INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

KREASI MINIATUR UNIK SEBUAH PELUANG USAHA BARU

Loading...

Miniatur sepeda onthel
Setiap orang memiliki kenangan tersendiri terhadap mainan bukan? Tak tergantung umur kita berapa. Dari hal inilah muncul kresi miniature unik mulai dari sepeda onthel, sepeda motor dan bahkam miniatur mobil klasik. Bentuknya yang mirip dengan benda aslinya, menjadikan aneka kreasi produk miniatur unik banyak diminati berbagai kalangan masyarakat. Dari hal inilah muncul kreasi miniature unik sebuah peluang usaha baru yang cukup menjanjikan.

Menduplikasi sebuah barang dalam ukuran yang lebih kecil, ternyata bisa mendatangkan untung besar bagi para pelakunya. Bentuknya yang sangat mirip dengan benda aslinya, menjadikan aneka kreasi produk miniatur unik banyak diminati konsumen dari berbagai kalangan masyarakat. Bahkan, tak jarang mereka rela mengeluarkan dana cukup besar untuk bisa mengoleksi aneka kreasi produk miniatur unik.

Melihat respon pasarnya yang cukup bagus, tidak ada salahnya bila Anda memanfaatkan peluang tersebut untuk mendatangkan omzet jutaan rupiah setiap bulannya dengan menjadi agen atau reseller produk kreasi miniatur unik di seluruh Indonesia.

Dapatkan harga spesial dari klien kami untuk Anda yang ingin mencoba memasarkan Produk Kreasi Miniatur Unik ini di daerah Anda. Coba Googling untuk melihat info produknya secara lebih jelas.

Konsumen
Sekarang ini tidak hanya para kolektor barang antik saja yang menggemari produk kreasi miniatur unik. Anda bisa membidik komunitas tertentu seperti misalnya komunitas pecinta motor Harley Davidson, komunitas motor vespa, komunitas sepeda onthel, sampai para wisatawan lokal maupun asing yang senang berburu produk souvenir unik untuk dijadikan buah tangan atau oleh-oleh ke daerah masing-masing.

Info Bisnis
Biasanya benda-benda yang dikreasikan menjadi produk miniatur unik adalah perabot rumah tangga dan sarana transportasi seperti misalnya sepeda motor, mobil, bus, truk, vespa, Harley Davidson, becak, sepeda onthel, pesawat, kereta api, dan lain sebagainya. Desainnya yang unik dan sangat mirip dengan bentuk aslinya, menjadikan kreasi produk miniatur memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Tidak heran bila para produsen maupun pelaku pasarnya mendapatkan untung cukup besar dari peluang bisnis rumahan tersebut.
Nah, bagi Anda para pemula yang ingin menjalankan bisnis kreasi miniatur unik dengan cara yang cukup mudah dan murah. Bisa mencoba menjadi agen atau reseller produk kreasi miniatur unik dan memasarkannya ke daerah di sekitar Anda.

Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai usaha.
  1. Siapkan modal untuk membeli produk miniatur unik dari para produsen maupun distributor. Apabila modal usaha Anda terbatas, tidak perlu khawatir karena Anda bisa mencoba membeli beberapa sampel dan mengambil fotonya untuk dijadikan sebuah katalog.
  2. Jeli dan teliti dalam memilih kreasi miniatur unik. Sekarang ini jumlah produsen maupun distributor produk miniatur sudah bisa kita temukan di berbagai pelosok daerah. Namun sebagai seorang reseller, Anda harus benar-benar jeli dan teliti dalam menjalin kerjasama dengan para produsen. Carilah partner bisnis yang profesional dan terjaga kualitas produknya.
  3. Perluas jaringan pasar untuk meningkatkan omzet penjualan. Setelah mendapatkan rekanan bisnis yang siap menyuplai produk miniatur unik, selanjutnya giliran Anda untuk mencari jaringan pemasaran ke berbagai penjuru daerah. Misalnya saja Anda dengan menitipkan produk tersebut ke beberapa lokasi objek wisata atau toko souvenir yang ada di sekitar Anda, atau bisa juga memasarkannya melalui media online untuk memperluas jangkauan pasar.
Kelebihan Bisnis
Proses pengerjaannya yang begitu detail, menjadikan kreasi miniatur unik ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan benda aslinya. Keunggulan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen, sehingga tidak heran bila banyak konsumen yang menggemari kreasi miniatur unik tersebut meskipun harga jualnya di pasaran cukup mahal.

