INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

KEMAMPUAN JELI PADA PERUBAHAN PASAR

Dunia usaha bagi para pengusaha baik itu besar ataupun kecil merupakan dunia yang menarik dan penuh tantangan. Bisa dikatakan menjadi wirausahawan atau entrepreneur itu gampang-gampang susah. Bahkan ada yang bilang kalo belum jodohnya ga akan berhasil.Banyak sekali faktor yang membuat seurang pengusaha menjadi matang dan professional. Salahsatunya adalah Kegagalan. Pada akhirnya seorang pengusaha harus memiliki kemampuan Jeli pada perubahan Pasar. Sebuah kemampuan yang akan membuat seorang pengusaha bisa tetap bertahan di dunia bisnis.

Jeli pada perubahan pasar
Menjadi seorang pengusaha memang gampang-gampang susah. Dikatakan gampang karena sekarang ini banyak peluang bisnis online maupun konvensional yang bisa dirintis para pemula dengan cara mudah dan juga murah. Akan tetapi, yang cukup susah disini adalah bagaimana cara mempertahankan peluang bisnis tersebut agar bisa terus bertahan di tengah gerusan persaingan pasar yang setiap harinya terus mengalami perubahan. Coba baca Rahasia sukses WalMart milik Sam Walton.

Kondisi inilah yang kemudian menuntut para pengusaha harus lebih jeli melihat perubahan pasar yang ada saat ini. Alasan ini tentu cukup masuk akal, sebab dengan memahami perubahan perilaku pasar, para pengusaha bisa memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumennya sehingga produk atau jasa yang mereka tawarkan tidak ketinggalan zaman dan terus dicari para pelanggan.

Gaya hidup masyarakat yang terus berubah seiring dengan adanya arus modernisasi, menjadi salah satu faktor yang memicu perubahan perilaku konsumen. Salah satu perubahan tersebut bisa kita lihat dari kejelian konsumen dalam memilih produk ataupun jasa.

Bila dulunya konsumen lebih memilih harga miring dibandingkan kualitas produk yang ditawarkan penjual, sekarang ini konsumen sudah mulai pintar dan mengutamakan fitur apa saja yang ditawarkan dari sebuah merek produk.

Meski demikian, bukan berarti Anda sebagai pengusaha hanya fokus pada aspek produksi sehingga mengesampingkan strategi pemasaran yang digunakan. Sebab, produk yang hebat tak kan jadi apa-apa tanpa dukungan strategi pemasaran yang dahsyat.

Untuk mempertahankan loyalitas konsumen terhadap produk yang dipasarkan para pengusaha, dibutuhkan kejelian pengusaha untuk membuat strategi branding yang kreatif agar merek produk yang dipilih bisa menggambarkan keunggulan produk Anda. Strategi ini bisa dilakukan para pengusaha melalui slogan atau jargon khusus, kemasan produk yang unik, atau bisa juga melalui logo brand yang mencolok.

Yang terpenting adalah sesuaikan pengembangkan produk Anda dengan perubahan perilaku konsumen, dan jangan lupa manfaatkan kecanggihan teknologi agar produk Anda tak ditinggalkan para konsumen.
Oke sahabat Fortune 99 tetaplah semangat dan salam sukses!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : KEMAMPUAN JELI PADA PERUBAHAN PASAR