INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Koin Kuno Tahun 1792 Terjual Rp 33,8 Miliar!

Loading...

koin kuno antik 1792
Punya koin kuno dan antik di rumah? Jangan anggap sepele barang kuno tersebut. Bisa jadi benda itu bisa membuatmu kaya raya kawan. Misalnya saja ini koin kuno Tahun 1782 Terjual Rp. 33,8 Miliar! Hebat sekali bukan? Apakah koin kuno dalam negeri bisa terjual mahal juga? Bisa jadi suatu saat nanti. Jadi bagi yang punya Koin kuno antik jaman jadul simpan baik-baik siapa tahu itu bernilai besar bagi anak atau cucu kita kelak.. hehe.

Koin sen antik asal Amerika dari abad ke-18 laku dengan harga fantastis, yakni US$ 2,6 juta atau setara Rp 33,8 miliar! Ini adalah koin termahal sepanjang sejarah. Koin buatan tahun 1792 itu dinamakan dengan pembuatnya, Roberth Birch, 'Birch Cent', dilansir dari Reuters. Orang tajir yang membelinya adalah kolektor koin kuno bernama Kevin Lipton (55). Menurut Kevin, koin itu hanya ada 10 keping di dunia.

"Saya merasa gembira bisa membelinya. Saya pikir pembelian ini bisa mendatangkan uang lebih banyak. Ini pembelian yang sangat bagus," kata Lipton di rumah lelang Heritage Auctions, Orlando. Koin tersebut memiliki motif Lady Liberty dengan tulisan motto "Liberty Induk Sains dan Industri."
Sisi lainnya menggambarkan "Amerika Serikat" dan tanda nominal "Satu Cent" dalam karangan bunga. "Ini koin cantik, hati, dengan sejarah penting. Ini adalah penggambaran awal kami apa yang kami pikir tentang diri kita sebagai bangsa."


Ketua rumah lelang Jim Halperin mengatakan, sebelumnya Kevin juga membayar dengan harga yang sama untuk membeli sekeping koin buatan tahun 1793 dengan gambar rantai melingkar di angka nominalnya. Halperin menjelaskan, rekor koin termahal sebelumnya pada tahun 2012 lalu adalah penjualan koin kuno dengan harga separuhnya. Dalam 5 hari pelelangan, balai lelang mengumpulkan US$ 80 juta dari penjualan koin kuno saja.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Koin Kuno Tahun 1792 Terjual Rp 33,8 Miliar!