INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Tips Menjalin Hubungan Kerjasama Bisnis

Loading...

Tips kerjasama bisnis
Kenapa banyak sekali bisnis yang muncul seumur jagung dan akhirnya rontok ditengah jalan. Bisa jadi hal ini merupakan proses pembelajaran, mental dan jalan jodoh dalam dunia bisnis. Faktanya banyak sekali bisnis yang mampu bertahan dan berkembang karena adanya kemampuan pelaku bisnisnya dalam menjaga dan menjalin hubungan kerjasama bisnis. Jangan merasa terlalu percaya diri untuk benar-benar mampu dalam merintis bisnis. Di bawah ini ada beberapa Tips menjalin hubungan kerjasama bisnis yang mungkin bermanfaat bagi anda. Ingatlah bagaimana kuatnya solidaritas suku batak, Padang, Tionghoa dll dalam merintis bisnis mereka. Jelas sekali bahwa menjalin hubungan kerja sama bisnis itu penting bagi pebisnis pemula. Mari kita coba petik manfaat didalam hubungan kerjasama mereka.


Banyak jalan yang bisa ditempuh pelaku usaha untuk mengembangkan usaha mereka. Salah satunya saja dengan menjalin hubungan kerjasama dengan sesama pelaku bisnis. Manfaat yang bisa kita dapatkan cukup banyak, mulai dari berbagi ilmu, pengalaman, strategi bisnis, atau bisa juga berupa suntikan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis mereka. Tak heran bila sekarang ini hampir setiap pengusaha berlomba-lomba membangun hubungan kerjasama bisnis untuk memperlancar jalannya usaha.

Nah, untuk membantu para pemula yang hendak membangun kerajaan bisnisnya. Berikut kami informasikan beberapa tips sukses membangun hubungan kerjasama bisnis yang bisa Anda jalankan dari sekarang.

Bergaul dengan komunitas bisnis
Salah satu cara agar Anda bisa mempunyai banyak relasi yaitu dengan masuk dalam suatu komunitas bisnis yang sesuai dengan bidang Anda. Tujuan Anda bergabung dalam komunitas bisnis selain memperluas relasi sebenarnya juga bisa menjadi media promosi bagi usaha Anda. Semakin banyak bergaul dengan para pengusaha, maka semakin banyak pula ilmu dan pengalaman yang akan kita dapatkan.

Jangan pelit berbagi informasi
Hubungan kerjasama bisnis
Alangkah baiknya jika kita bisa saling berbagi informasi. Berbagi informasi dengan sesama rekan bisnis bisa memberikan peluang bagi Anda untuk memperluas jaringan bisnis dan menumbuhkan kepercayaan dari rekan sesama pebisnis. Dengan saling bertukar informasi, maka akan sama-sama diuntungkan, pengetahuan Anda pun juga semakin bertambah. Yakinlah bahwa dengan semakin banyak memberi, kita akan semakin banyak menerima.

Jangan aktif hanya saat butuh
Bergaul dengan komunitas bisnis tentunya harus Anda jaga dalam kondisi apa pun. Jangan hanya dekat saat Anda butuh kemudian meninggalkan setelah mendapatkan apa yang Anda inginkan. Jika kita mendapatkan kendala dalam bisnis kita, di forum komunitas inilah kita bisa sharing dan meminta solusi, begitu juga sebaliknya kita juga bisa membantu atau memberikan solusi kepada rekan kita yang sedang menghadapi kendala usaha.  Jika kita loyal dengan komunitas tersebut, maka hubungan kerjasama yang terjalin akan lebih baik, dan tentunya bisnis kita juga akan semakin berkembang.

Jujur dan tulus dalam menjalin hubungan
Modal kejujuran dan ketulusan tidak hanya penting dalam menjalin hubungan dengan pelanggan, tetapi dengan komunitas bisnis juga penting. Kejujuran dan ketulusan patut dikedepankan agar hubungan yang terjalin di dalamnya bisa selalu sama-sama menguntungkan. Jadikan setiap hubungan dalam sebuah komunitas layaknya hubungan keluarga. Walaupun bisa jadi satu sama lain saling bersaing dalam usaha yang dijalankan, namun saat berada di komunitas harus bisa saling membantu.

Selamat berbisnis, silaturahmi, berkarya dan tentunya salam sukses bagi anda kawan!

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Menjalin Hubungan Kerjasama Bisnis