INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Pahami 5 Modal Dasar Pemasaran Bisnis

Memulai bisnis ataupun usaha selalu membingungkan bukan? Mulailah dari strategi pemasaran. Persaingan yang ketat dalam bisnis mendorong para pelaku usaha untuk menciptakan strategi baru yang tentunya efektif untuk mengatasi persaingan yang ada. Bagi anda yang sedang merintis usaha, coba Pahami 5 Modal Dasar Pemasaran Bisnis.  Jika selama ini para pelaku usaha mengandalkan marketing mix yang terdiri dari 4P (product, price, place, dan promotion) untuk menjaring para konsumen, saat ini ada strategi jitu yang bisa Anda jadikan sebagai pondasi utama dalam menjalankan kegiatan pemasaran. Apa saja pondasi dasar tersebut?

Berikut ini kami informasikan 5 modal dasar dalam pemasaran yang perlu diperhatikan para pelaku usaha guna memenangkan persaingan pasar.

1. Ciptakan total strategi
Setiap produk tentunya membutuhkan cara dan strategi tersendiri untuk bisa berhasil menarik perhatian pasar. Hal ini perlu Anda perhatikan dan rencanakan dengan matang, agar strategi yang Anda ciptakan bisa sesuai dengan minat dan kebutuhan target pasar yang telah Anda bidik. Apabila pasar berhasil terbentuk, maka selanjutnya giliran Anda merencanakan strategi baru untuk mengelola loyalitas pelanggan dan mempertahankan eksistensi bisnis Anda di tengah persaingan pasar yang semakin padat.

2. Perhatikan teknik pemasaran dan proses yang Anda jalankan
Teknik serta proses pemasaran yang akan Anda jalankan ke depannya menjadi salah satu poin penting yang perlu dipersiapkan secara tepat. Mulai dari perencanaan program yang akan dijalankan, perencanaan anggaran biaya yang dibutuhkan, cara membangun komunikasi yang optimal antara pelaku usaha dan konsumen, sampai cara mengevaluasi berhasil tidaknya strategi pemasaran yang dijalankan.

3. Lakukan survey pasar untuk mengetahui trend yang sedang berkembang
Dengan survey langsung ke lapangan, Anda bisa mengetahui trend atau strategi pemasaran seperti apa yang saat ini sedang diminati para konsumen. Dari hasil survey tersebut, selanjutnya Anda bisa menentukan langkah-langkah yang paling efektif untuk mendukung aktivitas pemasaran bisnis Anda. Jadi, Anda tidak salah menentukan strategi pemasaran dan berhasil memenuhi permintaan para konsumen.

4. Manfaatkan teknologi untuk memperluas jangkauan pasar
Pemanfaatan teknologi merupakan strategi yang cukup penting di tengah perkembangan era digital seperti sekarang ini. Dukungan teknologi yang serba canggih dan media informasi yang semakin luas jangkauannya menjadi peluang bagi Anda untuk bisa menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Beberapa strategi yang bisa Anda jalankan dengan bantuan teknologi antara lain membuat website untuk memasarkan produk atau jasa Anda, membuat forum online untuk memperluas jaringan bisnis, membuat database hasil riset pasar, dan lain sebagainya.

5. Skill SDM di bidang pemasaran
Tak bisa kita pungkiri bahwa sejitu apapun strategi pemasaran yang diciptakan, tentunya tidak akan pernah berhasil tanpa adanya dukungan SDM yang benar-benar handal. Karena itu, modali SDM yang Anda miliki dengan pengetahuan dan skill khusus di bidang pemasaran, sebelum akhirnya mereka terjun langsung ke pasaran. Poin ini penting, karena strategi pemasaran tak akan berjalan optimal tanpa dukungan pelaku pasar dengan kemampuan yang kompeten.

Dengan modal pondasi dasar yang kuat, maka strategi pemasaran yang Anda jalankan juga akan berjalan lancar dan menghasilkan keuntungan yang maksimal. Jangan takut untuk mencoba strategi baru, dan temukan cara yang paling efektif bagi pemasaran bisnis Anda. Salam sukses.
sumber: bisnisukm



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pahami 5 Modal Dasar Pemasaran Bisnis