INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

PROSPEK BISNIS TOKO MAINAN ANAK

Pernah ngobrol dengan pemilik toko mainan? Apa sih keyakinan mereka bahwa bisnis mereka bisa laku? Ternyata satu hal saja. "Dimana masih ada anak kecil didaerah anda atau melihat wanita hamil, maka yakinlah toko mainan anda pasti laku terjual!" hehe.. sungguh keyakinan yang unik tapi masuk akal juga. Bicara mengenai Prospek bisnis toko mainan anak masih terbuka luas di kota anda. Meskipun bukan suatu bisnis baru tapi bisnis mainan anak ini masih merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Dasar pemikirannya apa? Mari kita simak uraian berikut di bawah ini.

Peluang bisnis toko mainan anak

Mainan Merupakan barang gelap
Wah barang gelap? ilegal dong! jangan salah paham sobat. Mainan disebut barang gelap artinya, harga beli ataupun harga jualnya sedikit sekali masyarakat yang paham atau mengetahuinya. Beda dengan sobat jualan beras ataupun telur pasti masyarakat tahu harga jual anda kemahalan atau tidak dan hal ini memancing mereka untuk menawar ataupun men-cap toko anda mahal barangnya. Beda dengan mainan, meskipun dijual dengan harga tinggi konsumen tidak mengetahuinya. Itulah salah satu keuntungan bisnis mainan anak.

Mainan adalah Barang sepanjang masa
Dari jaman dulu sampai dengan sekarang anak-anak akan selalu butuh yang namanya mainan. Bedanya kalau dulu mereka membuat sendiri tapi sekarang cenderung membeli. Anak-anak selalu butuh mainan. Hal inilah yang membuat mainan merupakan peluang bisnis yang menjanjikan.

Orang tua kalah sama anak
Untuk urusan beli mainan dapat dipastikan umumnya orang tua akan mengalah demi anak. Daripada malu si anak ngamuk-ngamuk dimuka umum dan juga untuk menyenangkan hati si anak maka orang tua akan mengalah untuk membeli mainan yang diminta. Itulah kehebatan bisnis mainan, mampu memaksa orang tua beli mainan demi anaknya. Bisnis yang hebat bukan? haha

Bentuk kasih sayang Orang Tua
Mainan sering juga dipakai sebagai sarana penghargaan terhadap prestasi si anak. Dengan memberikannya hadiah dan biasanya mainan (jaman dulu sih biasanya sepeda) maka diharapkan dapat menjadi motivasi belajar bagi sang anak untuk lebih giat lagi sekolahnya.

Bisnis Toko Mainan bisnis tahan lama
Keuntungan lainnya adalah bisnis toko mainan barangnya tahan lama, tidak mengenal kadaluwarsa, busuk ataupun tidak musiman. Beda dengan bisnis kuliner, jual makanan, sayuran, buah-buahan dan lain-lain. Syaratnya satu saja mampu menjaga dan menyimpan barang dengan telaten dan hati-hati maka bisa dipastikan barang akan awet dan tahan lama.
Baca juga artikel menarik ini - Kisah sukses Bob Sadino dari tahun 1969 - Kisah sukses Rochman cendol Elizabeth
Tips Sukses Bisnis Toko Mainan
Bagi anda yang tertarik berbisnis toko mainan ada tips sukses bisnis toko mainan yang coba dirangkum di bawah ini :

1. Lokasi Strategis
Carilah tempat yang strategis, jangan ragu untuk menyewa lokasi yang potensial untuk jualan. Misalnya saja di dekat pasar, sekolah dasar, pasar ataupun berada di pertigaan atau perempatan jalan. Jangan ragu untuk memilih lokasi dan ingat lokasi adalah syarat utama yang wajib dimiliki.

2. Luas Toko Mainan
Carilah luas toko mainan yang memadai. Kenapa? Karena mainan anak membutuhkan tempat pajang yang cukup menyita ruangan. Minimum ukuran ruang toko 3 x 8 meter, idealnya adalah 5 x 10 meter. diusahakan ada ruangan kecil/kamar untuk gudang dan toilet bagi karyawan.

3. Pilihlah mainan yang bervariasi
Sediakan mainan anak dengan variasi yang lengkap. misalnya mainan anak laki-laki seperti mobil remote, bola, pistol-pistolan, pesawat dan robot-robotan dan juga mainan anak perempuan misalnya saja boneka, masak-masakan, perabotan mini bahkan kalau perlu jual accesories juga.
Bingung cari ide bisnis? - Dapatkan ide bisnis, prospek bisnis yang menarik di menu Bisnis, Ikuti artikel bisnis kami dengan cara berlangganan artikel gratis via email.
4. Promosi Toko mainan secara berkala
Pramuniaga toko mainan yang cantikJangan ragu dan bosan untuk melakukan promosi toko. Buatlah brosur berwarna-warni untuk disebarkan pada waktu bubaran sekolah dasar, diselipkan pada waktu transaksi ataupun disebar ke rumah warga sekitar. Buat juga program-program menarik seperti diskon, serba Rp.5000, Rp.10.000,- dll.

5. Pilih Pramuniaga toko yang menarik konsumen
Selain barang yang menarik dan berkualitas jangan lupa pilihlah karyawan toko yang memiliki penampilan menarik, aktif menawarkan barang dengan sikap yang ramah. Mengenal barang (product knowledge) dan mampu demo barang di depan konsumen. Selain itu mampu menarik konsumen sebagai pelanggan setia toko mainan anda.

Bagaimana menarik bukan? Ide bisnis toko mainan anak ini dan juga prospek bisnis mainan anak cukup baik dan menjanjikan harapan. Peluang bisnis sepanjang masa dan juga nostalgia bagi para orang tua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PROSPEK BISNIS TOKO MAINAN ANAK