INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Strategi Promosi Online Via Google Plus

Google Plus Promosi online
Biasanya anda hanya memakai jejaring sosial Facebook atau twitter untuk promosi online bukan? Tahukah sobat bahwa Google plus pun memiliki potensi untuk promosi online dan memiliki segmen pasar yang lebih go international, karena saat ini banyak pengguna jejaring sosial di luar negeri (maksudnya bule) yang menyenangi Google Plus. Yang menjadi pertanyaannya adalah Bagaimana strategi promosi online via Google Plus yang harus kita lakukan? Tentu kapasitas Facebook dan Twitter tetap bisa kita andalkan tapi dengan menambah area promosi online via Google Plus akan menambah peluang sales kita menjadi bertambah.

Melihat pertumbuhan bisnis online di berbagai negara perkembangannya semakin hari semakin pesat, sekarang ini tak hanya Facebook dan Twitter saja yang sering dijadikan para pelaku usaha sebagai media promosi online yang cukup efektif.

Kehadiran situs pertemanan buatan Google, yakni Google+ ternyata cukup menyita perhatian para pengusaha. Sehingga tidak heran bila belakangan ini banyak pelaku bisnis online yang mulai menggunakan Google plus untuk mempromosikan produk unggulan mereka di ranah maya. Apakah anda tertarik dengan strategi promosi online via Google Plus? Silahkan simak uraian berikutnya.

Tidak hanya sekedar menjadi media sosial, sekarang ini Google+ dilengkapi dengan fitur-fitur khusus yang cukup memudahkan para pelaku usaha untuk mempromosikan peluang bisnisnya di dunia maya. Sebut saja seperti fitur events, circles, photos, communities, serta +1, yang bisa digunakan para pelaku bisnis online untuk berinteraksi dengan para konsumen baik di pasar lokal maupun pasar global.

Nah, agar Anda bisa mempromosikan produk bisnis Anda dengan optimal. Berikut ini kami informasikan lima strategi promosi online menggunakan Google plus yang bisa Anda coba jalankan dari sekarang.

Pertama
Manfaatkan fitur circles untuk menjaring calon pelanggan. Dengan menggunakan fitur circles yang bisa kita temui di situs Google+, Anda bisa menjaring konsumen sesuai dengan minat/ hobi, jangkauan daerah, usia konsumen, dan lain sebagainya. Melalui strategi tersebut, Anda bisa memilah-milah konsumen dan mengirimkan pesan promosi sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Jadi, konten Anda akan lebih dihargai karena promosi yang ditawarkan sesuai dengan target pasar yang hendak Anda bidik.

Kedua
Buatlah Google+ page untuk menghimpun banyak penggemar. Seperti halnya fasilitas Fanpage di situs jejaring sosial Facebook, Google juga meluncurkan Google+ Page untuk bisa merekrut fans atau penggemar sebanyak-banyaknya dengan memberikan +1 ke halaman (Page) yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa berinteraksi dengan konsumen atau penggemar Anda dengan cara yang cukup menarik, sehingga mereka tidak segan-segan untuk semakin loyal dengan produk Anda.

Strategi Promosi online Google Plus
Ketiga, 
gunakan fitur communities untuk bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan bisnis Anda. Tak hanya memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha untuk berinteraksi dengan para penggemarnya melalui fitur Google+ page, Anda juga bisa menggunakan fitur communities untuk mendapatkan tambahan pengetahuan di bidang usaha yang Anda jalankan dan membangun jaringan bisnis dengan para pelaku usaha serupa.

Keempat, 
peluang terjadinya pemasaran dari mulut ke mulut semakin terbuka lebar. Dalam sebuah situs pertemanan, kita bisa merekomendasi teman, keluarga, atau kenalan agar bisa bergabung dengan akun yang kita miliki. Tak terkecuali dalam menggunakan akun Google+, kita bisa merekomendasikan teman, keluarga, dan kenalan mereka untuk mengklik tombol +1 pada akun Google+ Anda ataupun halaman website yang Anda postingkan. Dengan strategi tersebut, aktivitas Anda akan terlihat dalam beranda Google+ sehingga tidak menutup kemungkinan bila ada beberapa teman Anda yang akhirnya tertarik memberikan komentar atau menyebarluaskan berita yang Anda postingkan.

Kelima
Notification memudahkan pelaku usaha yang melakukan promosi menggunakan Google+. Seperti halnya situs sosial media lainnya yang dilengkapi dengan notification berupa pemberitahuan tentang kegiatan terbaru di akun Anda, Google+ juga mengingatkan Anda setiap kali seseorang men-klik +1 halaman Anda, membuat, berbagi, atau mengomentari sebuah konten, menambahkan Anda ke lingkaran, atau menyebut nama Anda pada sebuah post di Google+. Fitur tersebut tentunya memudahkan Anda untuk memantau kapan para konsumen mengikuti merek Anda di Google+ sehingga Anda bisa berkomunikasi dengan mereka secepatnya.

Meskipun saat ini Google+ belum dikhususkan untuk para pebisnis, namun tidak ada salahnya bila kita mulai mencoba menggunakan akun Google+ untuk mempromosikan produk kita di dunia maya selain Facebook dan twitter bukan?
Semoga dapat menjadi bahan inspirasi bagi kawan-kawan seperjuangan di seluruh Indonesia.. :)



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Strategi Promosi Online Via Google Plus