INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Bisnis Usaha Jasa Angkutan Barang

Apakah setiap orang memiliki mobil? tentu tidak bukan. Bila anda ingin pindah rumah ataupun mengirimkan barang, membeli barang yang cukup besar dari tempat lain, umumnya kita cenderung memilih cara yang praktis dan tidak mau direpotkan dengan masalah yang ada. Disinilah Bisnis Usaha Jasa angkutan barang berpeluang besar. Tidak setiap saudara atau rekan memiliki mobil pick up bukan? Berdasarkana alasan itulah usaha jasa angkutan barang sangat diperlukan oleh masyarakat. Berkat adanya jasa angkut barang, anda atau orang lain yang sedang kerepotan tentu sangat terbantu.

Konsumen
Selalu adanya kebutuhan konsumen akan jasa angkut mampu menarik para pencari usaha untuk menjadikan usaha jasa angkutan barang sebagai peluang usaha baru. Adapun konsumen yang membutuhkan jasa ini antara lain saat seseorang melakukan pindah rumah, sebuah instansi yang melakukan pindah kantor/ gedung, renovasi rumah, ataupun saat terjadi pembelian suatu barang dalam jumlah yang besar.

Info bisnis
Bisnis ini umumnya bisa dijalankan oleh masyarakat yang memiliki mobil terbuka atau biasa disebut dengan mobil pick up. Selain bisnis ini bisa dikerjakan sebagai sampingan, omset bisnis ini juga cukup besar.
Untuk memulai bisnis ini, tidak memerlukan lokasi usaha seperti menyewa tempat atau membangun sebuah kios usaha. Karena bisnis ini dapat dilakukan dari rumah saja. Anda cukup menyediakan mobil dengan tipe terbuka, dan memasang papan nama “ Jasa angkutan barang “ di mobil tersebut. Selain bisa melakukannya di rumah, Anda juga bisa menjalankan bisnis ini di pinggir jalan. Dengan memarkir mobil Anda yang sudah bertuliskan jasa angkut di pinggir jalan, para konsumen sudah mengetahui tentang keberadaan bisnis Anda.

Untuk tarif jasa angkut, biasanya Rp 50.000 untuk jarak dekat dalam kota dan Rp 100.000 untuk jarak jauh dalam kota sekali antar, dalam satu kota atau satu daerah. Sedangkan untuk luar kota, harga yang dipatok lebih mahal berkisar Rp 150.000 - Rp 250.000, bahkan bisa lebih dari itu tergantung jarak tempuh kota tersebut.

Kelebihan bisnis
Selain memiliki pasar yang cukup tinggi, usaha jasa angkut barang juga termasuk usaha yang mudah dijalankan. Hanya bermodalkan kendaraan jenis colt pick up sebagai alat operasional utama, untuk selebihnya Anda dapat mempekerjakan sopir ataupun kernet angkut dengan biaya yang cukup.
Kekurangan bisnis.

Karena pelaku bisnis di bidang tersebut telah cukup banyak, maka Anda harus mempunyai strategi khusus agar usaha Anda dapat terus berkembang dan memenangkan persaingan pasar. Selain itu Anda juga harus menjaga keadaan barang – barang yang Anda angkut. Jangan sampai barang konsumen Anda, mengalami kerusakan saat proses pengangkutan. Karena kerusakan bisa menimbulkan citra buruk bagi para konsumen.

Pemasaran
Strategi pemasaran yang dapat Anda jalankan adalah dengan memasang papan nama yang bertuliskan jasa angkut, di mobil yang Anda gunakan untuk bisnis ini. Sehingga orang yang tidak sengaja melewatinya, mengetahui bahwa ada jasa angkut di daerah tersebut. Disamping itu untuk memperluas pasar, pasanglah iklan jasa angkut melalui media cetak maupun media elektronik, cantumkan pula alamat lengkap dan no telepon yang dapat dihubungi . Sehingga orang yang membutuhkan jasa angkut dapat langsung menghubungi Anda.

Kunci sukses
Untuk itu Anda harus selalu memberikan pelayanan prima kepada setiap pelanggan. Misalnya saja dengan memastikan kendaraan Anda selalu dalam keadaan baik, mengusahakan untuk selalu tepat waktu dalam memberikan pelayanan, serta memberikan harga yang berani bersaing. Dengan memberikan pelayanan prima, secara tidak langsung Anda juga sudah mempromosikan usaha Anda.
Peluang bisnis jasa merupakan salah satu bisnis yang dapat dijalankan sepanjang masa. Bagi Anda yang ingin mencoba mudahnya usaha jasa angkut barang, berikut kami berikan analisa ekonomi yang dibutuhkan pada usaha ini.

Analisis Usaha Jasa Angkutan
Modal awal
Mobil pick up                                    Rp 30.000.000,00
Biaya operasional
BBM                                              Rp 3.000.000,00
Iklan dan telpon                                 Rp   200.000.00
Perawatan mobil                                  Rp   200.000,00+
Jumlah                                           Rp 3.400.000,00

Omzet per hari (asumsi rata-rata)
@ Rp 100.000,00 x 2 order                        Rp 200.000,00
Omzet per bulan
Rp 200.000,00 x 30 hari                          Rp 6.000.000,00
Laba bersih per bulan
( Rp 6.000.000,00 – Rp 3.400.000,00 )            Rp 2.600.000,00
ROI (Return of Investment)
( modal awal : laba bersih per bulan )         = +/- 1 tahun

Bagi sahabat yang tertarik untuk mengikuti artikel berikutnya silahkan daftar pada kolom Follow By Email di sidebar kiri. Semoga bermanfaat kawan, selamat berjuang.. :)



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bisnis Usaha Jasa Angkutan Barang