INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Ini Bahayanya Memakan Nasi Beras Plastik

Loading...

Makanan adalah hal pertama yang akan langsung mempengaruhi kesehatan kita. Karena makanan akan langsung diserap tubuh. Bayangkan saja kalo perut kita mengkonsumsi plastik. Yang pasti yang kena hajar duluan adalah ginjal kita. Ini bahayanya memakan Nasi beras plastik. Ibu-ibu dan bapak-bapak baik di rumah maupun di restoran dan warung nasi menjadi was-was dengan isu adanya beras plastik dipasaran. Sudah saatnya Lembaga perlindungan konsumen bersikap keras dan tegas. Badan hukum juga wajib menghukum berat pelaku yang merugikan kesehatan konsumen. Ini sama saja tindakan kriminal membunuh massa dengan cara tidak langsung.

Nasi dari beras plastik ini mengandung bahan sintetis yang sangat membahayakan kesehatan. Untuk selanjutnya admin akan mengutip dari beberapa sumber betapa berbahayanya Nasi beras plastik bagi tubuh manusia bila dikonsumsi.

Ketua Tim Pangan dan Gizi Jatim Andriyanto mengatakan, plastik bukan merupakan bahan makanan. Sebab, masuknya senyawa plastik ke dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan organ. Misalnya, gangguan hati dan gagal ginjal.

Selain itu, mengonsumsi plastik juga dapat menyebabkan kanker. Sebab, plastik mengandung zat dioksin. Di mana, zat tersebut memiliki sifat karsinogenik. "Efek jangka panjangnya ya kanker," katanya. Bahkan, dia menambahkan, mengonsumsi plastik juga dapat menyebabkan kematian. Dia mengatakan, ada sejumlah gejala awal yang harus diwaspadai masyarakat. Mengonsumsi plastik dapat menyebabkan anoreksia atau kehilangan selera makan. Selain itu, gejala lainnya adalah mual dan pusing.

Jika terlalu sering dikonsumsi, kandungan plastik pada beras plastik juga dapat menempel pada lambung. Gejala awalnya perut merasa sakit layaknya orang yang menderita maag. "Tapi jika dibiarkan bisa menyebabkan kanker kolom atau kanker lambung," jelasnya.

Andriyanto menegaskan, plastik memang tidak layak dikonsumsi. Bahan sintetis hanya boleh digunakan sebagai pembungkus. Itu pun harus dalam pengawasan. "Ada standarnya juga. Tidak semua jenis plastik bisa untuk membungkus makanan," ujar Andriyanto.

Dengan banyaknya bahaya yang ditimbulkan, Andriyanto mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat membeli beras. Bahkan, pihaknya juga meminta masyarakat untuk melihat dengan jeli beras yang akan dikonsumsi. Andriyanto menjelaskan, ada tiga kandungan yang terdapat dalam beras. Yakni, karbohidrat, protein, dan vitamin B1. "Kandungan vitamin B itu yang membuat beras berwarna putih pudar," katanya.

Dia menambahkan, beras sehat dilihat dari warnanya yang tidak terlalu putih dan tidak bening. "Biasanya putih pudar, lalu ada bintik di tengah," ucap Andriyanto.


Andriyanto berharap pemerintah bisa sigap dengan maraknya peredaran beras plastik. Selain membahayakan kesehatan, mencampur beras plastik ke dalam beras asli sudah masuk ke ranah kriminal. Sebab, mengoplos beras sangat merugikan konsumen. "Mudah-mudahan pelaku bisa segera ditangkap dan peredarannya bisa dihentikan," tandas Andriyanto -

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini Bahayanya Memakan Nasi Beras Plastik