INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Peran Penting Deskripsi Produk Di Toko Online

Salah deskripsi produk toko online
Kembali membahas perihal seluk beluk Toko Online. Banyak sekali Toko Online yang sukses dan banyak pula Toko Online yang jalan di tempat. Perlu diketahui selain masalah desain dan produk ternyata peranan deskripsi produk memiliki peranan penting. Kesalaha menulis deskripsi produk di Toko Online bisa mengakibatkan kerugian pada omzet dan pertumbuhan Toko online anda. Jadi jangan pernah menganggap enteng peran deskripsi produk pada Toko online anda. Tahukah kawan peran penting deskripsi produk di Toko Online? Semakin baik anda mendeskripsikan produk yang anda jual maka senakin besar peluang produk itu terjual, Apalagi didukung dengan gambar-gambar produk yang indah dan eksklusif. Semakin detail Toko Online menjelaskan produk dagangannya, maka semakin besar pula kemungkinannya untuk mendatangkan transaksi penjualan setiap harinya.

Selain penampilan gambar yang menarik, deskripsi produk menjadi salah satu alat bagi Anda untuk meyakinkan calon konsumen. Ketika mereka memahami deskripsi produk yang Anda tuliskan, maka secara tidak langsung akan menimbulkan ketertarikan pada calon konsumen. Sehingga tidak menutup kemungkinan bila akhirnya mereka melakukan transaksi pembelian setelah membaca deskripsi produk yang Anda tuliskan.

Nah, agar Anda tak salah langkah dalam menuliskan deskripsi produk. Pada kesempatan kali ini sengaja kami informasikan beberapa tips bisnis online yang membahas lima kesalahan umum yang sering dilakukan para pebisnis online dalam menuliskan deskripsi produknya.

Pertama, terlalu menonjolkan keunggulan produk. Banyak pelaku bisnis toko online yang terlalu membanggakan fitur dan keunggulan fisik yang dimiliki produk-produknya. Padahal, informasi yang dibutuhkan para pembeli adalah kegunaan dan fungsi dari produk Anda. Karenanya ketika Anda menggambarkan keunggulan fisik dengan berlebihan, justru hanya akan membuat mereka meninggalkan toko online Anda karena belum yakin dengan fungsi atau kegunaan produk Anda.

Kedua, copy paste deskripsi produk dari produsennya. Kesalahan seperti ini sering dilakukan oleh mereka yang berprofesi sebagai reseller maupun dropshipper. Biasanya untuk melengkapi promosinya, mereka melakukan copy-paste terhadap deskripsi produk yang mereka dapat dari pabrik sang pembuat produk atau pihak pemasok. Tentunya ini tidak dianjurkan dalam mempromosikan produk secara online, sebab langkah ini hanya akan menyebabkan sebuah barang memiliki deskrispsi produk yang sama meskipun dijual oleh reseller atau dropshipper yang berbeda. Oleh sebab itu, ada baiknya bila Anda mendeskripsikan produk menggunakan kalimat sendiri dan lebih menonjolkan manfaat produk.

Ketiga, deskripsi produk kurang jelas. Tak sedikit pelaku bisnis toko online yang mendeskripsikan produk unggulannya dengan menggunakan istilah di bidang tertentu yang masih jarang dipahami orang. Meskipun ini bisa menunjukkan profesionalitas toko online Anda, namun yang perlu Anda ketahui adalah tidak semua orang memahami istilah-istilah yang Anda gunakan. Karenanya, ceritakanlah produk Anda dengan bahasa umum yang dapat dipahami dengan mudah oleh orang banyak.

Keempat, deskripsi produk terlalu panjang. Meskipun deskripsi produk yang jelas bisa memudahkan konsumen untuk memahami kegunaan produk Anda, namun bukan berarti deskripsi yang Anda tuliskan harus panjang hingga beberapa halaman. Sebab, penyampaian deskripsi produk yang terlalu panjang hanya akan membuat calon konsumen enggan dan malas membacanya dan sangat berpotensi membuat buyer tidak jadi melakukan transaksi pembelian.

Kelima, menggunakan bahasa alay. Untuk menjalin kedekatan dengan konsumennya, seorang seller memang tidak dituntut untuk menggunakan bahasa formal yang sesuai dengan EYD. Namun, tentunya bukan berarti para pelaku bisnis online boleh menggunakan tata bahasa alay yang penuh dengan singkatan dan penggunaan kode-kode tertentu. Kesalahan ini perlu Anda hindari karena akan mengurangi kredibilitas toko online Anda di mata para calon konsumen.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Peran Penting Deskripsi Produk Di Toko Online