INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Tips Memulai Bisnis Online Untuk Mahasiswa

Mahasiswa merupakan figur pelajar yang kritis, kreatif dan inovatif. Segala hal energi positif dalam berkreasi sebenarnya ada pada sosok mahasiswa bila digali dengan baik. Inilah Tips memulai bisnis online untuk Mahasiswa. Kenapa bisnis online? karena bisnis online bisa berjalan seiring dengan rutinitas perkuliahan. Bisnis online bisa dijalankan sesibuk apapun mahasiswa ber-kuliah. Status sebagai seorang mahasiswa, ternyata tidak menghambat kreativitas untuk merintis bisnis sampingan disela-sela ketatnya jadwal perkuliahan.

 Dukungan infrastruktur yang semakin bagus serta pesatnya perkembangan teknologi dan internet yang semakin hari kian meluas dimana kehidupan sehari-hari mahasiswa tidak akan jauh dari dunia internet, mendorong para mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi menekuni bisnis di dunia maya.

Sukses besar yang dijanjikan beragam jenis peluang bisnis dengan internet, menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para mahasiswa.Meskipun menjadi seorang pakar bisnis online diusia muda sering didambakan banyak mahasiswa, namun pada kenyataannya banyak pemula yang kurang beruntung dan harus rela gulung tikar sebelum mencicipi manisnya laba usaha. Karenanya, untuk menghindari kerugian dalam menjalankan bisnis online. Berikut ini adalah beberapa tips memulai bisnis online sampingan yang perlu Anda terapkan saat masih berstatus sebagai seorang mahasiswa.

1. Tentukan ide bisnis yang potensial
Langkah pertama yang perlu Anda perhatikan adalah memilih ide bisnis yang cukup potensial. Anda bisa mendapatkan ide bisnis tersebut melalui media massa seperti televisi, radio, koran, majalah, tabloid, internet, dan lain sebagainya untuk mengetahui selera pasar saat ini. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan ilmu dan skill yang didapatkan di bangku perkuliahan sebagai modal utama bagi Anda untuk merintis sebuah usaha. Contohnya saja Anda seorang mahasiswa jurusan ilmu komputer, tidak ada salahnya bila Anda membuka lapak online yang khusus melayani pembelian jual beli sparepart komputer serta memberikan layanan jasa servis komputer untuk konsumen dalam kota.

2. Lakukan riset di internet untuk mengetahui selera pasar
Setelah Anda menemukan ide bisnis yang paling tepat, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan yaitu melakukan riset pasar di internet untuk mengetahui seberapa banyak kata kunci mengenai informasi bisnis tersebut yang dicari para konsumen melalui mesin pencari (search engine) seperti Google. Untuk memudahkan Anda dalam melakukan riset seperti ini, bisa juga  menggunakan bantuan keyword tool dari Google Adwords.

3. Memilih nama domain yang menjual
Langkah ketiga yang perlu Anda perhatikan adalah mempersiapkan nama domain yang menjual. Meskipun sampai hari ini masih banyak pelaku bisnis online yang memulai usahanya dengan menggunakan blog gratisan, namun alangkah baiknya bila Anda memilih domain berbayar agar bisnis Anda terlihat benar-benar profesional. Strategi ini sangatlah penting, sebab selain untuk meningkatkan kepercayaan para pelanggan, website berbayar lebih mudah dioptimasi sehingga relatif cepat terindex mesin pencari (search engine).

4. Manfaatkan relasi untuk mendapatkan dukungan
Sebagai seorang mahasiswa, permasalahan modal tentunya menjadi salah satu kendala yang sering dihadapi dalam memulai sebuah usaha. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa menjalin kerjasama dengan para produsen maupun distributor produk untuk ikut serta memasarkan produk-produknya. Baik itu sebagai reseller produk maupun menjadi agen/ cabang resmi yang mereka miliki. Contohnya saja menjadi distributor keripik pedas Maicih yang cukup terkenal dengan sebutan “Jenderal Maicih” dan berkicau melalui akun twitter untuk menarik simpati para konsumen.

5. Konsisten dan berinovasi untuk menghadapi persaingan pasar
Maraknya persaingan bisnis di dunia maya, menuntut Anda untuk terus konsisten dalam berkarya dan berkreasi sebaik-baiknya untuk menciptakan inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya. Misalnya saja dengan menciptakan produk-produk baru, memberikan pelayanan online yang cepat dan akurat, serta memberikan tampilan segar pada website Anda, sehingga para konsumen tidak pernah bosan untuk berbelanja di toko online yang Anda miliki.

Semoga sedikit informasi mengenai tips memulai bisnis online bagi mahasiswa ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan menginspirasi para mahasiswa untuk mulai membangun usaha. 
Selamat mencoba dan pantang menyerah kawan.. salam sukses bagi anda  :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memulai Bisnis Online Untuk Mahasiswa