INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Peluang Usaha Baru - Bisnis Fish Burger

Bisnis yang selalu diminati salah satunya adalah jenis bisnis yang satu ini. Bisnis makanan akan selalu mendapat tempat di hati konsumen. Inilah salah satu peluang usaha baru - Bisnis Fish Burger. Burger yang biasanya berisi daging sapi akan diganti dengan alternatif lai, yaitu dari daging ikan yang telah diolah terlebih dahulu. Rasanya tetap enak dan bahan baku menjadi lebih murah di banding burger daging sapi. Tertarik untuk mengetahui Peluang usaha baru - Bisnis Fish burger? silahkan baca ulasan berikut.

Apa sih yang sobat bayangkan ketika mendengar kata burger? Biasanya pikiran akan langsung tertuju ke Burger daging sapi bakar yang banyak tersedia di restoran-restoran cepat saji. Nah, pernahkan anda mendengar Fish burger atau kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi Burger Ikan? Disini kita akan coba sedikit mencari tahu cara pembuatan Fish Burger dan siapa tahu bisa jadi ladang bisnis anda selanjutnya.

Fish Burger dibuat dari olahan berbagai daging ikan yang telah dilumatkan dengan ditambah sedikit tepung tapioka dan bumbu-bumbu sebagai pelengkap. Jadi jangan bayangkan roti yang diisi ikan seperti yang sering anda lihat di film-film kartun.

Bahan Baku dan Bumbu Fish Burger
Bahan baku yang digunakan untuk membuat fish burger adalah jenis-jenis ikan yang mempunyai daging tebal berwarna putih dan mempunyai tekstur lembut (mudah dilumatkan). Anda bisa menggunakan ikan tenggiri, kakap, remang/larak, talang-talang atau bisa juga memakai cumi-cumi.

Bumbu-bumbu Fish Burger:
·         garam
·         merica / lada
·         jahe
·         bawang merah
·         bawang putih
·         gula pasir
·         mentega dan
·         bumbu penyedap (jika mau)

Bahan penyerta :
·         tepung tapioca
·         tepung roti / tepung panir
·         telur
·         wortel dan
·         daun Kucai / daun bawang

Membuat Pasta Ikan
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat pasta ikan yang akan digunakan sebagai isi fish burger. Caranya cukup sederhana dan kami yakin anda mampu membuatnya.

Pembuatan pasta dari bahan baku ikan segar:
1.       Pertama, Ikan segar dicuci kemudian dibuat fillet dengan cara menyayat daging ikan mulai dari pangkal ekor sepanjang tulang belakang sampai batas kepala dan badan
2.       Kemudian Fillet dibersihkan dari duri dan sisa-sisa kotoran, kemudian dicuci hingga bersih .
3.       Terakhir daging ikan dikerok dengan menggunakan sendok, kemudian digiling hingga lumat / halus.

Bagaimana jika bahan bakunya cumi-cumi?
Sebenarnya prinsipnya sama saja. Daging cumi-cumi dipisahkan dahulu dari kepala dan isi perut, kemudian kupas kulit air berwarna merah / ungu dan cuci hingga bersih, lalu dipotong-potong, kemudian digiling hingga lumat /halus.

Cara Membuat Fish Burger
Pasta sudah siap, sekarang kita akan coba membuat bumbunya dan bahan-bahan penyertanya.
·         Haluskan Bawang merah, bawang putih dan jenis jahe dengan perbandingan = 15 : 3 : 1 bagian dihaluskan. Campuran yang sudah halus ini disebut condiment
·         Wortel dikupas, dicuci kemudian dipotong halus bentuk dadu. Daun kucai dicuci bersih dan diris halus

Bumbu-bumbu Fish Burger yang diperlukan
·         Garam 2,5 – 3 %
·         Merica / lada 0,25 %
·         Gula pasir 1 %
·         Mentega 2 %
·         Condiment 2 %
·         Bumbu penyedap secukupnya

Bahan penyerta
·         Tepung tapioca : 8 – 10 %
·         Telur : 1 butir untuk 1 kg adonan
·         Wortel : 100 gr untuk 1 kg adonan
·         Daun kucai : secukup secara ( 100 gr untuk 1 kg adonan )
·         Tepung panir / tepung roti : 0,5 kg untuk 1 kg adonan

Membuat Adonan Fish Burger
Untuk membuat fish burger diperlukan campuran daging ikan dan cumi-cumi dengan perbandingan 5 : 1, jika digunakan 1 kg daging ikan, diperlukan 200 gram daging cumi-cumi. Campuran daging ikan dan cumi-cumi yang telah dilumatkan diaduk hingga tercampur rata.

Untuk mendapatkan adonan fish burger yang baik, pada penambahan bumbu-bumbu perlu memperhatikan urutan / tahapan sebagai berikut :
·         Tambahkan garam ke dalam campuran adonan daging,aduk hingga rata
·         Tambahkan mentega dan aduk hingga rata
·         Tambahkan telur sambil terus diaduk hingga rata, dan
·         Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sampai benar-benar tercampur rata
·         Selanjutnya berturut-turut tambahkan gula pasir, “ condiment”, merica halus, bumbu penyedap, wortel dan daun kucai yang telah diiris halus, aduk hingga rata

Isi burger telah siap, sekarang variasinya tergantung kreatifitas anda. Bisa diberi selada, tomat, saus atau yang lainnya. Semakin unik variasi yang anda berikan, maka semakin besar kesempatan anda mendapatkan konsumen fanatik.

Begitulah sedikit sharing dari admin bagi sobat pembaca dimanapun kalian berada, semoga artikel ini bisa member manfaat bagi yang memerlukannya dan menjadi inspirasi bagi bisnis anda. 
Oke, selamat berjuang dan salam sukses bagi anda .. :)



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Peluang Usaha Baru - Bisnis Fish Burger