INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Ide Kreatif Bisnis Laundry Modal Kecil

Ide bisnis kreatif jasa laundry
Ide bisnis kreatif dan inovatif diperlukan untuk memulai bisnis baru. Apalagi bagi sobat yang terbentur biaya dan modal yang terbatas. Memulai usaha baru tentunya akan dipilihkan pada dua pilihan yaitu bisnis produksi atau bisnis jasa? Ide kreatif bisnis Jasa Laundri dengan modal minim ini terinspirasi dari seorang sahabat yang mendapat PHK. Memulai peluang bisnis Laundry dengan modal dengkul tanpa mesin cuci hanya berdua dengan istrinya mencuci manual dan tambahan service antar jemput cucian. Kini dia telah memiliki 3 mesin cuci, dan 3 karyawan dengan tempat usaha yang memadai. Hebat sekali !

Bagaimana kita memulai mewujudkan ide kreatif bisnis laundry modal kecil ini? Nah bagi anda yang memiliki modal kecil bisa memulai dengan budget sekitar 10 jutaan atau bahkan jalankan dulu seperti perjuangan sobat prospekbisnis.com diatas (modal seadanya atau tanpa modal). Bisnis jasa laundry adalah bisnis jasa pencucian pakaian yang mementingkan kebersihan dan kecepatan penyelesaian. Pakaian yang cepat selesai dicuci, bersih, rapi dan wangi adalah harapan konsumennya. Selain murah tentunya. Prospek bisnis jasa laundry ini layak untuk kita pertimbangkan.

Modal Usaha Jasa Laundry
Anda punya modal berapa? Rp. 30 juta (modal usaha paling ideal), Rp.10 juta atau Cuma Rp. 5 juta? Bila mungkin belilah dulu Modal Mesin Cuci Pakaian yang mendukung peluang usaha jasa laundry ini atau memakai mesin cuci biasa yang ada di rumah. Bila mungkin anda juga akan membutuhkan Mesin Pengering pakaian sehingga pengeringan tidak tergantung cuaca musim hujan atau panas, yang biasanya harganya hanya berkisar antara 6 s/d 12 jutaan, tergantung merk dan kualitas produk.

Setrika Uap/ Setrika Biasa
Agar hasil laundry rapih maka diperlukan setrika untuk merapikan hasil cucian. Setrika Biasa bisa anda dapatkan dengan Harga yang berkisar antara 100ribu s/d 300 ribu saja, namun jika ingin menggunakan setrika yang sudah modern anda bisa menggunakan Setrika Uap yang harganya berkisar antara 500ribu s/d 6 jutaan, tergantung merk dan kapasitas boiler dari setrikaan yang anda inginkan.

Air Bersih
Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan di awal usaha adalah ketersediaan air bersih sebagai sarana produksi. Usahakan dan survey dulu di tempat anda / tempat usaha anda tersedia sumber air bersih yang bisa di gunakan secara gratis misalnya air sumur / pompa dengan kualitas air yang jernih, tidak berbau dan tidak mengandung logam. Tapi bila terpaksa butuh menggunakan jasa PDAM, yang biaya perbulannya berkisar antara 100 ribu s/d 500ribu perbulan, itupun kalau pasokan airnya lancar. Rekomendasi sumber air tanah adalah pilihan paling menguntungkan.

Tenaga Kerja
Bisnis ini sebenarnya bisa dikerjakan hanya berdua saja bila untuk skala kecil (1 – 5 pelanggan) tapi bila ingin serius maka jangan jadikan bisnis laundry sebagai bisnis rumahan biasa rekrutlah karyawan untuk mempermudah produksi dan ekspansi kedepannya. Biasanya karyawan-karyawan laundry diberi gaji sesuai dengan kapasitas dan jenis pekerjaan yang mereka lakukan, semakin sulit pekerjaannya maka akan semakin besar gaji yang harus anda berikan. Rata-rata gaji karyawan berkisar antara 800 ribu s/d 1,5 juta per bulannya. Perlu anda ingat bahwa kepuasan pegawai atau tenaga kerja, akan sangat mempengaruhi kinerja pekerjaan mereka dan tentunya kualitas dari Jasa Laundry Anda.

Baca juga artikel menarik ini

Sewa Tempat atau Ruko
Bila bisnis anda telah besar dan memiliki pelanggan tetap atau ingin memulai langsung dengan serius maka carilah lokasi usaha yang strategis. Semakin dekat tempat usaha anda pada target konsumen yang dibidik semakin berpeluang untuk menguntungkan. Carilah Ruko atau tempat usha untuk di sewa di perkotaan dengan lingkungan penduduk yang cukup padat dan memiliki aktifitas. Misalnya saja Di lingkungan komplek yang jumlah penduduknya banyak atau di dekat kampus-kampus universitas yang banyak tempat kost-kostannya.
Biaya sewa tempat usaha biasanya berkisar 10 juta s/d 30 juta pertahunnya, tergantung tingkat populasi kota tersebut dan tingkat perekonomiannya.

Modal Produksi Kerja
Selain Modal diatas masih ada lagi modal lainnya yang anda butuhkan, yaitu alat-alat cuci seperti deterjen, pengharum, hanger, dan masih banyak lagi. Namun ini tidak terlalu banyak memakan biaya, modal maks 3 juta anda sudah bisa menjalankan usaha laundry anda ditahun 2015 ini.
Bingung Cari Ide Bisnis? - Dapatkan ide dan prospek bisnis menarik di menu Bisnis. Ikuti Artikel Bisnis kami dengan cara Berlangganan Artikel Gratis Via Email pada kolom sidebar.
Nah, itulah gambaran dari Modal Usaha Jasa Laundry modal kecil yang bisa anda manfaatkan sebagai referensi ataupun pertimbangan bisnis. Kesimpulannya bisnis jasa laundry ini  bisa anda jalankan dengan modal berapapun, tanpa modal, modal 5 jutaan, modal 10 jutaaan, modal 30jutaan atau bahkan lebih. Bisnis ini bisa menjadi sekedar bisnis rumahan saja, bisnis sampingan atau benar-benar sebagai bisnis baru yang menjanjikan. Ide bisnis laundry ini berangkat dari kebutuhan masyarakat perkotaan yang butuh instant itu prinsipnya. Semoga ide kreatif dan unik bisnis jasa laundry ini dapat bermanfaat dan berguna bagi sahabat pembaca prospekbisnis.com dimanapun anda berada. 



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ide Kreatif Bisnis Laundry Modal Kecil