INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Prospek Bisnis Cuci Motor Rumahan Bisnis Jasa Yang Menjanjikan Keuntungan

Masih bingung mencari Bisnis Rumahan? Bila anda memiliki halaman rumah yang cukup luas kenapa tidak mencoba peluang usaha yang satu ini. Prospek Bisnis Cuci Motor Rumahan bisnis jasa yang menjanjikan keuntungan merupakan peluang usaha yang patut dipertimbangkan. Kenapa demikian? Karena bisnis jasa merupakan peluang usaha yang bisa dikatakan relatif minim modal. Sangat berbeda dengan bisnis produksi yang membutuhkan modal relatif lebih besar. Bisnis jasa merupakan bisnis yang menjual keahlian si pelaku bisnis tersebut. Manfaatkan asset yang anda miliki semaksimal mungkin. Halaman luas, rumah berada di jalur jalan yang hidup lalu lintasnya itulah asset awal yang menjanjikan. Ingin punya karywan? Carilah karyawan yang jujur dan teliti dalam bekerja.

Prospek Bisnis Cuci Motor Rumahan Bisnis Jasa Yang Menjanjikan Keuntungan

Sepeda motor dewasa ini merupakan alat transportasi no.1 dibanding angkutan umum dan mobil pribadi maka bisa dipastikan persentase pengguna sepeda motor sangatlah besar jumlahnya. Pangsa pasar ini merupakan potensi penghasilan bagi Bisnis Cuci Motor Rumahan. Sebelumnya mungkin anda berpikir kenapa mesti bisnis rumahan? Ada beberapa alasan dan keuntungan bila anda memilih jenis bisnis rumahan, untukjelasnya silahkan baca 5 Alasan Membuka Bisnis Rumahan. Ada beberpa hal yang logis yang bisa anda pertimbangkan.

Tingkat kemacetan mendorong banyak orang beralih ke motor untuk transportasi sehari-hari. Pemakai Sepeda motor sekarang ini merata mulai dari pelajar, pekerja dan bahkan kalangan mapan yang ingin menghindari kemacetan lalu lintas. Mari kita kaji satu persatu aspek dari Prospek Bisnis Cuci Motor Rumahan ini.

Konsumen

Target awal konsumen dalam bisnis cuci motor rumahan ini adalah pemilik sepeda motor disekitar rumah anda, Target selanjutnya adalah pemakai jalan depan rumah anda. Pakailah Papan Nama yang mudah terlihat.

Info Bisnis

Bisnis cuci motor skala rumahan ini membutuhkan tempat yang kira-kira cukup untuk beberapa sepeda motor (idealnya 4 - 6 motor). Manfaatkan garasi anda atau halaman samping rumah anda semaksimal mungkin dengan memasang atap Canopy atau asbes. Selain itu Anda juga harus mempersiapkan peralatan pendukung seperti kompresor, kain lap, pengkilat, dll.

Prospek Bisnis Cuci Motor Rumahan Bisnis Jasa Yang Menjanjikan Keuntungan
pekerja handal bisnis lancar.. :)

Persiapkan Tempat usaha anda dengan luas minimal 12 meter persegi, untuk 2 sampai 3 motor. Pastikan lokasi bisnis rumahan Anda ini banyak kendaraan bermotor. Pertimbangkan persaingan dan lingkungan yang banyak penduduk. Cari dan latihlah tenaga kerja Anda, tentang cara standar dalam mencuci sepeda motor sampai menyemir ban. Pilihlah pekerja yang siap bekerja keras dan tidak malas. Disarankan Gaji mereka berdasarkan jumlah motor yang di cuci. Karena hal ini dapat merangsang mereka untuk giat bekerja dan mengurangi resiko jika jumlah konsumen sedikit. Latih juga tenaga kerja Anda dalam melayani konsumen dengan baik dan memuaskan.

Kunci Sukses

Ada beberapa konsumen yang sengaja jauh-jauh hanya untuk mencuci motornya hanya karena pelayanannya yang sangat baik. Ketelitian dan Kualitas cucian motor Anda akan menjadi penilaian tersendiri bagi para konsumen. Jika kualitas dinilai kurang memuaskan mereka bisa mencari tempat lain. Namun apabila Anda dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan, mereka akan terus menggunakan jasa Anda, bahkan mempromosikannya ke teman-temannya yang lain. Perlakukan motor dengan baik karena pelanggan melihat langsung bagaimana motor mereka diperlakukan.

Bonus : Untuk lebih menarik konsumen, jangan segan memberikan bonus dengan tawaran lima kali cuci akan mendapatkan satu kali gratis cuci. Dengan cara memberikan semacam kupon khusus sebagai bukti telah menggunakan jasa Anda.

Analisa Usaha
Modal Awal
Kompresor                                  Rp 5.000.000,.
Alat semprot, selang                       Rp   150.000,.
Lap,ember                                  Rp    50.000,.
Jumlah                                     Rp 5.200.000,.
Penyusutan peralatan setelah pemakaian 3 tahun ( 36 bulan )
= 1/36 x Rp 5.200.000,. =                  Rp   144.444,. bulan
Laba/ (rugi) per bulan
Pendapatan
20 motor x Rp 10000,.x 30 hari             Rp 6.000.000,.
Biaya - biaya
Sabun cuci, pengkilat                      Rp   300.000,.
Pegawai 2 orang                            Rp 1.500.000,.
Listrik                                    Rp   200.000,.
Jumlah                                     Rp 2.000.000,.
Laba/(rugi) bersih
Pendapatan – Biaya-biaya
= Rp 6.000.000 – Rp 2.000.000,.            Rp 4.000.000,.

Bisnis Tambahan: Setelah bisnis ini berkembang pesat maka anda bisa berpeluang mendapat penghasilan tambahan, misalnya saja menjual minuman segar, cemilan ringan dan bahkan bisa merupakan bisnis yang masih berkaitan dengan motor yaitu menjual peralatan mencuci motor, ganti oli, tambal ban dan perawatan mesin motor lainnya. Jika dirasa keuntungan diatas kurang cukup anda bisa mengembangkan model bisnis ini dengan menyewa lahan di tempat lain, misalnya di sebuah komplek yang ramai dan padat penduduknya sehingga anda bisa memiliki 2 cabang usaha cuci motor.

Butuh inspirsasi lain jika anda memilih bisnis rumahan? Banyak sekali contoh bisnis rumahan yang sebenarnya bisa anda pilih sesuai minat dan kemampuan anda. Misalnya saja pada artikel sebelumnya seperti di bawah ini.
Baca Juga : Contoh Bisnis Rumahan Paling Minim Modal
Bagaimana tertarik akan Peluang usaha dan Prospek bisnis cuci motor rumahan ini? silahkan anda perhitungkan estimasi biaya sesuai kondisi keuangan dan luas tempat usaha yang tersedia. Semoga informasi bisnis rumahan ini bisa memberi inspirasi dan manfaat bagi yang membutuhkannya. Bila sukses jangan lupa menyisihkan sedikit untuk bersedekah maupun berderma. 
Salam sukses bagi anda.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Prospek Bisnis Cuci Motor Rumahan Bisnis Jasa Yang Menjanjikan Keuntungan