INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Mengetahui Strategi Pemasaran Dalam Bisnis Franchise

Bagi anda yang telah memiliki usaha yang telah stabil dan menguntungkan mungkin bisa mengembangkan usaha anda dengan sistem franchise. Sobat bisa mendapatkan keuntungan dan kemudahan pengembangan usaha bila dikembangkan dengan cara waralaba ini. Sebelumnya sobat harus mengetahui strategi pemasaran dalam bisnis franchise. Pahami dulu dan pelajari dengan seksama. Semoga bermanfaat.

Perkembangan bisnis franchise yang melaju pesat membuat persaingan bisnis franchise semakin ketat. Setiap harinya muncul para franchiser baru yang secara tidak langsung meningkatkan jumlah franchisee di pasaran, sehingga persaingan antar pelaku usaha saat ini kian tinggi. Tanpa adanya strategi pemasaran yang jitu, sebuah brand franchise pun bisa mati di tengah maraknya persaingan merek baru yang kini mulai bermunculan.

Meskipun saat ini banyak franchiser yang menawarkan investasi kemitraan dengan dukungan beberapa alat pemasaran, seperti X-banner, both menarik, kemasan produk menarik, brosur, dll, namun pada kenyataannya para mitra masih banyak yang kesulitan menghadapi ketatnya persaingan pasar ditingkat lokal yang cukup padat. Karena itu, untuk membantu para franchisee yang bergabung dengan kemitraan tertentu, berikut kami informasikan beberapa strategi pemasaran yang bisa dilakukan untuk mendukung perkembangan produk franchise yang Anda  pasarkan.

1. Kenali perilaku konsumen dan pasar potensial Anda.
Salah satu kunci kesuksesan dalam pemasaran produk yaitu mengenali perilaku setiap konsumen dan pasar potensial yang bisa Anda manfaatkan. Dengan begitu Anda dapat menentukan bagaimana strategi promosi yang paling tepat untuk memasarkan produk franchise yang Anda ikuti.

2. Brand dan tampilan unik dari bisnis Anda menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap konsumen.
Nilai lebih yang dimiliki bisnis franchise dibandingkan peluang bisnis non franchise hanya terletak pada kekuatan brand dan penampilan both (tempat usaha) yang menarik. Jadi usahakan untuk menjaga penampilan produk serta menawarkan brand yang benar-benar unik dan menarik, sehingga konsumen tidak ragu untuk mampir di outlet Anda.

3. Gunakan alat promosi seperti media massa yang ada di sekitar Anda.
Sebut saja iklan di radio, televisi, majalah bisnis, tabloid, surat kabar, serta masih banyak lagi media elektronik maupun media cetak lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis franchise yang dijalankan.

4. Posisikan diri Anda sebagai solusi bagi permasalah konsumen Anda.
Dengan menjadi orang yang ahli dan menawarkan produk maupun jasa yang dibutuhkan para konsumen, maka peluang Anda untuk mengambil hati konsumen semakin terbuka lebar. Sehingga loyalitas konsumen akan terbangun untuk menguatkan brand yang ditawarkan.

5. Pertahankan loyalitas konsumen yang sudah ada.
Pelanggan lama Anda menjadi salah satu aset yang perlu dijaga dengan baik. Karena itu usahakan untuk mengadakan kegiatan promosi secara rutin, agar loyalitas konsumen yang sudah ada semakin meningkat.

6. Manfaatkan media online untuk memperluas jaringan pemasaran franchise.
Sampai hari ini belum banyak pelaku bisnis franchise yang menyadari pentingnya pemasaran online, padahal setiap harinya jumlah pengguna internet mengalami peningkatan yang cukup tajam. Tentu ini dapat Anda manfaatkan sebagai peluang pasar yang cukup potensial. Contohnya saja dengan membuat website atau bergabung dengan forum bisnis yang ada di internet.

7. Melakukan pendekatan langsung untuk menginformasikan perusahaan Anda kepada konsumen.
Strategi ini dapat Anda lakukan dengan berinteraksi langsung kepada konsumen, dan meminta konsumen untuk menuliskan testimoni (komentar atau saran & kritik) setelah mereka menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan franchise Anda. Karena testimoni dari konsumen menjadi bagian dari alat promosi yang dapat mendukung pemasaran word of mouth (dari mulut ke mulut).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengetahui Strategi Pemasaran Dalam Bisnis Franchise