INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

Kongres PSSI gagal gara-gara Kelompok 78

Kabar terakhir dari Kongres PSSI adalah mantan anggota Komite Normalisasi, FX Hadi Rudyatmo menuding Kelompok 78 sebagai biang keladi kegagalan Kongres PSSI, Jumat, 20 Mei 2011. Oleh karena itu, pendukung George Toisutta dan Arifin Panigoro itu harus bertanggung jawab bila FIFA menjatuhkan sanksi kepada Indonesia. Bisa dikatakan Kongres PSSI gagal gara-gara Kelompok 78. Kongres yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat lalu berakhir deadlock. Tak ada Kongres lanjutan yang digelar hingga batas waktu yang diberikan FIFA, yakni Sabtu 21 Mei terlewati. Kini, Indonesia tinggal menunggu vonis dari FIFA.

Rudyatmo mengatakan, kelompok 78 seharusnya menyadari hal ini. Sebab menurutnya, ancaman FIFA dalam menjatuhkan sanksi tidak main-main.
"Jangan mengada-ada bahwa FIFA itu hanya menakut-nakuti saja. Kalau nanti terjadi betul FIFA memberikan sanksi, siapa yang bertanggung jawab?. Kelompok 78 yang harus bertanggung jawab,” kata Rudyatmo, Sabtu, 21 Mei 2011.

Rudyatmo menjelaskan, kisruh yang terjadi pada Kongres PSSI Jumat lalu, bukan karena kepemimpinan Agum Gumelar. Sebalinya, situasi kisruh menurut wakil walikota Solo itu disebabkan oleh sikap ngotot Kelompok 78.

Menurut Rudy, kelompok 78 ingin memaksakan voting terhadap persoalan banding yang tidak ada dalam kongres. "Yang menyebabkan kekisruhan bukan Pak Agum Gumelar, tapi Kelompok 78. Voting terhadap persoalan banding kan tidak ada dalam Kongres," kata Rudyatmo kesal.

"Yang membuat saya marah betul, kecewa, dan sakit hati adalah ketika Pak Agum Gumelar diperlakukan seperti itu. Rakyat juga marah dengan sikap kelompok itu. Kelompok 78 harus bertanggung jawab kepada rakyat."

Rudiyatmo sendiri memilih mundur dari keanggotaan Komite Normalisasi sesaat sebelum Kongres dihentikan oleh Agum. Kepada wartawan, Rudyatmo mengaku keputusan itu diambil karena menilai Kongres sudah berjalan tidak sehat.
sumber: vivanews

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kongres PSSI gagal gara-gara Kelompok 78