Selain itu, miniatur unik ini bisa dikreasikan dalam beragam bentuk, warna, dan ukuran. Bahkan, para konsumen bisa memesan produk miniatur sesuai dengan bentuk yang mereka inginkan. Misalnya saja seorang konsumen memiliki kendaraan yang memiliki nilai sejarah dalam kehidupannya, bisa mengirimkan gambar kendaraan yang dimaksudkan dan memesan miniaturnya.

Kekurangan bisnis miniatur sepeda ontel
Produk kreasi miniatur termasuk salah satu kerajinan yang tingkat kerumitan produksinya cukup tinggi. Untuk bisa menduplikasi sebuah benda dengan detail sesuai dengan perbandingan ukuran aslinya, tentunya dibutuhkan skill, kesabaran, dan ketekunan dari para pelakunya. Jadi, apabila Anda belum mampu memproduksi kreasi miniatur unik sendiri, tidak ada salahnya bila Anda menjadi reseller produk dan menjalin kerjasama dengan para pengrajin untuk membeli produk miniatur yang sudah jadi.

Strategi Pemasaran
Bisnis miniatur unik
Mengingat pangsa pasar Anda adalah para kolektor barang antik, masyarakat umum, serta para wisatawan lokal maupun mancanegara. Maka untuk memasarkan produk kerajinan miniatur unik, Anda bisa memanfaatkan kemudahan promosi dari mulut ke mulut, menitipkannya di beberapa toko souvenir, toko barang antik, toko oleh-oleh, atau bisa juga menitipkannya di beberapa tempat objek wisata.

Selanjutnya untuk memperluas jaringan pasar, Anda bisa memanfaatkan peran internet yang belakangan ini mulai berkembang dengan pesat. Pasarkan produk Anda melalui toko online, dan perluas jangkauan promosi melalui sosial media, iklan baris, direktori online, forum jual beli, dan lain sebagainya. Semakin aktif Anda berpromosi, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendatangkan keuntungan.

Kunci Sukses
Dalam menjalankan peluang usaha ini, yang terpenting adalah menjaga kualitas produk agar miniatur yang ditawarkan memiliki kemiripan dengan bentuk aslinya. Pastikan juga setiap detail yang diproduksi memiliki perbandingan ukuran yang sesuai dengan benda aslinya. Sebab, semakin mirip miniatur yang diproduksi, maka semakin tinggi pula harga jualnya di pasaran.
Analisa Ekonomi
Asumsi
Menjadi reseller miniatur unik dengan minimal order 5 buah.

Modal Awal
Pembelian stok awal miniatur unik :
Miniatur gerobak sapi
(@ Rp 275.000 x 5 buah)                  Rp 1.375.000,00
Miniatur Harley Davidson
(@ Rp 125.000 x 5 buah)                  Rp   625.000,00
Miniatur sepeda onthel
(@ Rp 75.000 x 5 buah)                   Rp   375.000,00
Miniatur becak
(@ Rp 125.000 x 5 buah)                  Rp   625.000,00
Miniatur vespa
(@ Rp 95.000 x 5 buah)                   Rp   475.000,00
Kemasan dan label                        Rp   300.000,00+
Total modal                              Rp 3.775.000,00

Biaya operasional per bulan
Kulakan produk miniatur unik             Rp 3.475.000,00
Kemasan dan label produk                 Rp   300.000,00
Biaya promosi dan internet               Rp   100.000,00
Biaya pengiriman dan transportasi        Rp   500.000,00+
Total biaya per bulan                    Rp 4.375.000,00

Omset per bulan
Penjualan per bulan :
Miniatur gerobak sapi
(@ Rp 300.000 x 6 buah)                  Rp 1.800.000,00
Miniatur Harley Davidson
(@ Rp 150.000 x 8 buah)                  Rp 1.200.000,00
Miniatur sepeda onthel
(@ Rp 100.000 x 5 buah)                  Rp   500.000,00
Miniatur becak
(@ Rp 150.000 x 7 buah)                  Rp 1.050.000,00
Miniatur vespa
(@ Rp 125.000 x 10 buah)                 Rp 1.250.000,00+
Total omzet                              Rp 5.800.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 5.800.000,00 - Rp 4.375.000,00   =  Rp 1.425.000,00
ROI (Return of Investment) (Modal awal : laba bersih per bulan) = ± 2,7 bulan 
Semoga informasi peluang usaha kreasi miniatur unik ini tidak hanya memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca, namun juga menginspirasi para pemula untuk segera terjun di dunia usaha. Selamat mencoba berbisnis kreasi miniatur unik sebuah peluang usaha baru yang menjanjikan ini kawan.. :)

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : KREASI MINIATUR UNIK SEBUAH PELUANG USAHA BARU