari) atau saat ini lebih dikenal dengan badai matahari pernah terjadi dan merupakan semburan terbesar di tahun 1859 dan matahari melepaskan energi sebesar 10 milyar bom atom. Radiasi yang dihasilkan menyebabkan badai geomagnetik dan melumpuhkan semua peralatan listrik di bumi.


Ilmuwan memperkirakan jika peristiwa yang sama terjadi di masa ini, akibatnya akan besar sekali dikarenakan ketergantungan manusia akan teknologi. Tiang-tiang listrik akan meleleh dan semua metode komunikasi antar manusia akan punah

Komet Bonilla

Komet mengerikan Bonilla

Pada tahun 1883, seorang astronomer bernama Jose Bonilla mencatat ada sekitar 450 objek yang melintasi matahari. Penemuannya ini diacuhkan oleh komunitas ilmuwan dan segera dilupakan. Namun di tahun 2011, ilmuwan yang mempelajari penemuan Bonilla ini menemukan fakta mengerikan di balik observasinya.


Objek yang melintas tersebut adalah sisa-sisa pecahan dari komet sebesar 1 milyar metrik. Tiap pecahan lebarnya kira-kira 800 meter, jika salah satu dari pecahan ini jatuh ke bumi maka akan menyebabkan bencana sebesar seribu kali lipat lebih kuat dari ledakan sebuah bom atom.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 3 Peristiwa Alam Yang Berpotensi Kiamat Di Bumi