INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Teknologi 3D “Ghost” Menarik Benda dari Layar Monitor

Teknologi 3D “Ghost” Menarik Benda dari Layar Monitor
Teknologi layar 3D "Ghost"
Pernah Nonton film Horror dimana sang hantu bisa keluar dari dalam Televisi atau dari layar monitor PC? Keren bukan? Atau mungkin film science fiction lain yang menarik objek di layar komputer ke luar layar alias ke udara seperti di Film Iron Man. Mungkinkah teknologi itu ada? Ternyata Teknologi itu ada sobat Fortune 99, Inilah Teknologi 3D “Ghost” Menarik benda dari layar monitor. Dan ini benar-benar ada bukti dan penelitian ilmiahnya.

Teknologi “Ghost” sebenarnya merupakan kemajuan teknologi dari sisi Display atau layar. Awal mulanya layar hanya mampu bekerja dengan bantuan benda penghubung lainnya seperti mouse atau keyboard dan kemudian dikembangkan teknologi layar sentuh yang memungkinkan layar dapat bekerja efisien tanpa alat bantu mouse atau keyboard.

Perkembangan teknologi untuk display ternyata tidak berhenti di layar sentuh saja, kini para ilmuwan baru saja menemukan terobosan baru display yang dapat membuat benda yang ditampilkan ditarik keluar dan disentuh secara 3D.

Seperti yang dilansir Fortune 99 dari sciecedaily, Jumat (10/7), teknologi baru yang dirancang  para ilmuwan tersebut diberi nama 'Ghost'. Ghost merupakan teknologi baru yang menarik, teknologi display ini memungkinkan para pengguna dapat mengeluarkan obyek yang ada di display dan membuatnya menjadi 3D di udara.

Dengan ujung jarinya, pengguna bisa memanipulasi tampilan dan menarik fitur yang ada di display ke dunia 3D pengguna.

Sebenarnya Ghost telah diluncurkan pada tahun 2013 silam, namun masih banyak kekurangan dan di awal Juli ini Ghost dengan berbagai pembaharuannya kembali diluncurkan. Bahkan beberapa proyek di Uni Eropa sudah menggunakan Ghost untuk mempermudah pekerjaan mereka.

"Ini akan memudahkan pekerjaan manusia, bisa saja untuk beberapa waktu yang akan datang, Ghost bisa diterapkan di ponsel, melalui teknologi levitasi USG," ujar Profesor Kasper Hornbaek dari University of Copenhagen.

Untuk saat ini keberadaan Ghost sangat membantu para pekerja medis dan desainer. Ahli bedah misalnya, dia dapat melakukan pemodelan pembedahan dengan foto scan tubuh pasien, sehingga dia bisa menyentuh langsung dan melakukan simulasi bagian yang akan dilakukan pembedahan sebelum mencobanya secara langsung di tubuh pasien, hal ini dapat mencegah terjadinya kesalahan pada saat operasi atau penanganan pasien.

Kemudahan yang sama juga dirasakan para desainer dan seniman yang telah menggunakan teknologi Ghost ini. mereka dapat melakukan proyeksi fisik terlebih dahulu sebelum mereka bekerja.

Demi pengembangan yang lebih lanjut, kini Ghost juga bermitra dengan beberapa universitas, salah satunya University of Bristol yang sedang mengembangkan teknologi Ghost ultrasound untuk penerbangan.


Tidak hanya bermitra dengan berbagai perguruan tinggi, beberapa negara Eropa seperti Inggris, Denmark dan Belanda bahkan menjalin kerja sama dan mengeluarkan dana yang besar untuk mengembangkan teknologi baru ini yang rencananya akan digunakan secara umum bagi masyarakat dunia pada akhir tahun 2015.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Teknologi 3D “Ghost” Menarik Benda dari Layar Monitor