INFO BISNIS | WISATA | MOTIVASI | KREATIFITAS

BUSINESS PLAN - RENCANAKAN BISNIS ANDA LEBIH TELITI DI AWAL

BUSINESS PLAN - RENCANAKAN BISNIS ANDA LEBIH TELITI DI AWAL
Bagaimana ide bisnis anda? apakah anda telah memulai atau mungkin mentok di tengah jalan? Sebelumnya apakah anda telah membuat bussines plan sebelumnya. Dalam memulai usaha baru baik itu bisnis online maupun usaha konvensional mutlak membutuhkan perencaraan (planning) karena tanpa perencanaan sebenarnya kita merencanakan kegagalan, Selain itu siapkan Business plan - rencanakan bisnis anda lebih teliti dari awal. Hati-hati jangan sampai anda salah berinvestasi dari awal. Misalnya saja memilih jenis bisnis apa yang anda minati, memilih mentor yang benar-benar bisa mengarahkan anda, memiliki komunitas bisnis yang bisa saling berbagi ilmu secara terbuka. Ingat jangan sampai minat anda untuk berbisnis itu dimanfaatkan orang lain untuk sekedar menacari keuntungan bagi mereka. Banyak sekali orang berbisnis dengan menjual program bisnis dan itu belum tentu  berhasil. Bila gagal tetap anda sendiri yang disalahkan. 

Jenis usaha yang akan di bisniskan

Jadi yang pertama anda harus menentukan akan memulai usaha jenis apa mungkin membuka toko, jadi distributor,  pelayanan jasa, reseller, sedangkan dalam bisnis internet saya beri contoh bisnis affiliate program afiliasi artinya kita mempromosikan produk perusahaan atau pribadi tanpa harus memikirkan produksi produk, gaji karyawan, pengiriman barang dan jika terjadi transaksi  atas rujukan kita maka kita akan diberi komisi antara 10%-50% / transaksi. trus yang harus diperhatikan adalah :
  • Permintaan pasar terhadap barang atau jasa
  • Bakat atau minat/hobby anda terhadap komoditi tersebut
  • menilai tingkat persaingan.
Konsumen yang ditarget
 
Konsumen yang ditarget berdasarkan bentuk usaha atau jenis usahanya, jadi jika anda berencana membuka pertokoan maka targetnya adalah konsumen dari lingkungan toko tersebut, jika usahanya berbentuk industri tentu jangkauan konsumen yang ditarget lebih jauh dan lebih luas. Sedangkan dalam Bisnis online konsumennya bisa dicapai hampir seluruh dunia tapi biasanya di batasi untuk konsumen Indonesia atau luar negeri (misalnya USA).

Partner dalam kerjasama bisnis

partner disini tujuannya untuk memudahkan anda dalam memulai usaha bisnis dan bisa berupa perusahaan Franchise (Waralaba), teman yang diajak join modal dan termasuk karyawan ayng akan direkrut. dan yang perlu anda putuskan adalah :
  • Jumlah modal yang disiapkan bersama (join partner)
  • Memilih Franchise atau memulai usaha baru
  • Rekrut Karyawan ; Kemampuan, Kerjasama, Karakter
  • Gaji (honor)
  • hal lain yang disepakati bersama
Sedangkan program afiliasi dalam bisnis Internet memudahkan anda untuk memulai bisnis online, setelah bekerjasama dengan program afiliasi anda tidak akan dipusingkan hal-hal seperti  modal besar, gaji karyawan, produksi produk, pengiriman barang, sewa ruko yang mahal. tugas anda hanya mengajak calon konsumen untuk berkunjung ke website penjual produk, jasa, atau hosting untuk berbelanja jika terjadi penjualan maka anda mendapat bonus atas transaksi tersebut dan ini dilakukan secara terus menerus sehingga komisi anda bertambah tiap bulannya bahkan setiap hari.
referensi : idebisnis.org

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : BUSINESS PLAN - RENCANAKAN BISNIS ANDA LEBIH TELITI DI AWAL